11.11, Pesta Diskon Belanja Khusus Para Jomblo

2 menit
Shutterstock
Shutterstock

Tanggal 11 November diperingati sebagai hari belanja online para jomblo. Mungkin belum banyak yang tahu jika pesta belanja online jomblo, atau yang dikenal sebagai Singles Day pertama kali dipopulerkan oleh raksasa e-commerce Tiongkok, Alibaba.

Pencetus hari belanja jomblo awalnya adalah Daniel Zhang, pria yang ditunjuk menjadi Chairman Alibaba, saat Jack Ma pensiun tahun depan. Filosofi 11 November diperingati sebagai hari jomblo ternyata karena penulisan tanggalnya (11.11) penuh dengan angka 1 yang diartikan sebagai kesendirian lho.

Menariknya, menurut survei Picodi yang dilakukan terhadap 1000 responden menemukan bahwa yang antusias belanja pada hari itu memang statusnya jomblo. Percaya atau nggak, bahkan 49% diantaranya masih pacaran, dan lebih mengejutkan lagi 51% sisanya adalah lajang.

Dari China, popularitas hari belanja jomblo dengan cepat menyebar ke kawasan Asia. Mencengangkannya, di Indonesia rata-rata belanja masyarakat naik 922% dibanding hari biasanya. Picodi mencatat, rata-rata konsumen membelanjakan Rp 1,175 juta pada hari tersebut.

Konsumen bahkan tak hanya berbelanja secara online, tetapi juga offline. Porsinya, secara online 51%, offline 16%, dan omnichannel 32%.

Sebanyak 68% konsumen membeli produk untuk dirinya sendiri. Lalu 19% konsumen membeli produk untuk dirinya dan orang lain. Sisanya, 13% membeli produk untuk orang lain. “Survei juga menunjukkan bahwa dua dari tiga peserta adalah laki-laki,” demikian seperti dikutip dari katadata.co.id.

Konsumen cowok umumnya membeli pakaian, elektronik, makanan dan buku. Sementara cewek membeli pakaian, kosmetik dan parfum. “Rata-rata orang Indonesia membeli 4 produk selama festival belanja Single’s Day,” demikian dikutip.

Digagas Alibaba 10 Tahun Lalu

Shutterstock
Alibaba Group (Shutterstock)

Bagi Daniel sang penggagas, Singles Day tak hanya Ia jadikan sekadar tradisi di China untuk merayakan kesendirian. Ia justru melihat perayaan para jomblo tersebut sebagai pasar besar dalam menggerakkan perdagangan dan industri digital.

Karena itu, sepuluh tahun lalu dia mulai membuat konsep 11.11. Singles Day yang awalnya dirayakan oleh para mahasiswa jomblo di Universitas Nanjing, China. Hingga akhirnya kini diubah menjadi acara belanja online terbesar tahunan di negeri Tirai Bambu dan bahkan  sudah mendunia.

Sederhana, namun visioner, dirinya menggiring kebiasaan para jomblo yang seringnya menghabiskan waktu berkaraoke, atau makan, dengan memborong kado bagi diri sendiri melalui platform online Tmall.

Bahkan pada tahun ini, Alibaba Group merencanakan 11.11 Global Shopping Festival yang lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya. Hal itu seiring dengan pengguna internet di China yang meningkat menjadi 802 juta dalam 10 tahun terakhir, dan 98 persen di antaranya mengakses internet melalui telepon genggam. 

Di sejumlah negara, seperti Indonesia, Alibaba menggelar pesta diskon ini melalui Lazada. Ada 60 ribu merek internasional yang diperjual-belikan. Jadi buat kamu yang jomblo tidak usah bersedih, besok waktunya kalian berpesta dengan belanja sepuasnya.

Ayyi Hidayah
Ayyi Hidayah

Pecinta film yang senang berinvestasi. Menulis merupakan passion, menjadi perencana investasi merupakan panggilan hati