4 Tips Jitu untuk Menghilangkan Stres Gara-gara Kebanyakan Kerja

3 menit
Stres kerja
4 Tips Jitu untuk Menghilangkan Stres Gara-gara Kebanyakan Kerja, (Ilustrasi/Shutterstock).

Stres kerja wajar dialami mereka yang setiap hari berkutat dengan tugas-tugas kantor. Belum selesai yang satu, udah dapat tugas lagi, mau istirahat, tapi ditagih laporan sama atasan, bisa stres pikiran. 

Stres bisa merambat ke berbagai aspek, gak cuma soal pekerjaan, tetapi juga ke kehidupan pribadimu, sampai kesehatan. Orang yang stres biasanya cenderung jadi lebih murah marah, sulit bergaul, dan sakit-sakitan, maka dari itu penting banget nih buat kamu menyeimbangkan antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi. 

Stres kerja adalah hal yang normal, setiap pekerja pasti pernah mengalaminya. Namun, gak banyak yang bisa menghindarinya atau mengatasinya. Berikut ini tips jitunya dikutip dari Work It Daily.

Baca juga: Bingung Kembangkan Karier di Perusahaan Ternama Atau Startup, 5 Hal Ini Bisa Meyakinkanmu

1. Atur jadwal untuk keseimbangan kerja dan kehidupan pribadi agar terhindar stres kerja

stres kerja
Menjaga keseimbangan dalam kehidupan dengan pekerjaan itu sangat penting lho bagi kamu karyawan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Jika waktu untuk bekerja dan kehidupan pribadi tidak seimbang, kecenderungan mengalami stres kerja bakal lebih besar. Kamu harus komitmen terhadap jadwal, caranya dengan membuat kalkulasi kira-kira berapa jam bisa menyelesaikan tugas-tugas kantor. Hitung sekalian dengan kemungkinan-kemungkinan lemburnya. 

Setelah itu, kamu juga bisa menetapkan jadwal untuk keluarga atau teman-teman di malam harinya termasuk akhir pekan. 

Buatlah hal-hal yang harus dilakukan setiap hari, dan estimasikan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya. Jangan lupa siapkan waktu 6-8 jam per hari untuk tidur malam. 

Baca juga: Agar Karyawan Betah di Perusahaan, Ini 6 Cara Mengapresiasi Kerja Pegawai Kantor yang Tepat!

2. Jangan memforsir kerjaan 

stres kerja
Terlalu bekerja keras juga gak baik lho buat produktivitas mu di kantor, (Ilustrasi/Shutterstock).

Jangan cuma gara-gara pengin dapat penilaian bagus kamu kerja lebih dari 8 jam. Bekerja melebihi waktu yang telah ditentukan bukan artinya kamu bisa menyelesaikan lebih banyak tugas, justru sebaliknya, energimu bakal lebih terkuras dan produktivitas berkurang. 

Bahayanya, waktu malam harimu bakal terganggu, kurang tidur, energi gak kekumpul dengan maksimal besoknya. Jadi bekerjalah sewajarnya! 

Baca juga: 5 Kesalahan Bos yang Bikin Karyawan Pengin Resign Secepatnya

3. Datang ke kantor lebih awal 

stres kerja
Menikmati secangkir kopi atau teh hangat saat datang lebih awal di kantor juga baik lho buat menghindarkan stres, (Ilustrasi/Shutterstock).

Datang ke kantor lebih awal bisa mengurangi kemungkinan mengalami stres kerja. Meskipun cuma 15 menit sebelum jam kerja, waktu tersebut berharga untuk mempersiapkan segalanya.

Pekerjaan pun bisa dimulai tanpa tergesa-gesa dan penuh persiapan. Bahkan kamu masih bisa ngopi-ngopi cantik dulu biar semangat kerja semakin terpacu. 

Kalau datang telat, pertama kamu bakalan panik diomelin atasan, kedua kamu juga telat ngerjain tugas, belum lagi kalau ada agenda dadakan dan waktunya mepet. 

4. Atur waktu untuk istirahat 

stres kerja
Coba deh sesekali mengambil waktu istirahat, (Ilustrasi/Shutterstock).

Seharian full kerja menatap komputer tentu bakal bikin mata pedih dan pikiran jenuh, lama-lama bisa mengalami stres kerja deh. Biar tetap fit dan pikiran fresh, atur waktu untuk istirahat, misal jalan-jalan ke luar kantor, ngobrol dengan rekan kerja. 

Usahakan saat makan siang, beli makanan sendiri ke luar kantor. Biar kamu bisa menghirup udara di luar, gak seharian hirup AC terus. 

Selain itu, dengan berjalan kaki badan kamu juga jadi lebih fit. Karena kelamaan duduk di meja kerja bisa terkena risiko kegemukan. 

Itulah beberapa tips jitu untuk menghilangkan stres kerja. Intinya jangan sampai mengalami stres berlarut-larut. Bisa-bisa pekerjaanmu dan kehidupan pribadimu menjadi berantakan. Kalau mau cara yang lebih ampuh lagi buat menghilangkan stres, pergi liburan di akhir pekan! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.