Dirikan Hotel Rp 1,8 Triliun, Ini Fakta Crazy Rich Surabayan Hermanto Tanoko

4 menit
Hermanto Tanoko, istri, bersama Syahrini dan Reino Barack. (Instagram/@htanoko)

Nama orang kaya Surabaya, Hermanto Tanoko, kerap jadi perbincangan belakangan ini lantaran pria itu ternyata memiliki usaha patungan dengan motivator Tung Desem Waringin berupa hotel bintang lima.

Dalam vlog yang diunggah akun Youtube Rico Huang, Tung Desem menceritakan bagaimana mewahnya penginapan bernama Vasa Hotel yang sempat disinggahi Presiden Jokowi tiga kali itu. Akan tetapi, Jokowi sempat menolak ketika ditawari menginap di Presidental Suite yang harga kamar semalamnya Rp 20 juta.

Disebutkan pula bahwa hotel itu sendiri dibangun dengan biaya Rp 1,8 triliun! Waduh, pasti pak Hermanto ini bukan orang sembarangan ya.

Hotel mewah itu ada di bawah naungan perusahaan bernama Tanly Hospitality. Selain Vasa, perusahaan ini juga menaungi Cleo Business Hotel, dan Hotel Solaris.

Penasaran dengan crazy rich yang satu ini? Yuk simak ulasan lengkapnya.

Baca juga: Rumah bak Istana dan Punya Rolls Royce, Ini 4 Fakta Crazy Rich Surabaya

1.  Putra pendiri Cat Avian

hermanto tanoko
Bersama ayahanda, Sutikno Tanoko dan ibunda. (Instagram/@htanoko)

Usut punya usut, Hermanto Tanoko adalah putra dari pendiri cat Avian, Soetikno Tanoko (Tan Tek Swie) yang membuka toko cat di Malang, Jawa Timur, pada tahun 1962. Toko kecil itu merupakan cikal bakal dari PT Avia Avian yang memproduksi cat tembok, besi, kayu, hingga otomotif.

Hermanto sendiri sudah bekerja di perusahaan milik ayahnya selama 32 tahun, hingga saat ini. Jabatan pertamanya pada saat itu adalah Managing Director of Operations, dan saat ini dia menjabat sebagai Presiden Komisaris.

Saat Hermanto memegang kendali perusahaan ini, cat Avian juga mencatatkan kinerja positif lho. Di tahun 2018, pertumbuhan perusahaan ini mencapai 20 persen.

Di 2019 ini pun mereka berniat membuka kantor pemasaran di Jayapura. Lalu dilanjut buka di Sorong, Ternate, Payakumbuh, dan Sintang.

Baca juga: Jual Kapal Rp 4,2 M, Raffi Ahmad “Dipalak” Crazy Rich Pluit Beli Mobil Rp 6,7 M

2. Punya brand air minum bernama Cleo

hermanto tanoko
Saat menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Hotel Vasa. (Instagram/@htanoko)

Selain sibuk di bisnis cat, Hermanto Tanoko juga merupakan Presiden Komisaris dari Tanobel Food (PT Sariguna Primatirta) yang menaungi beberapa produk consumer goods. Sebut saja seperti air mineral Cleo, Herbal & Healthy, Roller, dan Mmmilk Crack It. Pantesan saja dia punya hotel yang namanya Cleo.

Lulusan IBMT School of Management, Surabaya, ini juga berhasil membawa brand Cleo laris di pasaran. Bayangkan saja sejak Januari hingga September 2017, omzet penjualan air minum ini naik jadi Rp 440 miliar!

Nama perusahaan ini juga diambil dari nama keluarga pendirinya. Tan dari Tanoko, sementara itu Nobel artinya adalah produk berkualitas tinggi.

Buat kamu yang mau beli saham perusahaan ini, kamu bisa membelinya kok di bursa. Kodenya adalah CLEO.

Baca juga: Anaknya Lamaran Sampai Sewa Mal, Ini 5 Fakta Stanley Ho Crazy Rich asal Makau

3. Bisnis propertinya juga moncer

hermanto tanoko
Memiliki usaha Tanrise Property. (Instagram/@htanoko)

Selain cat dan consumer goods, Hermanto Tanoko memiliki bisnis di sektor properti yang moncer. Perusahaan properti yang dikelola olehnya adalah Tanrise Property alias PT Jaya Sukses Makmur Sentosa Tbk.

Di tahun 2019, perusahaan ini menargetkan proyek pembangunan apartemen The 100 Residence di kawasan Gubeng Surabaya. Kabarnya, mereka pun berinvestasi di proyek ini dengan nilai Rp 400 miliar! Itu belum termasuk lahan lho ya.

Sama seperti Hotel Vasa, apartemen ini juga merupakan apartemen bintang lima. Tentu saja konsumennya adalah warga kelas menengah ke atas.

The 100 Residence ini memiliki konsep privasi dan prestige dengan jumlah unit yang terbatas yakni 166 unit serta ditunjang dengan fasilitas privat lift. Proyek ini memiliki 3 tipe unit di antaranya 2 bedroom, 3 bedroom dengan luas mulai 122 m2 hingga 164 m2, serta tipe penthouse.

Fasilitas premium lainnya yang dapat dinikmati penghuninya adalah kolam renang, kids club, gym, barbeque area, jacuzzi, serta salon dan spa.

Tertarik beli saham Tanrise Property? Kode sahamnya RISE.

4. Komisaris Depo Bangunan

hermanto tanoko
Komisaris Depo Bangunan. (Instagram/@htanoko)

Dikutip dari laman profil Tanobel, selain memiliki banyak perusahaan, Hermanto Tanoko juga menjabat sebagai Komisaris Depo Bangunan. Pasti familiar dong sama yang perusahaan ini?

Depo Bangunan adalah marketplace bahan bagunan yang sering mendapat penghargaan bisnis dan kepuasan konsumen di Indonesia.

Kalau jabatannya komisaris, ya berarti tugasnya dia adalah mengawasi tim direksi ya.

5. Naik Rolls Royce

hermanto tanoko
Ilustrasi mobil Roll Royce.

Dalam video profil Hermanto Tanoko yang dirilis akun CMN Company Profile, bungsu dari lima bersaudara ini tampak mengendarai Rolls Royce! Kayaknya kembaran sama Tung Desem Waringin yang juga punya brand mewah asal Inggris itu.

Kalau memang tunggangannya saja sudah Rp 25 miliaran, ya dipastikan hartanya juga luar biasa fantastis. Patut diacungi jempol deh bapak yang satu ini.

Intulah sekilas fakta singkat Hermanto Tanoko, crazy rich Surabaya yang dibesarkan di keluarga pebisnis.

Sejatinya, Hermanto membuktikan ke kita bahwa seorang anak orang kaya memang berpotensi jadi lebih sukses dari ayahnya di masa depan. Tapi tentunya, itu juga hanya bisa diraih lewat kerja keras dan semangat belajar yang tinggi lho. (Editor: Ruben Setiawan)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.