10 Hotel Murah di Jogja Dekat Malioboro Ada yang Rp 100 Ribuan per Malam!

6 menit
hotel murah di Jogja dekat malioboro
10 Hotel Murah di Jogja Dekat Malioboro Ada yang Rp 100 Ribuan per Malam!, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ada banyak pilihan hotel murah di Jogja dekat Malioboro. Maklum saja karena area Malioboro merupakan kawasan wisata andalan di Kota Pelajar, maka gak heran kalau banyak wisatawan memilih hotel dekat area tersebut.

Di sana, kamu bisa berjalan-jalan melihat pusat Jogja, membeli oleh-oleh khas, sampai menikmati santapan kaki lima. Rasanya, kurang afdol kalau kamu ke Jogja tapi gak mampir ke Malioboro. 

Soal penginapan, ada beragam hotel, hostel, atau homestay yang bisa kamu pilih. Harganya juga bervariasi, mulai dari yang murah sampai berbintang lima. Tapi, buat kamu yang pengin liburan hemat, memilih penginapan murah adalah pilihan tepat. 

Daripada buang uang mahal-mahal untuk numpang tidur saja, mending dialokasikan buat mengunjungi tempat wisata yang menarik. 

Berikut ini, rekomendasi hotel murah di Jogja dekat Malioboro yang dijamin gak bikin kantongmu jebol! 

Baca juga: Jadi Raja dan Ratu Semalam, Ini Hotel Bintang 7 Terbaik di Dunia Seharga Ratusan Juta

1. Hotel murah di Jogja dekat Malioboro Fave Hotel Jogja – Rp 370 ribuan

hotel murah di Jogja dekat malioboro
Begini desain kamar Fave Hotel di Jogja, (Instagram).

Hotel murah di Jogja dekat Malioboro yang pertama adalah Fave Hotel Jogja. Hotel ini terletak di Jalan I Dewa Nyoman Oka No.30 Kotabaru atau sekitar 1 kilometer dari Kawasan Malioboro. Jika kamu menempuh dengan berjalan kaki, paling sekitar 10 menit sampai.

Fasilitasnya gak perlu diragukan lagi, ada resepsionis siap sedia selama 24 jam, layanan WiFi gratis, sampai fasilitas spa. 

Dilihat di Traveloka, hotel ini memiliki dua tipe kamar, ada yang standar dan deluxe. Untuk tipe standar per malamnya mulai dari Rp 370 ribuan, sementara deluxe dikenakan biaya Rp 500 ribuan saja! 

Cocok banget buat kamu yang pengin liburan hemat, tapi tetap mementingkan kualitas penginapan. 

Baca juga: 3 Hotel Indonesia Ini Masuk Jajaran 100 Hotel Terbaik di Dunia

2. Pop Hotel Jogja – Rp 330 ribuan

hotel murah di Jogja dekat malioboro
Pop Hotel dengan desain kamarnya yang khas banget bisa jadi pilihan kamu, (Pophotel).

Lagi jalan-jalan sendiri, bersama keluarga, atau serombongan dengan teman-teman Pop Hotel pilihan tepatnya. Hotel ini sering banget jadi langganan rombongan study tour dari luar kota. Maklum saja, karena harganya murah dan letaknya yang strategis dekat Malioboro. 

Lokasi tepatnya ada di Jalan Gandekan Lor No. 92, Malioboro, Jogja. Selain dekat dengan Malioboro, hotel ini juga dekat sama Stasiun Tugu. Buat kamu yang melancong naik kereta sih strategis banget lokasinya. 

Harga per malamnya, mulai dari Rp 330 ribuan – Rp 500 ribuan. Meski murah, fasilitas di dalamnya sudah lengkap kok, ada AC, TV, dan WiFi. 

Baca juga: Yogyakarta hingga Bali, Ini 5 Destinasi Liburan di Indonesia Jadi Favorit Seleb Dunia!

3. The Cabin Hotel Jogja – Rp 112 ribuan

hotel murah di Jogja dekat malioboro
Cabin Hotel bisa jadi pilihan kamu buat menginap di Jogja, (Instagram).

The Cabin Hotel merupakan salah satu penginapan murah di Jogja dekat Malioboro untuk backpacker. Buat kamu yang lagi melancong sendirian, hotel ini kayaknya tepat banget deh. 

Kamar-kamarnya di sini gak kayak hotel pada umumnya, karena lebih berukuran kecil. Namun, di dalamnya sudah ada fasilitas yang memadai, seperti TV, WiFi, dan AC. 

Harga per malamnya sangat terjangkau, mulai dari Rp 112 ribuan sampai Rp 220 ribuan! Murah bangetkan? Apalagi tempatnya sangat strategis, dekat dengan Malioboro, Stasiun Tugu, dan pusat oleh-oleh bakpia. 

Hotel murah di Jogja dekat Malioboro ini letak pastinya ada di Jalan Gandekan Lor No. 2, Malioboro. 

4. The Capsule Malioboro – Rp 114 ribuan

hotel murah di Jogja dekat malioboro
Hotel dengan desain kapsul ini bisa jadi pilihan kamu saat liburan ke Jogja, (Instagram).

Kalau kamu seorang diri dan mencari hotel kapsul Malioboro, The Capsule Malioboro jawabannya. Letaknya ada di Jalan Sosrowijayan, Sosromenduran, Malioboro. 

Sama kayak hotel kapsul pada umumnya, hotel ini terdiri dari kapsul-kapsul yang di dalamnya telah tersedia kasur untuk tidur. Tapi di dalamnya sudah ada fasilitas hiburan seperti TV dan juga headphone yang bisa kamu gunakan. 

Jika ingin menginap di sini, kamu cuma perlu merogoh kocek mulai dari Rp 114 ribuan sampai Rp 120 ribuan. Pesan menggunakan aplikasi travel seperti Traveloka untuk mendapatkan harga yang lebih murah. 

Jangan khawatir, pihak hotel menyediakan loker untuk menyimpan barang-barang bawaan kamu. 

5. Wake Up Homestay, homestay murah di Malioboro – Rp 100 ribuan

hotel murah di Jogja dekat malioboro
Wake Up Homestay, homestay murah di Malioboro – Rp 100 ribuan, (Instagram).

Satu lagi hotel dekat malioboro yang bisa kamu jadikan pilihan untuk tempat menginap di Wake Up Homestay. Letaknya sangat strategis, cuma sekitar 300 meter dari Stasiun Tugu, dan 100 meter dari kawasan Malioboro. 

Hotel ini memiliki konsep seperti dorm yang satu kamar terdiri dari banyak kasur, namun disekat dengan tirai. Harga menginap per malamnya, mulai dari Rp 100 ribuan sampai Rp 400 ribu. 

Bukan berarti murah, terus fasilitasnya pas-pasan. Tenang saja, kamar yang kamu tempati sudah dilengkapi dengan AC, WiFi, dan loker untuk menaruh barang-barang. 

6.  Arte Hotel, hotel bintang 3 dekat Malioboro – Rp 330 ribuan

hotel murah di Jogja dekat malioboro
Arte Hotel, hotel bintang 3 dekat Malioboro – Rp 330 ribuan, (Instagram).

Arte Hotel merupakan salah satu hotel berbintang tiga di kawasan Malioboro namun harganya murah meriah. Sesuai namanya, desain interior hotel ini modern banget, karena ada coretan-coretan mural di dindingnya. 

Ada dua pilihan kamar, yaitu Superior Twin dan Superior Queen. Harga per malamnya, sekitar Rp 330 ribuan sampai Rp 420 ribuan. Udah murah instagramable lagi! 

7. The Packer Lodge Yogyakarta – Rp 130 ribuan

hotel murah di Jogja dekat malioboro
The Packer Lodge Yogyakarta – Rp 130 ribuan salah satu penginapan yang murah banget di Jogja, (Instagram).

The Packer Lodge Yogyakarta bisa menjadi pilihan tepat buat kamu yang nyari hotel Rp 200 ribuan. Hotel dekat Malioboro tarif 200 ribu memang banyak, dan ini salah satu yang terbaik. 

Sama seperti Wake Up Homestay, bentuk dari kamar yang ada di The Packer Lodge Yogyakarta ini juga seperti dorm. Satu kamar biasanya terdiri dari banyak kasur, dan diisi secara campur aduk dengan wisatawan. 

Untuk yang kasur single harganya mulai Rp 130 ribuan, sementara yang double Rp 200 ribuan. Tapi kalau kamu mau privasinya terjaga alias sewa satu kamar sendiri, kamu harus merogoh kocek Rp 360 ribuan. 

8. Malioboro Garden Hotel – Rp 270 ribu

hotel murah di Jogja dekat malioboro
Malioboro Garden Hotel – Rp 270 ribu salah satu penginapan bisa kamu pilih saat bertandang ke Kota Gudeg, (Instagram).

Penginapan murah dekat Malioboro ini dijamin gak bikin kantong kamu jebol. Pasalnya harga menginapnya mulai dari Rp 270 ribu per malam. Fasilitasnya sangat memadai, ada TV, AC, dan WiFi. 

Letaknya berada tepat di Jalan Sosrokusuman, yang artinya kamu tinggal jalan kaki sedikit sudah sampai di Malioboro. Kalau dihitung jaraknya sih sekitar 150 meter ke Malioboro Mal. 

9. Setia Backpacker – Rp 80 ribuan 

hotel murah di Jogja dekat malioboro
Setia backer salah satu penginapan yang bisa jadi pilihan kamu, (Instagram).

Buat pelancong backpacker, ada lagi nih hostel atau hotel murah di Jogja dekat Malioboro, namanya Setia Backpacker. Seberapa murah sih? Dilihat di Traveloka untuk bisa menginap di hotel ini kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 80 ribuan per malam. Tapi itu khusus untuk kamar yang sharing, alias digabung dengan pelancong lain. 

Kalau kamu mau yang lebih privasi, ada juga kamar untuk 1-2 orang dengan harga per malamnya sekitar Rp 250 ribuan. 

Alamatnya ada di Jalan Sosrowijayan Wetan Gang II, Malioboro. Hostel murah Jogja ini juga dekat dengan Stasiun Tugu lho.

10. Pawon Cokelat Guesthouse – Rp 320 ribuan

hotel murah di Jogja dekat malioboro
Pawon Cokelat Guesthouse – Rp 320 ribuan, (Instagram).

Hotel murah di Jogja dekat Malioboro yang terakhir yaitu Pawon Cokelat Guesthouse. Meski hotelnya kecil, dan terletak di dalam gang, tapi desain interiornya keren banget. Konsep bangunanya minimalis dan industrial, pokoknya cozy banget. 

Untuk menginap di sini per malamnya kamu kudu merogoh kocek Rp 320 ribuan, murah banget kan. 

Sekian dulu rekomendasi tentang hotel murah di Jogja dekat Malioboro. Menginap di hotel Malioboro Jogja yang murah tetap membuatmu bisa bersenang-senang namun hemat. Daripada bayar mahal-mahal buat penginapan yang cuma dipakai di malam harinya, mending dipakai buat wisata budaya atau kulineran. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.