Honda All New CR-V 2017 Terlaris di IIMS Lho! Ini Minimal Gaji Kalau Mau Beli Lewat Kredit

4 menit
honda all new cr-v

Mobil SUV Honda All New CR-V berhasil jadi primadona di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 kemarin dan tercatat menjadi mobil Honda terlaris dengan penjualan sebanyak 1.060 unit. Jumlah itu diklaim menyumbang 30 persen dari total penjualan Honda Prospect Motor lho.

Buat kamu yang tertarik mau beli, jangan buru-buru. Cek dulu kondisi keuangan. Apakah masih memungkinkan? Memang, ada kredit kendaraan yang bisa membantumu membawa pulang Honda CR-V baru ini. Tapi apa kamu sanggup bayar cicilan bulanannya?

Nah, sebelum mengetahui batas minimal gaji buat bayar cicilan mobil ciamik ini, pastikan dulu kalo fitur-fitur dan spesifikasi CR-V terbaru ini sesuai dengan keinginan dan kebutuhanmu. Coba disimak dulu ulasannya ya.

1. Desain lebih mewah dan kapasitas lebih banyak

Sejak diperkenalkan pada 1995 silam, Honda CR-V memang kerap jadi mobil SUV andalan. Untuk varian terbarunya, mobil ini menawarkan desain yang lebih mewah, dan cocok juga buat jadi mobil keluarga karena bisa memuat tujuh orang penumpang.

Honda All New CR-V
Gimana guys? Keren kan? (Honda All New CR-V/Carvaganza)

Kemewahannya makin terlihat jelas dengan adanya Power Panoramic Roof dan desain lampu depan Full LED yang dilengkapi dengan Daytime Running Light (DRL). Foglight-nya juga menggunakan LED, sementara itu lampu bagian belakang juga dikombinasikan dengan LED light bar.

Tailgate spoiler dan dual exhaust pipe + finisher juga yang menambah kesan garang dan gagah pada Honda All New CR-V 2017 ini. Velgnya yang berukuran 18 inci pun memiliki desain agresif.

2. Ruang kabin makin nyaman

Ruang kabin Honda All New CR-V 2017 diklaim makin nyaman karena sudah dilengkapi dengan audio video dengan head unit layar sentuh lho. Jadi, sudah bisa terkoneksi dengan Apple Carplay dan Android Auto.

Honda All New CR-V
Begini nih interiornya, interior gelap kesannya lebih sporty ya (interior CR-V/Youtube-LD Auto)

Mobil ini juga memiliki wheelbase yang lebih panjang ketimbang pendahulunya. Dengan jarak sumbu roda yang panjang, kabin pun makin lega. Ruang kaki di jok bertambah kurang lebih 5 cm. Bila jok belakang dilipat, maka bagasinya bertambah 22 cm.

3. Fitur-fitur canggih

Tuas transmisi Honda All New CR-V 2017 ada di bagian bawah dashboard. Selain itu ada pula fitur telescopic steering, ECO assist yang membantumu berkendara dengan ramah lingkungan, electric parking brake, keyless entry, auto brake hold, hill start assist, dan lainnya.

Selain bisa membantumu berkendara dengan irit bensin, fitur-fitur tersebut tentu berguna untuk menunjang keamanan.

4. Mesin lebih irit dan bertenaga

Nah, salah satu kejutan di Honda All New CR-V 2017 ini adalah munculnya tiga varian baru. Dua di antaranya memiliki mesin berkapasitas 1.5 liter dan ada turbonya juga. Dan Indonesia merupakan negara pertama di ASEAN yang memasarkan mobil ini.

Honda All New CR-V
Sudah irit, bertenaga pula. Makin seru berkendara nih pastinya (mesin CR-V/Tempo)

Sejatinya, mesin 1.5L turbo, 4 silinder segaris, DOHC, VTEC adalah mesin yang sama dengan Honda Civic. Bayangin, seberapa kencang Honda Civic bisa melesat. Tenaga yang sebesar 190 Ps dan torsi 240 Nm ini bisa kamu rasakan di Honda All New CR-V.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, selain lebih bertenaga, Honda All New CR-V 2017 ini juga lebih irit dari pendahulunya yang punya mesin 2.4 liter. Meski demikian, ada juga kok Honda All New CR-V varian 2.0 liter, 4 silinder segaris, SOHC VTEC. Tenaga dan torsinya adalah 154 Ps dan 189 Nm.

Mesin Honda All New CR-V menggunakan teknologi Earth Dreams. Teknologi ini yang membuat perpindahan gigi makin halus dan membuat konsumsi bahan bakarnya jadi lebih irit.

HITUNG-HITUNG CICILAN HONDA ALL NEW CR-V 2017

Kalau sudah tahu fitur dan spesifikasinya, baru deh kamu bisa memutuskan untuk membeli varian Honda CR-V terbaru ini. Untuk harga OTR, setiap varian Honda All New CR-V jelas beda.

Varian 2.0L dijual dengan harga Rp 432 juta, sementara itu yang 1.5L Turbo Rp 466 juta, dan yang 1.5L Turbo Prestige seharga Rp 506 juta. Kalau diperhatikan, yang paling murah justru yang kapasitas mesinnya paling besar. Tapi tenaga dan torsinya masih kalah sama varian turbo.

Nah, bila kamu berniat untuk membawa pulang Honda All New CR-V 2017, DP (uang muka) yang harus kamu bayar setidaknya adalah 20 persen, sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia No. 18/ 16/ PBI/ 2016 tentang Rasio Loan to Value untuk Kredit Properti, Rasio Financing to Value untuk Pembiayaan Properti, dan Uang Muka untuk Kredit atau Pembiayaan Kendaraan Bermotor.

Kita ambil contoh kamu mengajukan kredit kendaraan bermotor di Mandiri Tunas Finance dengan tenor paling panjang, yakni 60 bulan. Adapun, varian CR-V yang ingin kamu beli adalah varian termurah, yakni 2.0L seharga Rp 432 juta. Artinya, minimal kamu udah siap DP Rp 86,4 juta di tangan.

Harga mobil: Rp 432 juta

Uang muka: 20% x 432 juta = Rp 86,4 juta

Jumlah pinjaman: Rp 345.600.000

Mandiri Tunas Finance memberlakukan suku bunga flat 6,19 persen per tahun. Maka, dengan tenor 60 bulan, perhitungan cicilan per bulan adalah sebagai berikut:

Honda All New CRVBerdasarkan simulasi perhitungan di atas, maka cicilan kredit CR-V 2.0L adalah Rp 7.542.720 per bulan.

Idealnya, jumlah utangmu tidak boleh melebihi 30 persen gaji. Oleh karena itu, minimal gaji yang aman untuk mengambil kredit mobil CR-V ini adalah Rp 25.117.257 atau dibulatkan menjadi Rp 25 juta.

Nah, kalau gaji kamu udah mencapai jumlah di atas, aman deh kalau mau beli CR-V 2.0L dengan kredit kendaraan. Kalau belum, pikir-pikir lagi deh.

Biaya membeli mobil baru melalui kredit itu gak berhenti cuma di pembayaran cicilan tiap bulan lho. Masih ada biaya perawatan, asuransi mobil, pajak kendaraan, dan lain-lain. Kalau memang belum sanggup, sebaiknya gak usah ngoyo.

Kamu bisa nabung dulu untuk mengumpulkan DP yang lebih besar atau memilih mobil lain yang sesuai dengan kondisi kantong. Kalau memaksakan, nanti yang ada keuanganmu malah berantakan. Memangnya kebutuhanmu cuma mobil aja? Masih ada keperluan lain yang lebih mendesak, kan?

Tapi kalau kemampuan finansial sudah cukup, silakan ke showroom mobil dan memboyong Honda All New CR-V ini. Selamat ya!

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Sebelum Memutuskan Beli Mobil Baru, Simak Dulu 4 Hal Berikut Ini]

[Baca: Pengin Kredit Mobil tapi Asuransinya Pilih Paket atau Cari Sendiri Ya?]

[Baca: Gaji di Bawah Dua Digit Jangan Jiper Mau Kredit Mobil, Coba Cara Ini Nih]

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan