Harga Tiket MRT Jakarta Diusulkan Rp 10 Ribu, Gimana dengan Negara-Negara Ini?

3 menit
Harga tiket MRT Jakarta (Instagram/@mrtjkt)
Harga tiket MRT Jakarta (Instagram/@mrtjkt)

MRT atau Mass Rapid Transit mulai diuji coba di Jakarta sejak 12 Maret 2019 hingga 24 Maret 2019. Kabarnya, harga tiket MRT dipatok sebesar Rp 10 ribu. Besaran harga tiket tersebut diusulkan Pemerintah Provinsi atau Pemprov DKI Jakarta.

Sekadar diketahui, harga tiket MRT yang diusulkan Pemprov DKI Jakarta adalah harga subsisi. Bisa dibilang Pemprov DKI memberi subsidi agar harga tiket bisa dijangkau masyarakat DKI Jakarta.

Besaran subsidi yang ditanggung Pemprov DKI Jakarta seperti yang diberitakan Detik, yaitu Rp 21.659 untuk MRT dan Rp 35.655 untuk LRT. Pertanyaannya adalah apakah harga tiket yang diusulkan sekitar Rp 10 ribu udah benar-benar terjangkau?

Menjawab pertanyaan apakah harga tiket MRT itu murah atau mahal, kita bandingkan aja yuk dengan harga-harga tiket MRT di negara-negara Asia Tenggara. Informasinya bisa kamu dapatkan dalam ulasan berikut ini:

1. Harga tiket MRT di Singapura mulai Rp 11 ribuan

Harga tiket MRT Jakarta (Instagram/@mrtjkt)
Harga tiket MRT Jakarta (Instagram/@mrtjkt)

Dinobatkan sebagai salah satu negara maju dan kaya, wajar aja kalau Singapura memiliki fasilitas transportasi semisal MRT. Beroperasinya MRT di Singapura dimulai sejak 1987. Itu berarti MRT di sana udah beroperasi selama 32 tahun lho.

Ide buat mengadakan fasilitas transportasi massal dalam wujud MRT telah dicetuskan sejak 1967. Saat itu ada proyeksi yang menyatakan Singapura pada 1992 memerlukan fasilitas transportasi MRT.

Pengadaan MRT kemudian direalisasikan Perdana Menteri Singapura saat itu, yaitu Lee Kuan Yew. Dengan modal 5 miliar dolar Singapura atau sekitar Rp 71 triliun, jaringan MRT mulai dibangun yang kemudian selesai dan beroperasi pada 1987.

Diketahui saat ini ada lima jalur MRT yang terdapat di Singapura, yaitu North-South, East-West, North-East, Circle, dan Downtown. Harga tiket MRT yang dijual di Singapura mulai dari US$ 0,81 – US$ 2,06 atau sekitar Rp 11 ribuan – Rp 29 ribuan.

Baca juga: Naik MRT Jakarta Bisa Gratis Lho! Gini Cara Mudah Dapatin Tiketnya

2. Malaysia memiliki MRT, berapa harga tiketnya?

Harga tiket MRT Jakarta (Instagram/@mrtjkt)
Harga tiket MRT Jakarta (Instagram/@mrtjkt)

Fasilitas MRT di Malaysia udah beroperasi sejak 2016. Pembangunannya sendiri dilakukan di Kuala Lumpur dengan mengambil lokasi di Klang Valley.

Ide pembangunan MRT di Malaysia sendiri diusulkan dan dikerjakan pada 2010. Bisa dibilang pengerjaannya bersamaan dengan pengerjaan MRT di Jakarta.

Walaupun berbarengan, MRT di Malaysia lebih dulu beroperasi. Sejauh ini baru satu jalur yang beroperasi. Rencananya Malaysia bakal menambah dua jalur lagi buat beroperasinya MRT.

Lalu, berapa harga tiket MRT di Malaysia? Harga yang dikenakan buat perjalanan dari Sungai Buloh ke Kajang sebesar 6,40 ringgit Malaysia buat cash atau sekitar Rp 22 ribuan. Sementara harga cashless sebesar 5,50 ringgit Malaysia atau sekitar Rp 19 ribuan.

Baca juga: Tembus Pasar Dunia, INKA Kirim 250 Gerbong Kereta ke Bangladesh

3. Thailand juga memiliki MRT lho

Harga tiket MRT Jakarta (Instagram/@mrtjkt)
Harga tiket MRT Jakarta (Instagram/@mrtjkt)

Thailand udah lebih dulu mengoperasikan MRT dibandingkan Malaysia dan Indonesia. Pengoperasian yang berlokasi di Kota Bangkok dimulai sejak 2004.

Sejauh ini ada dua jalur pengoperasian MRT di Bangkok, Thailand. Pertama, jalur Blue Line yang menjadi jalur pertama yang beroperasi. Kedua, jalur Purple Line yang menjadi jalur kedua yang mulai beroperasi tahun 2016.

Harga tiket MRT di Thailand mulai dari 8 baht atau Rp 3.606 buat anak-anak dan lansia. Sementara buat orang dewasa, harganya mulai dari 15 baht atau Rp 6.762. Namun, harganya bisa meningkat hingga 40 baht buat dewasa dan 20 baht buat anak-anak dan lansia.

4. Kalau harga tiket MRT di Filipina, berapa ya?

Harga tiket MRT Jakarta (Instagram/@mrtjkt)
Harga tiket MRT Jakarta (Instagram/@mrtjkt)

Kalau di Filipina, MRT dioperasikan di Ibu Kota Manila sejak 1999. Pembangunan MRT di Filipina mulai dilakukan tahun 1995.

Sejauh ini MRT yang beroperasi di Filipina baru satu jalur. Rencananya nih Filipina bakal menambah tiga jalur MRT, yaitu pada 2020, 2022, dan 2025.

Filipina mematok harga tiket MRT sebesar 13 peso Filipina atau sekitar Rp 3.509 buat jarak terdekat. Sementara buat jarak terjauh, harga tiketnya sebesar 28 peso Filipina atau sekitar Rp 7.559. Lebih murah ya harga tiketnya?

Itulah profil MRT di beberapa negara Asia Tenggara dan harga tiket MRT di negara-negara tersebut. Gimana menurutmu, apakah harga tiket MRT di Jakarta udah terjangkau? (Editor: Chaerunnisa)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan