Dilaporkan ke Polisi, Penyidik KPK Novel Baswedan Miliki Kekayaan Rp 4,6 Miliar

2 menit
kekayaan novel baswedan
Novel Baswedan. (Tempo)

Belum terungkap kasus dugaan penyiraman air keras yang menimpa dirinya, kini penyidik KPK Novel Baswedan dilaporkan ke pihak kepolisian atas tuduhan rekayasa penyiraman air keras oleh salah satu kader Partai PDI-Perjuangan yakni Dewi Tanjung.

“Ada beberapa hal yang janggal dari semua hal yang dialami dari rekaman CCTV dia dari bentuk luka, dari perban, kepala yang diperban tapi tiba-tiba mata yang buta gitu kan,” terang Dewi saat memberikan keterangan kepada media tanggal 6 November 2019 di Polda Metro Jaya, mengutip dari Detik.

Pria yang lahir pada tanggal 22 Juni 1977 di kota Semarang, Jawa Tengah ini seperti yang diketahui sempat mengalami perawatan di bagian mata sebelah kiri karena disiram air keras oleh orang tak dikenal pada April 2017 lalu. Sampai hari ini, baik tim gabungan pencari fakta (TGPF), maupun Tim Teknis yang dibentuk Kepolisian, belum memberikan hasil signifikan atas pengusutan kasus tersebut. 

Sebelum duduk di Lembaga Anti Rasuah, Novel adalah seorang anggota Polisi dengan pangkat terakhir Komisaris. Ia diketahui juga merupakan lulusan Akademi Kepolisian pada tahun 1998.

Dalam daftar LHKPN KPK terakhir tahun 2018, Novel Baswedan memiliki harta kekayaan mencapai RP 4,6 miliar dengan rincian berikut ini:

Baca juga: KPK dan 6 Institusi Ini Dipimpin Jenderal Polisi, Berapa Kekayaan Mereka?

Novel Baswedan memiliki tanah dan bangunan senilai Rp 2,7 miliaran

Aset pertama yang masuk dalam daftar LKHPN KPK adalah tanah dan bangunan sebanyak 1 unit. Lokasinya berada di Kota Jakarta Utara dan memiliki luas tanah 105 meter persegi serta bangunan 140 meter persegi.

Tanah dan bangunan tersebut dibelinya dengan hasil usaha sendiri dengan nilai Rp 2.750.000.000. Rumah tersebut merupakan satu-satunya hunian yang dimiliki oleh pria berzodiak Cancer ini.

Baca juga: Kekayaan Fahira Idris yang Dua Kali Jadi Anggota DPD dari DKI Jakarta

Novel Baswedan hanya memiliki 1 mobil bertipe Toyota Kijang Innova senilai Rp 260 juta

kekayaan novel baswedan
Ilustrasi mobil Toyota Innova keluaran tahun 2016. (Shutterstock)

Selanjutnya, Novel mempunyai aset alat transportasi mobil sebanyak 1 unit. Mobil tersebut adalah Toyota Kijang Innova keluaran tahun 2016.

Kijang Innova sendiri memiliki beberapa tipe mesin yakni 2 liter berbahan bakar bensin dan 2,4 liter berbahan bakar solar yang bisa menampung sampai 7 orang penumpang. Kekuatan yang bisa dihasilkan mobil ini adalah sekitar 130-an tenaga kuda dan kecepatan maksimal 179 Kilometer per jam.

Mobil ini dibeli oleh Novel melalui hasil usaha sendiri senilai Rp 260 juta.

Baca juga: Fakta-fakta Ajudan Ma’ruf Amin, Polisi Religius Berharta Rp 15 Miliar!

Harta bergerak, kas atau setara kas dan harta lainnya mencapai Rp 1,6 miliaran

kekayaan novel baswedan
Ilustrasi uang. (Shutterstock)

Ketiga, ada harta bergerak yang bisa berupa logam mulia dan perhiasan dengan nominal sebesar Rp 464.500.000. Lalu, ada kas atau setara kas yang senilai Rp 1.127.620.078.

Aset terakhir Novel Baswedan adalah harta lainnya senilai Rp 50 juta. Bila dijumlahkan seluruhnya, maka totalnya mencapai Rp 4.652.120.078.

Nah itulah daftar aset dan harta kekayaan Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi yaitu Novel Baswedan. Semoga kasus dugaan penyiraman air keras yang menimpanya bisa cepat selesai dan Novel bisa bertugas lagi seperti semula ya. (Editor: Ruben Setiawan)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1