Besarkan MNC hingga Jadi Raksasa Bisnis, Ini Tips Hary Tanoesoedibjo

3 menit
Hary Tanoesoedibjo. (Tempo/Fardi Bestari)
Hary Tanoesoedibjo. (Tempo/Fardi Bestari)

Di Indonesia ini, siapa sih yang gak kenal Hary Tanoesoedibjo? Setiap nonton RCTI, MNC TV, atau GTV wajahnya kerap muncul. Kamu bakal lebih sering melihatnya di iklan Partai Perindo. Soalnya ia merupakan pendiri sekaligus ketua umum partai baru tersebut.

Walaupun namanya populer sebagai ketua partai, Hary Tanoesoedibjo jauh lebih dulu dikenal karena bisnis media yang dikuasainya. Bisa dibilang, julukan raja media pantas disematkan kepada dirinya.

Di bawah naungan MNC Group, ia menguasai beberapa media, mulai dari stasiun televisi RCTI, MNC TV, MNC Channels, iNews, hingga GTV. Ini masih ditambah dengan banyak unit bisnis lainnya, semisal media cetak koran Sindo dan media online Okezone.

Berkat usaha-usaha yang dimilikinya, Hary Tanoesoedibjo menjadi salah satu orang terkaya di dunia dengan harta senilai US$ 1,05 miliar atau sekitar Rp 16 triliun. Ia pun ditempatkan majalah Forbes di peringkat 31 dalam daftar orang terkaya di Indonesia.

Menariknya nih, Hary Tanoe mengaku bahwa dulu dirinya adalah anak bandel. Malahan, ia pernah di-drop out dari sekolah saking bandelnya.

Namun, semuanya berubah ketika ia dewasa dan mulai kuliah. Ia mendadak jadi sosok yang rajin belajar hingga akhirnya mendapat predikat cum laude di Carleton University, Kanada.

Sekalipun udah berada di puncak karier, Hary Tanoesoedibjo gak pernah pelit buat membagikan tips-tips supaya sukses. Penasaran seperti apa petuah-petuah dari suami Liliana Tanoesoedibjo ini? Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

1. Kerja keras kumpulkan modal

Hary Tanoesoedibjo bersama Liliana Tanoesoedibjo. (Instagram/@hary.tanoesoedibjo)
Hary Tanoesoedibjo bersama Liliana Tanoesoedibjo. (Instagram/@hary.tanoesoedibjo)

Dalam meraih sukses, Hary Tanoesoedibjo menetapkan pola pikir: kalau pengin buka usaha, ya kumpulkan modal. Gimana caranya kumpulkan modal? Ya, dengan bekerja. Makin kerja keras, makin banyak modal yang terkumpul.

Pola pikir itu yang membuat Hary Tanoe sukses. Menurut Hary, sukses itu bisa dicapai dengan mengendalikan pola pikir dan pilihannya cuma dua: rajin atau malas. Makanya, Hary menekankan pentingnya kerja keras kalau pengin sukses.

Asal tahu aja nih. Saking percayanya Hary Tanoe bahwa kerja keras bisa bikin dirinya sukses, ia bekerja 16 hingga 18 jam sehari. Lebih panjang dari jam kerja normal pada umumnya ya. Namun, terbukti bahwa hal itu jadi salah satu kunci kesuksesannya.

2. Jangan nyerah sebelum tujuan tercapai

Hary Tanoesoedibjo bersama Presiden Joko Widodo. (Instagram/@hary.tanoesoedibjo)
Hary Tanoesoedibjo bersama Presiden Joko Widodo. (Instagram/@hary.tanoesoedibjo)

Nothing is impossible”. Kata-kata ini yang menjadi motivasi Hary Tanoesoedibjo buat mencapai tujuannya.

Selama ini, ia meyakini bahwa gak ada yang mustahil selama seseorang mau terus berusaha buat mencapai tujuan. Apapun yang dilakukan pasti berhasil asalkan jangan pernah nyerah buat mewujudkannya.

3. Utamakan hasil ketimbang proses

Hary Tanoesoedibjo. (Instagram/@hary.tanoesoedibjo)
Hary Tanoesoedibjo. (Instagram/@hary.tanoesoedibjo)

Buat Hary Tanoesoedibjo, hasil itu amat penting dalam pekerjaan atau bisnis. Percuma aja melakukan proses terus, tapi hasilnya gak terlihat.

Apalagi di era sekarang ini, kerja cepat itu amat diperlukan. Sebab saat ini kalau gak cepat, nantinya bisa tertinggal. Jadi, jangan harap bisa dekat dengan kesuksesan.

4. Lakukan perbaikan diri

Hary Tanoesoedibjo. (Instagram/@hary.tanoesoedibjo)
Hary Tanoesoedibjo. (Instagram/@hary.tanoesoedibjo)

Dengan memperbaiki kesalahan diri sendiri, sukses bisa diraih. Hary Tanoesoedibjo menilai, melakukan perbaikan diri itu penting. Lihat apa yang menjadi kelemahan dan lakukan peningkatan serta perbaikan. Niscaya, ke depannya kita bisa jadi lebih baik.

Pengalaman malas belajar hingga di-DO bikin dirinya sadar dan belajar. Ia pun mulai berubah dan memperbaiki dirinya. Dulunya malas belajar, kini jadi rajin belajar. Dulunya gak teratur, kini jadi teratur. Bagi Hary Tanoe ya itu tadi. Nothing is impossible”.

Nah, itu tadi tips-tips yang dipakai Hary Tanoesoedibjo agar dirinya menjadi orang yang sukses. Mudah-mudahan aja nih dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu bisa sukses seperti Hary Tanoe. Selamat mencoba!

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan