Hemat Pengeluaran Bulanan dengan 8 Trik Cerdik Ini

Hemat pengeluaran bulanan bisa kamu mulai dengan cara belanja hemat. Mengingat biaya buat kebutuhan bulanan adalah salah satu pengeluaran terbesar, kamu mestinya jauh lebih bijak mengelolanya.

Cukup banyak cara buat menghemat pengeluaran di pos ini.

Kali ini DuitPintar kasih tahu beberapa trik-trik hemat buat kamu yang bakal belanja bulanan. Beberapa di antaranya jarang terpikirkan, lho!

1. Catat kebutuhan bulanan kamu

pengeluaran bulanan
Bikin list belanja bulanan (wisegeek)

Yang perlu dilakukan pertama kali adalah mencatat kebutuhan bulanan. Misalnya aja, peralatan mandi, keperluan bersih-bersih rumah, make-up, dan kebutuhan lain.

Coba bikin list produk-produknya satu per satu. Jika bisa, kamu bisa juga tulis masing-masing bujetnya. Dengan gitu, kamu tahu berapa kira-kira pengeluaran bulanan buat belanja kebutuhan-kebutuhan ini.

Cara ini juga bikin kamu jadi gak sering-sering belanja barang-barang yang sebetulnya gak begitu dibutuhkan.

2. Bikin daftar menu makan mingguan

pengeluaran bulanan rumah tangga
Bikin list mingguan juga (ahealthysliceoflife)

Belanja buat kebutuhan bulanan sebisa mungkin dibedakan dengan belanja makanan sehari-hari.

Beragam bahan makanan gak tahan buat disimpan buat sebulan. Jadi, daripada kamu menghabiskan dana buat sesuatu yang ternyata sia-sia, lebih baik sisihkan dana per minggu.

Bahan makanan yang bisa kamu belanjakan per minggu salah satunya adalah sayuran atau daging mentah.

Dua komoditas ini biasanya lebih murah kalau beli di pasar tradisional. Jadi, mending ke sana deh daripada ke supermarket. Lebih banyak uang yang bisa kamu hemat.

3. Jangan terpaku pada merek

cara membagi gaji bulanan
Jangan terlalu mikirin merek (socialmoms)

Saat belanja bulanan, sebisa mungkin kamu gak perlu terpaku buat pilih merek tertentu.

Emang sih buat beberapa kebutuhan kamu mungkin mesti pilih merek tertentu yang emang udah cocok. Misalnya aja, produk perawatan tubuh dan rambut.

Namun, buat kebutuhan yang sifatnya umum seperti deterjen, karbol, tisu, dan lainnya, kamu bisa pilih merek-merek yang paling murah. Dengan gitu, total uang yang dihabiskan buat bulanan gak bakal bikin kamu kaget deh.

[Baca: Nyari Sembako Murah, Mending ke Giant, Carrefour, atau Hypermart?]

4. Bandingkan harga sebelum membeli

cara mengelola gaji bulanan
Bandingkan dulu (cncahealth)

Saat belanja online maupun offline, coba deh bandingkan harga dulu.

Yang dibandingkan gak cuma harga produk yang satu dengan lainnya ya. Kamu pun bisa bandingkan harga di beberapa situs.

Jika kamu belanja online, pertimbangkan pula apakah ada promo ongkos kirim atau gak. Kalau ada, ya mending pilih yang itu deh. Kan lumayan walaupun cuma hemat beberapa puluh ribu aja.

5. Bawa kalkulator kalau belanja offline

rincian pengeluaran bulanan rumah tangga
Bawa kalkulator. Gak kepikiran kan? (dreamstime)

Nah, ini dia trik yang sering terlupakan saat belanja langsung ke pasar. Karena keasyikan buat ambil barang-barang yang diperlukan, pas kamu sampai di meja kasir malah kaget.

Kaget lihat total belanjaannya dong. Apa lagi coba? Kalau udah di depan kasir, ya mau gak mau kamu harus bayar kan? Daripada malu lihat pembeli yang lain.

Nah, buat mengantisipasi hal tersebut, kamu bisa gunakan kalkulator buat hitung total harga belanjaan. Jadi, sebelum sampai ke meja kasir, kamu udah tahu berapa pengeluaran bulanan buat belanjaan itu.

6. Cari promo menarik di berbagai supermarket

persentase pengeluaran ideal
Cari promo dong (dailymail)

Sebelum berangkat ke salah satu supermarket, kamu bisa sediakan waktu buat pilih mana yang menawarkan promo paling menarik.

Kamu cari aja informasinya melalui brosur atau situs supermarket tersebut. Lihat deh katalognya di sana.

[Baca: 6 Aplikasi Belanja Sayur dan Website yang Bikin Gak Repot ke Pasar]

7. Gunakan promo di situs atau aplikasi belanja online

cara mengelola gaji 3 juta
Cari promo di situs belanja online juga (mataharimall)

Kamu bisa berkunjung ke situs belanja online seperti misalnya JD.id yang sediakan promo gratis ongkos kirim. Situs belanja online ini cocok buat kamu yang belanja dalam jumlah banyak.

Selain itu, ada juga lho aplikasi belanja sayur online yang sering kasih promo menarik. Misalnya aja aplikasi HappyFresh yang kasih kode voucher dengan potongan tertentu buat pelanggan pertama dan pelanggan tetap.

8. Manfaat kartu kredit

cara menghemat uang gaji kecil
Pakai kartu kredit (financialexpress)

Yap! Jangan anti dulu pada kartu kredit. Kamu tahu gak kalau penyedia kartu kredit sering kasih promo menarik lho buat kebutuhan belanja bulanan.

Contohnya aja, kartu kredit BCA seri Everday Card-nya kasih cashback lima persen buat belanja di Transmart, Carrefour, Giant, dan Hypermart. Ada juga promo BCA e-Monday yang kasih potongan harga kalau kamu belanja di situ belanja online tertentu. Asyik banget, kan?  

[Baca: Siap-siap, Ini Promo Kartu Kredit di Bulan April 2018]

Yuk, mulai sekarang coba deh trik-trik belanja ini buat hemat pengeluaran bulanan kamu. Kamu bisa bandingin deh, berapa pengeluaran sebelum dan sesudah pakai trik ini.

Happy shopping!

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560