Berharta Rp 40 M, Ini Fakta Puteri Komarudin Anggota DPR Berusia 26 Tahun!

3 menit
Puteri Komarudin
Puteri Komarudin (Instagram/@puterikomarudin)

Puteri Komarudin mendadak jadi buah bibir lantaran terpilih menjadi salah satu anggota DPR muda, yaitu berusia 26 tahun. Meski masih muda, Puteri Komarudin memiliki jumlah kekayaan yang fantastis.

Menurut informasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan pada tahun 2018, kekayaan Puteri Komarudin ternyata mencapai Rp 40 miliar!

Ingin tahu sekilas fakta mengenai anggota DPR dari Partai GOLKAR ini? Yuk, simak ulasannya di sini:

1. Putri mantan Ketua DPR

Puteri Komarudin
Putri mantan ketua DPR (Instagram/@puterikomarudin)

Puteri Komarudin merupakan putri mantan Ketua DPR ke-17 yaitu Ade Komarudin. Masa jabatan Ade memang gak lama, yaitu 11 Januari 2016 – 30 November 2016 saja.

Ade ditunjuk usai Setya Novanto yang terlibat dalam kasus permintaan saham PT Freeport Indonesia mengundurkan diri. 

Sekadar diketahui, Ade Komarudin adalah salah satu anggota DPR yang memang pro-UMKM. Dia sempat menyuarakan perlindungannya terhadap UMKM dengan merilis buku berjudul  “Politik Hukum Integratif UMKM”.

Ketika menjadi Ketua DPR, salah satu kebijakannya yang cukup dikenal adalah memotong masa reses DPR dari 1,5 bulan menjadi 17 hari. Tujuannya tentu saja agar pembahasan Undang-Undang bisa dipercepat.

Baca juga: Dijuluki Anggota DPR Termuda, Segini Lho Kekayaan Hillary Brigitta Lasut

2. Lulusan kampus di Australia

puteri komarudin
Lulusan kampus di Australia (Instagram/@puterikomarudin)

Puteri Komarudin juga cukup menonjol di bidang akademis. Anggota DPR milenial ini lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Melbourne Australia tahun 2015 dengan prestasi cukup memukau.

Dia mendapat penghargaan Leaders in Communities Award dari Universitas Melbourne Australia, serta masuk enam besar partisipan terbaik untuk program Young Leaders of Indonesia yang diprakarsai Mckinsey Indonesia dan Young Leaders for Indonesia Foundation, pada tahun 2014.

Meski datang dari keluarga berada, perempuan kelahiran 1993 ini justru kuliah di Negeri Kangguru lewat beasiswa. 

Puteri juga tercatat sebagai Tujuh Mahasiswa Indonesia Berprestasi Di Australia Versi Majalah OZIP Australia pada tahun 2015.

3. Sempat kerja di sektor keuangan

puteri komarudin
Sempat kerja di sektor keuangan (Instagram/@puterikomarudin)

Menurut informasi GOLKARPEDIA, perempuan kelahiran Bandung, Jawa Barat, ini dididik sang ayah untuk hidup sederhana dan mandiri.

Usai kembali ke Tanah Air, Puteri gak langsung menduduki jabatan penting di partai karena sang ayah. Dia justru bekerja sebagai Micro Banking Intern di Bank Mandiri.

Setahun kemudian, dia pindah ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan menduduki jabatan sebagai Pengawas Bank Junior. 

4. Punya empat tanah di Purwakarta

puteri komarudin
Punya empat tanah di Purwakarta (Instagram/@puterikomarudin)

Komposisi terbesar dari aset Puteri Komarudin ternyata berasal dari properti. Perempuan ini memang cuma punya satu mobil, yaitu Toyota Innova 2013, namun jumlah propertinya ada lima.

Pertama, yaitu tanah seluas 662 meter persegi di Jakarta Selatan yang statusnya hibah. Tanah ini memiliki valuasi Rp 40 miliar.

Properti lain yang dimilikinya, empat tanah yang terletak di Purwakarta. Bahkan, luas tanahnya lebih luas di bandingkan yang di Jakarta, meski harganya memang lebih murah. Paling mahal cuma Rp 100 juta. 

Itulah sekilas fakta mengenai perempuan asal Priangan ini. Selamat bertugas menjadi anggota Dewan, semoga Puteri Komarudin bisa memberikan yang terbaik untuk masyarakat! (Editor: Chaerunnisa) 

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.