Mansion Mewahnya Dibeli Hary Tanoe, Trump Dapat Untung Dua Kali Lipat!

3 menit
Hary Tanoesoedibjo Beli Mansion Mewah Milik Trump (Instagram).

Bos MNC, Hary Tanoesoedibjo (HT) disebut-sebut membeli mansion mewah milik Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Lokasi properti tersebut berada di kompleks elite Beverly Hills, California, Amerika Serikat.

Seperti dikutip dari Washington Post, meski kedua belah pihak enggan untuk memberikan keterangan resmi, tapi sudah ada bukti-bukti kuat yang terkuak mengenai kesepakatan ini.

Seperti misalnya munculnya akta jual beli yang beralih dari Donald Trump jr, ke Hillcrest Asia Ltd sebuah perusahaan yang terdaftar di Virgin Britania Raya, tetapi, alamat pembeli di dalam akta tersebut tercantum nama perusahaan milik HT, MNC Land.

Kedua miliarder ini Trump dan Hary Tanoesoedibjo memang terkenal sangat dekat. Beberapa kali keduanya sempat terlibat kerja sama bisnis, seperti misalnya pembangunan resort di pulau Bali, dan arena golf di Jawa Barat. Kerja sama keduanya pun ditaksir bernilai fantastis, US$ 500 juta atau Rp 7,1 triliunan.

Jual mansion ke Hary Tanoesoedibjo, Trump dapat untung dua kali lipat

Hary Tanoesoedibjo
Donald Trump

Mansion mewah milik Trump yang dibeli Hary Tanoesoedibjo terletak di kompleks elite Beverly Hills California. Presiden Amerika Serikat itu membelinya pada tahun 2007 silam dengan harga US$ 7 juta, atau Rp 100 miliaran.

Tapi kemudian Hary Tanoesoedibjo disebut membelinya seharga hampir dua kali lipatnya pembelian Trump, yaitu sebesar US$ 13,5 juta atau Rp 193 miliaran. Padahal, tahun lalu harganya gak setinggi itu, berdasarkan harga pasaran, seharusnya mansion mewah itu diberi harga US$ 8 juta, tapi Trump sukses menjualnya dengan harga sangat tinggi.

Dilihat dari Washington Post, Trump sendiri sebenarnya jarang menempati mansion tersebut. Apabila berkunjung ke kawasan itu, ia lebih memilih untuk tinggal di hotel terdekat. Meski gak ditempati, rumah itu juga ternyata tidak disewakan, praktis Presiden AS ke-45 itu gak pernah mendapatkan pemasukkan dari sana. Untuk pajaknya sendiri mencapai US$ 96.000 per tahun atau Rp 1,3 miliaran.

Mansionnya mewah dengan lima kamar dan kolam renang

Hary Tanoesoedibjo
Mansion Donald Trump yang dibeli HT

Mansion mewah yang dibeli Hary Tanoesoedibjo ini termasuk tua. Dikutip dari dailymaiil, mansion dibangun pada tahun 1927. Dilihat dari bangunannya saja sudah terlihat era tahun 1900-an dengan atap segitiga, dan tembok berwarna krem layaknya bangunan kastil kerajaan.

Fasilitas di dalamnya lengkap, ada lima kamar tidur,  serta enam kamar mandi. Halamannya pun cukup luas dan ada kolam renang di tengah-tengah.

Jual beli properti Trump tuai polemik karena melanggar etika dan konstitusi di AS

Hary Tanoesoedibjo
Mansion Donald Trump yang dibeli HT

Upaya bisnis yang melibatkan perusahaan properti Trump ternyata mendapatkan sorotan dari politisi dan pakar hukum di AS, rata-rata sih datang dari partai oposisinya Demokrat. Katanya, berdasarkan hukum dan konstitusi yang berlaku di AS, sebagai Presiden, Trump seharusnya tidak diperbolehkan menerima hadiah maupun pembayaran dari para tokoh asing.

Sebelum menjadi presiden, Trump memang terkenal sebagai pengusaha properti. Bahkan, saat setelah menjabat sebagai presiden saja, ia masih berani untuk menjalankan bisnisnya.

Menjual mansion mewah ke Hary Tanoesoedibjo ini bukan upaya bisnis yang pertama kali sejak menjabat sebagai orang nomor satu di AS, karena sebelumnya ia juga pernah menjual gudang di Carolina, menjual kondominium di Las Vegas, dan masih banyak lagi. Secara etika, hal tersebut sangat disoroti oleh tokoh-tokoh di Negeri Paman Sam. (Editor: Winda Destiana Putri).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!