Orang Kaya Mah Bebas! Ini 5 Hobi Anti-Mainstream yang Sering Dilakukan Miliarder

4 menit
Hobi anti-mainstream para miliarder. (Shutterstock)
Hobi anti-mainstream para miliarder. (Shutterstock)

Menjadi miliarder tentu impian sebagian besar orang di dunia ini. Gak hanya bisa masuk dalam daftar Forbes sebagai orang terkaya, mereka juga sudah pasti terkenal dan menjadi inspirasi banyak orang.

Coba ya hari gini siapa yang gak kenal dengan sosok Jeff Bezos? Orang terkaya di dunia ini punya harta kekayaan sebanyak US$ 138,1 miliar yang kalau dirupiahkan mencapai Rp 1.969 triliun. Itu semua berkat kesuksesannya membangun Amazon.

Dengan uang sebanyak itu, kamu juga bisa melakukan dan membeli apapun yang kamu inginkan. Contohnya, orang kaya Austria bernama Richard Lugner yang menurut celebritynetworth memiliki kekayaan hingga US$ 200 juta atau sekitar Rp 2,85 triliun. Pada tahun 2014, pria berusia 86 tahun ini pernah membayar para selebriti terkenal untuk berkencan dengannya.

Salah satunya adalah sosialita Kim Kardashian yang dibayar sebesar US$ 500 ribu atau Rp 7,1 miliar untuk menjadi teman kencannya. Ya, Kim diminta menemaninya hadir di acara Vienna Opera Ball pada Februari 2014. Hmm, membuang miliaran rupiah cuma buat cari teman jalan ke pesta? Langka banget kan kebiasaan kayak gitu?

Nah, kali ini MoneySmart.id ingin membagikan beberapa informasi perihal hobi gak biasa yang kerap dilakukan para miliarder. Apa aja? Berikut lima di antaranya:

Baca juga: Ini 8 Orang Kaya Indonesia yang Punya Jam Tangan Mewah Miliaran Rupiah

1. Beramal

miliarder
Uang banyak, sebagian buat amal lah. (Shutterstock)

Meskipun menyandang status miliarder dengan total kekayaan bernilai fantastis. Nyatanya, mereka ternyata juga senang berdonasi lho. Bahkan beberapa di antara mereka ada yang sampai mendirikan rumah amal sendiri.

Alasan di balik hobi yang positif ini pun beragam, mulai dari terinspirasi, empati hingga ada juga yang dijadikan sebagai ajang saling pamer kekayaan.

Namun, terlepas dari itu semua tetap aja perilaku dermawan yang mereka lakukan itu sangat berguna untuk orang-orang yang membutuhkan. Pasalnya, mereka kerap menggelontorkan uang yang sangat besar lho untuk donasi.

Salah satunya, Warren Buffett yang disebut-sebut telah mendonasikan 83 persen kekayaannya di Bill & Melinda Gates Foundation. Luar biasa ya?

Baca juga: Lebih dari Rp 18 Miliar, Ini Koleksi Mobil Aston Martin Cucu Mantan Presiden Soekarno

2. Mengoleksi serangga

miliarder
Koleksi serangga aja. (Shutterstock)

Orang kaya mah bebas, mungkin itu kalimat yang tepat untuk menggambarkan hobi dari miliarder mendiang David Rockefeller yang diketahui suka mengoleksi serangga.

Pria yang sebelum meninggal pada tahun 2017 ini diketahui memiliki total kekayaan mencapai US$ 3,3 miliar atau setara dengan Rp 47 triliun ini diketahui sangat terobsesi dengan serangga, khususnya kumbang.

Pria yang meninggal di usia 101 tahun ini bahkan rela menggelontorkan uang hingga jutaan dolar untuk mengembangbiakkan kumbang-kumbangnya.

Meskipun terbilang memiliki hobi yang bisa dibilang aneh, tapi Rockefeller merupakan salah satu orang kaya yang dermawan. Pasalnya, ia diketahui telah menyumbangkan sebagian kekayaannya untuk sebuah museum seni dan artefak.

Baca juga: Banyak Mobil dan Motor Mewahnya! Ini Rumah Anggota DPR dari Tanjung Priok

3. Menerbangkan jet pribadi

miliarder
Kalau punya pesawat sendiri, boleh dong pilotin sendiri? (Shutterstock)

Miliarder punya jet pribadi? Tentu sudah jadi hal yang biasa. Tapi gimana jika mereka kerap menghabiskan waktunya untuk menerbangkan jet pribadinya sendiri?

Beberapa orang terkaya di dunia diketahui senang jika bisa bepergian sembari memiloti pesawatnya sendiri. Namun, mereka tentu saja harus memiliki Private Pilot License (PPL).

Jika sudah memiliki izin menerbangkan pesawat, gak cuma jet pribadi, mereka juga bisa mengendarai pesawat model klasik seperti Cessna 172 Skyhawk.

4. Bersantai di akhir pekan

miliarder
Santai setelah seminggu kerja keras. (Shutterstock)

Bersantai di akhir pekan apa yang spesial? Tapi bagi para miliarder dengan segudang aktivitas yang sangat padat, bersantai di akhir pekan tentu menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan.

Salah satunya adalah Bill Gates yang ternyata sangat senang melihat sang putri berkuda. Gak cuma itu aja, Gates juga sering melakukan aktivitas jadul seperti membaca buku.

Pasalnya, orang terkaya nomor dua di dunia ini mengaku kalau selama dua puluh tahun lebih, ia hanya menghabiskan hari-harinya di kantor termasuk saat weekend.

5. Liburan ke luar angkasa

miliarder
Liburan ke luar angkasa. (Shutterstock)

Anti mainstream, para orang kaya kini mulai menggandrungi liburan ke luar angkasa. Padahal untuk dapat menikmati wisata gak biasa ini, kamu harus merogoh kocek hingga US$ 250 ribu atau setara dengan Rp 3,5 miliar lho.

Namun, jumlah sebesar itu tentu tidak ada apa-apanya untuk para orang kaya di dunia. Salah satu miliarder yang pernah merasakan berwisata ke luar angkasa adalah Dennis Tito.

Pengusaha asal Amerika Serikat yang diketahui memiliki kekayaan hingga US$ 71 miliar atau sekitar Rp 1.012 triliun ini harus mengeluarkan uang sebesar US$ 20 juta atau Rp 285 miliar untuk dapat terbang ke angkasa menggunakan Soyuz TM-32 milik Space Adventures selama tujuh hari pada 28 April 2001 silam.

Dalam waktu dekat, seorang pengusaha kaya asal Jepang, Yusaku Maezawa juga bakal terbang ke bulan. Dia mengikuti sebuah proyek yang sedang digarap SpaceX, perusahaan milik bos Tesla, Elon Musk.

Itu dia lima hobi gak biasa yang dilakukan oleh para orang kaya untuk menyenangkan hatinya meskipun harus mengeluarkan uang dengan nilai super fantastis. Kalau kamu jadi miliarder, ingin meniru hobi mereka? (Editor: Ruben Setiawan)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.