Gucci Rilis Hijab Turban Seharga Rp 11 Juta, Tuai Kritik Komunitas Sikh!

2 menit
Hijab turban
Gucci Rilis Hijab Turban Seharga Rp 11 Juta, Tuai Kritik Komunitas Sikh!, (Ilustrasi/Shutterstock).

Hijab turban udah menjadi salah satu aksesoris wajib bagi kebanyakan fashionista! Nah, belum lama ini rumah mode Gucci mengeluarkan hijab turban seharga Rp 11 juta. Namun, aksesoris penutup kepala ini menuai kritikan dari komunitas Sikh di New York. 

Siapa yang gak menyukai aksesoris fesyen yang satu ini, ya turban. Hijab turban kini banyak digemari oleh orang-orang di zaman modern. Baik perempuan maupun pria gemar menggunakan turban buat keseharian atau hanya emang pengin terlihat stylish.

Belum lama ini rumah mode asal Italia, Gucci merilis model turban yang tentunya diperagakan oleh model pria berkulit putih di Milan Fashion Week. Turban yang dijual US$ 780 atau setara dengan Rp 11 juta ini menuai kritikan dari komunitas Sikh.

Kicauan dan cibiran sinis menghujani rumah mode Gucci. Turban yang memiliki warna dasar biru langit yang cerah itu menuai kritikan. Bukan lantaran harganya yang mahal, melainkan turban keluaran Gucci ini menghilangkan nilai maupun makna si turban ini sendiri.

Seperti dikutip dari Kompas.com, Jumat, (17/5/2019), hijab turban keluaran Gucci ini mendapatkan kritikan lantaran mengabaikan nilai religiusitasnya bagi komunitas Sikh di Negeri Paman Sam.

“Turban Sikh bukanlah sebuah tren aksesoris, melainkan simbol sakral dari praktik Sikh,” cuit akun Twitter @sikh_coalition, yang gak lain merupakan koalisi komunitas Sikh berbasis di New York, Amerika Serikat.

“Kami harap ada pengakuan lebih lanjut tentang kritik ini,” tambahnya.

Penutup kepala alias turban keluaran Gucci ini disebut “Indy Full Turban” ternyata banyak penggemarnya. Turban didominasi warna biru langit ini menjadi salah satu aksesoris fesyen yang cukup laris lho bahkan udah terjual habis di situs Nordstom.

Baca juga: Biasa Dikoleksi Artis! Ini 5 Jenis Barang Mewah yang Diincar Orang buat Investasi

Hijab turban Gucci seharga Rp 11,5 juta tuai kritikan komunitas Sikh

hijab turban
Gucci Turban yang sempat menuai kritikan pedas dari komunitas Sikh di New York, Amerika Serikat, (independent.co.uk).

Jejak digital harga turban ini pun menghilang, namun beberapa gambar tertangkap di dunia maya kalau aksesoris keluaran Gucci ini emang dijual seharga US$ 790 atau setara dengan Rp 11,5 juta.

Kritikan ini mencuat usai Gucci meragakan koleksi turbannya di atas panggung Milan Fashion Week. Sebelumnya merek yang sama juga sempat menuai kontroversial dengan model sweater yang mereka rilis pada Februari lalu. 

Pihak Gucci akhirnya mau gak mau meminta maaf dan menarik kembali sweter balaclava. Sweter balaclava dengan model berleher tinggi serta celah terbuka pada bagian bibir dan dihiasi dengan printed bibir besar berwarna merah.

Blaclava berasal dari kata Blackface yang gak lain merupakan riasan wajah yang dipakai oleh orang-orang yang bukan kulit hitam agar terlihat seperti orang kulit hitam.

Sweater keluaran Gucci itu dijual dengan harga ritel sekitar US$ 890 atau setara dengan Rp 12,8 juta per potongnya. Nah, itu dia secuil rapot merah bagi rumah mode Gucci yang mengeluarkan hijab turban. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi ini perlahan mulai menyukai dan mempelajari dunia finansial, keuangan dan bisnis di era digital saat ini.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan