Perjuangan Hengky Kurniawan, dari Kernet, Artis, Sampai Jadi Wakil Bupati

3 menit
hengky kurniawan
Hengky Kurniawan. (Instagram/@hengkykurniawan)

Nama Hengky Kurniawan tentunya sudah gak asing lagi di layar kaca, terutama di dunia perfilman. Tapi gak semua dari kamu tahu bahwa sekarang, aktor yang populer di tahun awal tahun 2000-an itu justru aktif di pemerintahan.

Tepat pada 2018, Hengky terpilih sebagai Wakil Bupati Bandung Barat mendampingi Aa Umbara untuk periode 2018 hingga 2023. 

Karier Hengky di dunia politik ternyata bukanlah sesuatu yang baru lho. Sejak era Reformasi yaitu tahun 1998 dia mendaftarkan diri untuk bergabung di Partai Amanat Nasional (PAN), guna belajar jadi politikus. 

Ingin tahu bagaimana sepak terjang Hengky dalam meniti kariernya? Kompas sempat mengunggah beberapa cerita tentang masa lalu Hengky. Yuk simak ulasannya di bawah sini.

Baca juga: Boy William dari Ngevlog Bareng Jokowi Hingga Jadi Calon Menantu Konglomerat!

1. Hidup susah dan pernah jadi pemulung

hengky kurniawan
Pernah hidup susah. (Instagram/@hengkykurniawan)

Pria kelahiran Blitar 1982 silam ini gak lahir dari keluarga kaya. Ayahnya adalah penjual makanan kudapan seperti Chiki Balls, dan lainnya. Jajanan-jajanan itu dibeli dari pasar dan dijual ke warung-warung di dekat rumah.

Selain snack, ayah Hengky juga menjual es sirup. Hengky yang saat itu duduk di bangku SD juga cukup sering membantu ayahnya. 

Selain berdagang, ayah Hengky juga dikabarkan sempat jadi sopir angkot. Ketika ayahnya nyupir, Hengky jadi kernetnya.

Ketika duduk di bangku SMP, Hengky gak cuma aktif bersekolah. Dia justru bekerja sambilan sebagai seorang pemulung.

Tapi pemulungnya bukan pemulung yang berjalan dari rumah ke rumah, melainkan pemulung di sekitaran Gedung Pemuda Bandung. 

Baca juga: Lolos ke Senayan! Ini Fakta Dedy Mulyadi Eks Bupati Purwakarta Berharta Rp 5,7 M

2. Rumahnya saat kecil adalah rumah warisan dari neneknya

hengky kurniawan
Tinggal di rumah kecil. (Instagram/@hengkykurniawan)

Hengky Kurniawan memiliki empat orang kakak. Semasa kecil dia dikabarkan tinggal bersama keluarganya di rumah warisan neneknya yang cuma punya dua kamar. 

Mengingat jumlah kamar sangat terbatas, maka gak jarang dari mereka terpaksa tidur di ruang tamu.

Baju yang dikenakan Hengky juga merupakan baju bekas kakak-kakaknya. Mau minta mainan boro-boro dikasih, sampai nangis pun gak bakal kesampaian.

Baca juga: Tsamara Amany Penentang Fahri Hamzah yang Raih Suara Terbanyak di Pileg

3. Hengky Kurniawan merantau ke Jakarta dan jadi artis

hengky kurniawan
Mengadu peruntungan di Jakarta. (Instagram/@hengkykurniawan)

Menurut informasi dari Wikipedia, karier Hengky Kurniawan di dunia film dimulai ketika dirinya merantau ke Ibu Kota. Dia pun bergabung dengan Contoh Management yang dipimpin Benny Simanjuntak. 

Asalnya, dia memang berniat untuk menekuni karier di dunia modeling. Eh tapi malah jadi artis. 

Singkat cerita, dia pun terpilih untuk berakting di beberapa sinetron, sebut saja seperti ABG, Senandung Masa Puber, Pelangi di Matamu, dan film layar lebar Buruan Cium Gue. Akan tetapi FTV-lah yang akhirnya melambungkan nama Hengky di dunia hiburan.

Gak disangka, dia pun langsung naik daun berkat kariernya sebagai artis sinetron.

4. Selalu jadi santapan infotainment

hengky kurniawan
Sering jadi buruan infotainment saat masih jadi artis. (Instagram/@hengkykurniawan)

Kehidupan pribadi Hengky Kurniawan memang selalu jadi incaran wartawan infotainment. Ya gimana enggak, wong dia seringkali digosipkan dekat dengan aktris-aktris cantik Tanah Air. 

Saat masih jadian dengan Bunga Citra Lestari (BCL), BCL sempat cemburu karena Hengky mencium Masayu Anastasia, walaupun itu cuma adegan di film lho ya. 

5. Hengky Kurniawan sempat batal nyaleg

hengky kurniawan
Pernah nyaleg tapi gagal. (Instagram/@hengkykurniawan)

Selain punya karier cemerlang di dunia hiburan, ternyata Hengky juga pernah dikabarkan nyaleg. Namun niat itu terpaksa dibatalkan karena tingginya biaya kampanye dan lain-lain.

Motivasinya terjun ke dunia politik sejatinya adalah karena ingin memberikan manfaat bagi masyarakat. 

Akhirnya, dia pun berhasil terpilih jadi Wakil Bupati Bandung Barat sampai sekarang ini.

From zero to hero, itulah secuil kisah perjalanan karier Hengky Kurniawan. Semula hanya pemuda dari keluarga biasa-biasa saja, Hengky sukses di dunia keartisan hingga kini jadi pejabat.

Gak ada yang bisa nyangka kalau seorang yang dulu pernah jadi pemulung, sopir, hingga kernet akhirnya jadi wakil bupati. Kalau memang kinerjanya bagus, bisa jadi dia pun bakal pede untuk nyalonin diri sebagai bupati atau wakil rakyat. (Editor: Ruben Setiawan)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.