Harga Tiket Pesawat Meroket Bikin Hunian Hotel Jadi Sepi

2 menit
Harga Tiket Pesawat Mahal (Shutterstock)
Harga Tiket Pesawat Mahal (Shutterstock)

Kenaikan harga tiket pesawat terbang memberikan dampak negatif bagi kelangsungan bisnis properti terutama tingkat hunian kamar hotel yang menurun. Penurunan itu terjadi diakibatkan oleh menurunnya kunjungan wisatawan domestik.

Senior Associate Director Colliers International Ferry Salanto memaparkan, berdasarkan data dari STR Global perusahaan yang bergerak dalam bidang riset perhotelan, tingkat okupansi di Jakarta pada Februari 2019 hanya sebesar 57,8 persen.

Angka tersebut turun jika dibandingkan pada Februari 2018 yang lalu mencapai 59,2 persen.

Gak hanya di Jakarta, penurunan tingkat hunian kamar hotel juga terjadi di Bali, sepanjang Februari 2019 tingkat okupansi hotel di Bali dari 67,2 persen, menurun menjadi 64 persen.

“Tiket (penerbangan) domestik itu mempengaruhi wisatawan domestik, karena bagaimana pun wisatawan domestik menjadi penggerak utama wisata di Bali,” ujar Ferry di Jakarta.

Menurutnya, para pengelola hotel dan pelaku industri pariwisata di Bali mengeluhkan kondisi tersebut akibat kenaikan harga tiket pesawat.

Jika tak ada upaya memperbaiki kondisi tersebut, maka industri pariwisata Bali yang selama ini menghidupi perekonomian Bali akan semakin tergerus.

Tahun Politik Gak Berdampak

Selain itu, perhelatan pesta demokrasi juga tak memberikan angin segar bagi para pebisnis properti. Sebab aktivitas kegiatan partai politik di hotel-hotel tak seramai tahun-tahun politik sebelumnya.

“Lima tahun lalu penggunaan hotel itu cukup tinggi sehingga mampu membantu tingkat hunian hotel bergerak naik. Sekarang ini yang kami lihat kegiatan politik tidak terlalu banyak terkonsentrasi di hotel,” jelasnya.

Dengan turunnya tingkat okupansi ini, berdampak juga pada pendapatan pengelola hotel pada tahun politik saat ini. Demikian juga pengelola hotel juga tak mungkin menaikkan tarif sewa kamar.

“Kita belum melihat adanya push factor, seperti tahun lalu saat Asian Games. Wakut itu, baik okupansi maupun tarif kamar naik,” jelasnya.

Penurunan okupansi hunian kamar hotel diprediksi akan terus terjadi hingga Kuartal II-2019. Sebab, pada periode tersebut masyarakat lebih dominan menggunakan uangnya untuk keperluan pada Ramadhan, Idul Fitri, hingga tahun ajaran baru sekolah.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!