Banner ImageBanner Image

Harga Mulai dari Rp 7 Jutaan, Ini 4 Pilihan HP Anti Air Terbaik

4 menit
Iphone X (apple.com)
Iphone X (apple.com)

Handphone alias HP sekarang ini emang udah canggih. Kamu bisa menelepon, kirim pesan, internetan, nonton, mendengarkan musik, hingga transaksi jual-beli dalam satu perangkat. Apalagi saat ini udah ada HP yang waterproof alias HP anti air.

Wajar aja HP anti air cukup populer. Soalnya sering ada kejadian HP yang kecemplung ke kolam, bak penampungan air, atau jatuh ke saluran air. Repotnya nih banyak data atau dokumen yang disimpan dalam HP tersebut.

Udah pasti ini bukan masalah kecil. Apalagi kalau data atau dokumen yang tersimpan adalah hal-hal penting berkaitan dengan pekerjaan. Bisa kena omel bos atau bahkan kena pecat. Melihat kebutuhan ini, beberapa produsen HP pun mengeluarkan HP anti air.

Untuk mengetahui sebuah HP itu anti air atau gak, bisa diketahui dari IP Rating-nya. IP Rating ini adalah standar internasional yang menunjukkan tingkat perlindungan HP dari zat asing. Makin tinggi IP-nya, makin terlindungi HP tersebut dari air.

Emangnya apa aja HP anti air yang udah diproduksi? Buat tahu lebih lengkapnya, nih empat HP anti air yang direkomendasiin MoneySmart.

1. Apple iPhone X – Rp 14 jutaan

HP anti air
Apple iPhone X (iphonehacks)

Keluaran terbaru dari Apple ini hit banget saat kemunculannya. Maklum aja, pengguna iPhone di dunia ini banyak jumlahnya, termasuk yang ada di Indonesia.

Apple meluncurkan iPhone X pada tahun 2017, bertepatan dengan ulang tahun Apple yang ke-10. Pastinya pada keluaran Apple terbaru ini, banyak fitur yang dipasang.

Misalnya aja prosesor yang lebih unggul dari sebelumnya, yaitu A11 Bionic. Tampilan yang menghilangkan tombol Home. Dilengkapi dengan super retina display sehingga iPhone X memiliki layar berkualitas tinggi hingga teknologi TrueDepth pada kameranya.

Satu lagi nih yang penting. iPhone X adalah HP anti air. HP ini kalau masuk ke kedalaman 1,5 meter, bisa bertahan hingga 30 menit. Dan dijamin masih bisa digunakan asalkan gak melewati 30 menit ya.

Di Indonesia, iPhone X dijual seharga Rp 14 jutaan hingga Rp 16 jutaan.

2. Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus – mulai dari Rp 10 jutaan

HP Anti Air
Samsung Galaxy S9 (pcmag)

Seakan gak mau kalah dengan Apple yang meluncurkan iPhone X, Samsung juga meluncurkan HP unggulannya, yaitu Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus.

Meskin hadir dengan model yang sama dengan varian sebelumnya, Samsung Galaxy S9 lebih unggul dalam hal memori eksternal yang besarnya mencapai 400 GB.

Prosesornya pun lebih canggih, yaitu dengan menggunakan prosesor Exynos 9810. Udah gitu kameranya dilengkapi dengan fitur dual-aperture camera. Dengan begitu, hasil gambar lebih optimal. Dan juga adanya fitur super-slow motion seperti yang ditunjukkan dalam iklannya.

Ini masih ditambah dengan beberapa fitur canggih lainnya, seperti AR emoji dan aplikasi cek kesehatan.

Dan satu lagi yang kamu perlu tahu, Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus merupakan HP anti air. Dengan mendapat IP68, kedua HP ini bisa bertahan di kedalaman maksimal 1,5 meter selama 39 menit.

Soal harga, Samsung Galaxy S9 dijual Rp 10 jutaan. Sementara Samsung Galaxy S9 Plus dijual dengan harga Rp 11 jutaan.

3. Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL – Rp 11 jutaan

HP anti air
Google Pixel 2 (trustedreviews)

Dari Google, ada Pixel dan Pixel 2 XL. Emang sih Google dikenal sebagai mesin pencari. Namun, dalam perkembangannya, Google juga memproduksi sejumlah HP canggih.

Seperti yang udah pernah diberitakan, Google meluncurkan Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL pada Oktober 2017 yang lalu. Menggandeng dua produsen HP ternama, Google Pixel 2 diproduksi HTC. Sementara Google Pixel 2 XL diproduksi LG.

Kedua HP Google tersebut menggunakan prosesor yang sama, yaitu prosesor Qualcomm Snapdragon 835. Juga sama-sama memiliki RAM 4GB, kamera belakang 12 megapiksel, dan kamera depan 8 megapiksel.

Bedanya, Pixel 2 punya kapasitas baterai 2.700 mAh, sedangkan Pixel 2 XL punya kapasitas baterai 3.520 mAh. Sementara layarnya, Pixel 2 punya ukuran layar 5 inci, sedangkan Pixel 2 XL punya ukuran layar 6 inci.

Resolusi yang dimiliki keduanya pun juga beda. Pixel 2 memiliki resolusi 1.920 x 1.080 jenis Amoled. Sementara Pixel 2 XL memiliki resolusi 2.880 x 1.440 jenis Poled.

Satu lagi kesamaan kedua HP ini, yaitu sama-sama anti air. Kedua HP ini udah mendapat peringkat IP67. Ini berarti kedua HP Google ini dijamin anti air. Harganya, Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL dijual mulai dari Rp 11 jutaan.

4. LG V30 – Rp 7 jutaan

HP anti air
LG V30 (benchmark)

Mulai dijual resmi pada Desember 2017 di Indonesia, LG memfokuskan pengembangan multimedia pada LG V30 dengan spesifikasi yang mumpuni.

Beberapa keunggulan bisa ditemukan dari HP LG ini. Dari bentuk, LG V30 lebih tipis daripada Galaxy S8 karena tebalnya sekitar 8 mm. Bobotnya pun ringan, yaitu 158 gram.

Kinerjanya pun udah didukung perangkat yang baik, seperti chipset Snapdragon 835 dengan CPU octa-core, GPU Adreno 540, dan RAM 4 GB. Sementara layarnya udah dilengkapi P-OLED dengan teknologi high dynamic range (HDR) yang bikin kualitas gambar lebih baik.

Buat kamera, LG V30 memasang kamera belakang dual camera dengan piksel 16 megapiksel dan 13 megapiksel. Sementara kamera depan punya piksel sebesar 5 megapiksel.

LG V30 juga diklaim tahan terhadap air. Dengan IP68 yang disandangnya, LG V30 sanggup berada di kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Di pasaran, LG V30 dijual dengan harga mulai dari Rp 7 jutaan.

Dari empat HP anti air di atas, ada gak salah satunya yang kamu taksir? Keempat HP di atas emang punya harga yang mahal. Namun, itu sebanding dengan kecanggihan yang ditawarkan.

Karena itu, ada baiknya dipikir dulu matang-matang sebelum membelinya. Sebab harga HP itu ke depannya terus menyusut seiring munculnya varian-varian baru. Jadi, udah siap nih keluarin kocek lebih buat beli HP-HP di atas?

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong