Jeff Bezos Masih yang Terkaya Sejagat, Hary Tanoe Paling Kaya Termuda di Indonesia

5 menit
Hary Tanoe (Instagram/@hary.tanoesoedibjo)

Hary Tanoe kembali masuk dalam daftar miliarder dunia versi Forbes. Jika pendiri Amazon Jeff Bezos masih menjadi orang terkaya sejagat, Hary Tanoesoedibjo (HT) menjadi miliarder termuda yang masuk jajaran orang terkaya termuda di Indonesia.

Dalam daftar terbarunya yang dirilis Forbes, Rabu 6 Maret 2019 waktu setempat, majalah itu mentasbihkan Jeff Bezos sebagai orang terkaya di dunia dengan kekayaan US$131 miliar.

Sementara itu, orang terkaya paling muda di dunia tahun ini diraih Kylie Jenner dengan kekayaan US$1 miliar atau setara dengan Rp14,1 triliun.

Sedangkan untuk orang terkaya termuda di Indonesia, majalah itu mendapuk pengusaha HT. HT menempati peringkat 1.941 orang terkaya di dunia dengan nilai kekayaan US$1,1 miliar. HT menduduki peringkat ke-31 orang terkaya di Indonesia pada usia 53 tahun.

Sekadar diketahui, HT merupakan chairman PT MNC Investama Tbk atau MNC Group yang didirikan pada 1989 silam sebagai perusahaan sekuritas.

MNC Group menjadi perusahaan publik di Bursa Efek Indonesia pada 1997. Pada 2000, MNC Group melakukan ekspansi di bidang media dan merambah di bisnis properti pada 2007.

Lantas, dari mana saja sumber kekayaan HT? Simak lengkapnya seperti dilansir dari Sindonews jaringan MoneySmart:

MNC Group

Hary Tanoesoedibjo (Instagram/@hary.tanoesoedibjo)
Hary Tanoesoedibjo (Instagram/@hary.tanoesoedibjo)

MNC Group saat ini merupakan grup investasi terkemuka Indonesia dengan tiga bisnis utama, yakni media, jasa keuangan dan properti.

MNC Group mengemban visi menjadi pilar penting pertumbuhan ekonomi nasional, menciptakan lapangan kerja, dan menjadi pelopor pengembangan bisnis digital di Indonesia.

Di sektor media yang dioperasikan melalui anak usaha Global Mediacom atau dikenal sebagai MNC Media, MNC Group adalah pemilik media terbesar dan paling terintegrasi di Asia Tenggara.

Portofolio bisnisnya terdiri atas empat stasiun TV nasional Free-To-Air yakni RCTI, MNCTV, GTV, dan iNews serta 20 channel yang disiarkan di TV berlangganan MNC Channels.

RCTI, MNCTV, dan GTV berfokus pada program hiburan, sedangkan iNews fokus pada penayangan program berita dan olahraga. iNews merupakan TV nasional berjaringan terbesar yang terdiri atas 60 TV lokal yang tersebar di seluruh Indonesia.

Baca juga: Besarkan MNC hingga Jadi Raksasa Bisnis, Ini Tips Hary Tanoesoedibjo

MNC Kapital Indonesia dan MNC Land

Hary Tanoesoedibjo (Instagram/@hary.tanoesoedibjo)
Hary Tanoesoedibjo (Instagram/@hary.tanoesoedibjo)

Di sektor jasa keuangan, MNC Group melalui MNC Kapital Indonesia memiliki lini bisnis dalam penyediaan produk dan jasa keuangan yang lengkap dan terintegrasi.

Yaitu melalui MNC Bank, MNC Finance, MNC Leasing, MNC Sekuritas, MNC Asset Management, MNC Insurance, dan MNC Life.

Sementara itu, di sektor properti, perseroan memiliki MNC Land yang dalam kurun waktu singkat telah berkembang menjadi salah satu perusahaan properti terbesar di Indonesia.

Bergerak dalam pengembangan, pembangunan, dan akuisisi properti dan kawasan wisata terpadu serta dalam jasa properti.

MNC Land memiliki sejumlah lini bisnis strategis yang meliputi MNC Lido City, kawasan seluas 3.000 ha di Lido, Jawa Barat yang didedikasikan sebagai pusat gaya hidup dan hiburan terintegrasi.

Ada pula MNC Bali Resort yakni kawasan resor mewah seluas lebih dari 100 ha di Tabanan, Bali. MNC Lido City nantinya akan menjadi kebanggaan Indonesia dengan menghadirkan pengembangan theme park resort kelas dunia dan Trump Community pertama di Asia.

Theme park resort akan mengintegrasikan theme park bertaraf kelas dunia dengan hotel mewah, kawasan ritel, restoran, dan hiburan yang meriah serta hunian berkualitas.

Dioperasikan Trump Hotel Collection, Trump Community akan mengembangkan resor bintang 6 yang sangat mewah, lapangan golf 18-hole bertaraf internasional yang dirancang oleh Ernie Els, country club berkelas, vila dan rumah supermewah, serta kondominium mewah.

MNC Bali Resort, yang juga menghadirkan resor dan lapangan golf signature Trump Hotels, saat ini sedang berada dalam tahapan desain.

Lapangan golf 18-hole yang terkenal dan telah mengadakan banyak kejuaraan di MNC Bali Resort yang berhadapan dengan Pura Tanah Lot akan dirancang Phil Mickelson, pemenang Major Championship.

Baca juga: Kekayaan Hary Tanoe Rp 15 Triliun, Ini 5 Rahasia Suksesnya

Chairul Tanjung orang terkaya termuda lainnya di Indonesia

Chairul Tanjung
Chairul Tanjung

Selain HT, Chairul Tanjung (CT) menjadi pengusaha termuda Indonesia lainnya dalam daftar Forbes. Pria 57 tahun itu menduduki peringkat 568 dunia dengan nilai kekayaan US$3,7 miliar. Sementara itu, dia menduduki peringkat ketujuh orang terkaya di Indonesia.

Melalui CT Corp, CT mengelola Trans Retail yang mengendalikan Carrefour dan Transmart. Dia juga menguasai jaringan waralaba Wendy’s dan memiliki jaringan waralaba lainnya seperti Versace, Mango, dan Jimmy Choo.

CT menjual 49 persen saham di perusahaan asuransinya ke Prudential Financial AS pada 2017. Dia juga menjalin kerja sama dengan AccorHotels Prancis pada November 2017 untuk membuka 30 hotel di Indonesia.

Hartono bersaudara yang terkaya di Indonesia

Bambang Hartono (Instagram)
Bambang Hartono (Instagram)

Predikat orang terkaya di Indonesia dalam daftar terbaru yang dirilis Forbes, beberapa waktu lalu, masih dipegang Budi Hartono (78). Bos Djarum tersebut menjadi orang terkaya nomor 54 dunia versi Forbes dengan nilai kekayaan US$18,4 miliar.

Sementara itu, saudara kandungnya, Michael Hartono (79) menduduki peringkat ke-56 dalam jajaran orang terkaya dunia dengan nilai kekayaan US$18,3 miliar.

Michael selama ini dikenal memperjuangkan olahraga bridge masuk dalam Asian Games. Kegemarannya terhadap olahraga ini pun membawa dia meraih medali perunggu pada Asian Games 2018 lalu.

Sebagian besar kekayaan Michael diperoleh dari investasi mereka di Bank Central Asia (BCA). Hartono bersaudara membeli saham BCA setelah Keluarga Salim kehilangan kontrol atas bank tersebut pada krisis ekonomi Asia pada 1997-1998.

Sri Prakash Lohia, Sri Dato Tahir juga masuk dalam daftar

pengusaha sukses
Tahir (Media Indonesia)

Sri Prakash Lohia menduduki peringkat ke-200 dunia konglomerat lainnya yang masuk daftar Forbes. Dengan kekayaan US$7,5 miliar, dia menduduki peringkat keempat sebagai orang terkaya di Indonesia pada usia 66 tahun.

Sumber kekayaannya berasal dari industri petrokimia. Sejak 1970-an, dia bermigrasi dari India ke Indonesia untuk mendirikan Indorama. Kini industrinya menjadi raksasa kimia yang memproduksi berbagai bahan mentah tekstil hingga pupuk.

Selain itu, Dato Sri Tahir menduduki peringkat 424 dengan nilai kekayaan US$4,5 miliar. Pendiri Mayapada Group tersebut menduduki peringkat ke-6 sebagai orang terkaya di Indonesia. Dia memiliki bisnis di bidang perbankan, rumah sakit, dan properti.

Kini, sang putri, Grace menjadi presiden komisaris Propertindo Mulia Investama. Istrinya, Rosy, merupakan putri dari pengusaha Mochtar Riady.

Itulah daftar orang terkaya di dunia versi Forbes yang beberapa di antaranya berpredikat termuda. Jika Kylie Jenner terkaya termuda sejagat, HT menjadi pengusaha terkaya termuda di Indonesia.

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan