Menginap Gratis Sebulan di Hotel Tua dan Mewah di Singapura, Begini Caranya!

3 menit
raffles hotel di singapura
Raffles Hotel Singapura. (Shutterstock)

Menentukan penginapan atau hotel sebagai tempat persinggahan di Singapura gak mudah. Ada yang murah, tapi kondisinya jauh dari ekspektasi. Sebaliknya, ada juga yang bagus banget, tapi harganya gak masuk ke budget. 

Nah buat kamu yang mau liburan ke Negeri Singa, ada penawaran menarik nih dari Hotel Raffles. Hotel bintang lima yang terletak di pusat Singapura ini tergolong hotel mewah nan klasik. 

Arsitektur luar maupun dalamnya tergolong sangat tradisional khas gedung-gedung di Eropa abad ke-19. Maklum saja, Raffles Singapura pertama kali beroperasi tahun 1887. Jadi sudah lebih dari 100 tahun atau tepatnya 132 tahun! 

Hotel ini baru saja dibuka kembali setelah direnovasi sejak tahun 2017 sampai 2019 ini. Memperingati dibukanya kembali, Raffles Hotel kemudian memberikan kesempatan kepada dua orang berlatar belakang apa saja untuk menginap gratis selama sebulan!

Wah bagaimana caranya dan seperti apa kemewahan hotel di Singapura yang satu ini? Simak ulasannya berikut ini. 

Baca juga: Jadi Raja dan Ratu Semalam, Ini Hotel Bintang 7 Terbaik di Dunia Seharga Ratusan Juta

Hotel dibangun untuk mengenang Thomas Stamford Raffles 

raffles hotel di singapura
Dibangun untuk mengenang Thomas Stamford Raffles. (Instagram/@raffleshotelsingapura)

Hotel ini bukan cuma sekadar tempat menginap saja, melainkan sebagai cagar budaya Singapura. Diberi nama Raffles Hotel karena memang untuk mengenang pelaut asal Inggris yang paling disegani di wilayah Selat Malaka saat itu Thomas Stamford Raffles. 

Pertama kali menginjakkan kaki pada tahun 1819, Raffles kemudian mulai menata Singapura menjadi sebuah daerah pelabuhan yang maju. Tempat ini lantas menjadi titik pertemuan yang strategis antara pedagang dari Eropa, India, Arab, dan China. 

Baca juga: Segini Harta Ahli Waris Keluarga Pengelola Hotel Hilton dan Rothschild

Mengalami dua kali renovasi 

raffles hotel di singapura
Dua kali direnovasi. (Instagram/@raffleshotelsingapura)

Hotel di Singapura ini sudah menjalani dua kali renovasi besar-besaran. Yang pertama dilakukan pada tahun 1989 sampai tahun 1991. Tiga tahun renovasi itu menghasilkan karya baru di dalam lingkungan Raffles, yaitu Hotel Museum yang berisikan tentang sejarah pembentukan hotel tersebut, dan Jubilee Hall. 

Kemudian renovasi kedua dilakukan pada pertengahan tahun 2017 silam. Beberapa spot yang dipercantik adalah di bagian F&B, sejumlah kamar, dan juga Bar. 

Selama proses renovasi kedua ini operasional hotel ditutup sepenuhnya. Operasionalnya dibuka kembali pada tanggal 1 Agustus 2019 kemarin. 

Baca juga: Bukan di Jepang! 3 Hotel Ini Tawarkan Sensasi Menginap Khas Negeri Sakura

Gaya arsitektur seperti bangunan Eropa abad 19

raffles hotel di singapura
Arsitekturnya khas gaya Eropa abad 19. (Instagram/@raffleshotelsingapura)

Maklum saja, karena dibangun di masa kolonialisme Inggris, jadi arsitektur Raffles Hotel mengusung gaya neo-Renaissance. Bangunan dipenuhi dengan banyak jendela-jendela bermaterial kayu jati kualitas tinggi. 

Pewarnaan bangunan juga menggunakan warna putih yang sangat identik dengan gedung-gedung era penjajahan dulu. Sekilas sih desain khas Eropa-nya sama dengan bangunan kuno di Indonesia seperti Lawang Sewu atau Museum Fatahillah. 

Interiornya mewah dengan furnitur klasik

raffles hotel di singapura
Interior kamar di hotel Raffles. (Instagram/@raffleshotelsingapura)

Ketika masuk ke dalam, kamu bakal disuguhi interior klasik nan mewah. Nuansa klasik bisa dilihat dari pemilihan material lantainya yang menggunakan kayu jati berkualitas. 

Nuansa tersebut kian lengkap dengan tambahan furniturnya yang antik seperti kursi kayu, ranjang kasur yang juga terbuat dari kayu, sampai kipas angin putar yang menggantung di atap. Tapi tenang saja, perabotan-perabotan modern juga ada kok, kayak AC, microwave, pemanas air, mesin espresso dan lain-lain. 

Raffles Hotel kasih kesempatan dua orang untuk menginap gratis selama sebulan! 

raffles hotel di singapura
Kafe di Hotel Raffles. (Instagram/@raffleshotelsingapura)

Dalam rangka selesainya proses renovasi, hotel di Singapura yang sudah berdiri sejak tahun 1887 ini memberikan kesempatan menarik untuk dua orang yang beruntung. Mereka yang beruntung berhak untuk menginap dan menikmati seluruh fasilitas yang ada di hotel selama satu bulan secara gratis! 

Tapi kalian bakal diminta untuk menuliskan pengalaman-pengalaman menarik selama menginap di hotel ini sebagus mungkin. Tuliskan segala kegiatan yang kamu lakukan termasuk penilaian apik tentang hotel selama 4 minggu kamu tinggal di sana. 

Persyaratannya, kamu harus berusia di atas 18 tahun dan tidak harus seorang penulis profesional. Kemudian, kirimkan rancangan tulisan apa yang mau kamu bikin selama 4 minggu menginap di sana. 

Juri yang memberikan penilaian berasal dari pihak manajemen hotel dan juga penulis-penulis profesional. 

Sekadar informasi, harga menginap di Raffles Hotel di Singapura ini tergolong mahal banget. Per malamnya saja US$ 667 atau Rp 9,4 jutaan. Coba kalau dikalikan 30 hari, jadi US$ 20 ribu atau Rp 283 jutaan! (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.