5 Cara Mudah Bergaul dengan Teman Kantor di Hari Pertama Masuk Kerja

3 menit
Hari pertama kerja biasanya dilakukan dengan saling mengenal rekan satu sama lain (Shutterstock).
Hari pertama kerja biasanya dilakukan dengan saling mengenal rekan satu sama lain (Shutterstock).

Hari pertama kerja memang membuat sebagian besar orang gak tenang semalaman. Itu hal yang lumrah kok! Kamu mungkin merasa tidak cocok dengan suasana atau bahkan teman-teman barumu disana.

Tapi ada baiknya kamu gak perlu terlalu khawatir dengan hal itu. Kalau kamu malah terlalu memikirkannya bisa jadi malah sulit untuk membuka diri di hadapan orang baru. Itu pastinya akan memberikan kesan buruk di hari pertama masuk kerja bukan?

Nah daripada pusing-pusing memikirkannya atau malah jadi cemas gak karuan, ini beberapa tips yang bisa kamu coba. Kita simak yuk ulasan berikut ini.

Baca juga: 5 Cara Ini Bisa Kobarkan Semangat Kerjamu Usai Libur Panjang Lebaran

1. Katakan Ya

Hari pertama kerja
Katakan ya dan tersenyum saat hari pertama bekerja (Shutterstock).

Saat baru sampai di kantor baru dan ada teman yang mengajakmu bicara jangan pernah menolak. Katakan Ya saat di awal masuk kerja. Jangan lupa berikan senyum manis yang tulus jika di hari pertama sudah ada pekerjaan yang harus kamu selesaikan.

Tetapi jika sudah berjalan beberapa hari, jangan selalu katakan ya atau siap menampung pekerjaan dari teman-temanmu. Ingat, kamu bekerja sesuai dengan kemampuan, jangan sampai malah dimanfaatkan untuk hal yang buruk.

2. Proaktif

Hari pertama kerja
Tunjukkan menjadi pegawai yang proaktif (Shutterstock).

Selama bekerja tunjukkan kinerja terbaikmu. Bukan hanya pada masa percobaan saja, melainkan saat sudah menjadi pegawai tetap sekalipun. Tunjukkan kinerjamu bisa diandalkan. Tawarkan bantuan jika ada rekan kerja yang merasa kesulitan dalam memecahkan masalah di kantor.

Jangan pernah berpikir atau merasa kamu adalah pegawai baru sehingga jika ada kesalahan dalam pekerjaan akan dimaklumi. Buang jauh-jauh pikiran seperti itu! Semua atasan sangat menyukai pegawai yang proaktif dan saling terlibat satu sama lain.

Baca juga: Satu Tim dengan Generasi Milenial? Ini yang Mesti Dipahami Budaya Mereka

3. Aktif di setiap acara

Hari pertama kerja
Jika hari pertama masuk ada pesta, gak ada salahnya ikut gabung (Shutterstock).

Menjadi anak baru pasti kamu akan sulit menolak setiap tawaran acara yang ada. Entah itu sekedar meeting di luar kantor, penyambutan ketua tim baru atau apapun itu. Usahakan selalu hadir dan berpartisipasi.

Orang akan menganggap kamu bukan hanya cakap dalam bekerja, tetapi di pergaulan juga. Sehingga kamu jadi makin dikenal banyak orang bahkan dari luar divisimu sekalipun. Ini adalah cara yang efektif untuk memperluas jaringan dan kamu bakalan lebih dikenal lagi di perusahaan.

4. Jangan takut bertanya

Hari pertama kerja
Banyak bertanya tentang perusahaan ide bagus membuka obrolan dengan rekan kerja (Shutterstock).

Malu bertanya sesat di jalan. Ungkapan seperti itu memang ada tujuannya. Jangan sungkan untuk selalu bertanya seluk beluk tempatmu bekerja saat ini. Selain mendapatkan informasi yang selama ini gak kamu tahu, membahas perusahaan juga bisa menjadi topik obrolan.

Sekaligus kamu bisa belajar memahami bagaimana budaya di kantor barumu tersebut. Kamu bisa mulai bertanya saat jam makan siang tentunya. Supaya gak mengganggu pekerjaan rekanmu itu.

5. Berkeliling kantor

Hari pertama kerja
Berkeliling kantor (Shutterstock).

Di hari pertama bekerja, biasanya selalu diisi dengan kegiatan berkeliling kantor. Kalau kamu bingung, bisa bertanya dengan atasanmu siapa yang bisa menemanimu berkeliling.

Kamu gak perlu menghafal semua staf pegawai yang ada disana. Lama kelamaan kamu juga akan paham dan dengan sendirinya hafal dengan nama mereka serta divisinya. Berusahalah menyapa semua staf saat kamu berkeliling ya!

jadi bagaimana? gak susah kan untuk beradaptasi di hari pertama kerja? Jangan jadikan hari tersebut sebagai momok yang menakutkan. Sebaliknya, kamu harus pancarkan rasa percaya dirimu di hadapan banyak orang. Agar kamu terkesan bisa diandalkan dalam perusahaan. Semoga bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan