Ibadah Plus Liburan Pas Mudik, Ini 8 Tempat Wisata Religi yang Ciamik

5 menit

Wisata religi merupakan cara menarik buat mempelajari sejarah agama sekaligus memperkuat keimanan seseorang.

Sebagai negera dengan populasi Muslim terbesar di dunia, Indonesia menjadi surga wisata religi khususnya yang bernuansa Islami. Hampir tiap daerah di Indonesia, terdapat destinasi yang menyimpan sejarah Islam yang menarik buat dipelajari.

Nah, mumpung mau musim mudik nih, seru kalau kita bahas yang satu ini.

1. Semarang: Masjid Agung Jawa Tengah

wisata religi
(Image: ranstraveller)

Masjid  di lahan 10 hektare ini dirancang menggunakan gaya arsitektur campuran Jawa, Islam, dan Romawi. Bangunan utama masjid beratap limas dengan kubah besar pada bagian ujungnya, dikelilingi empat menara setinggi 62 meter.  

Nuansa Romawi terasa banget pada bangunan 25 pilar di pelataran masjid yang bergaya koloseum Athena dihiasi kaligrafi yang indah. Pada area serambi masjid, kamu bakal merasakan nuansa Masjid Nabawi karena ada enam payung raksasa dengan ketinggian 20 meter.

Masjid sekaligus objek wisata religi ini dilengkapi dengan wisma penginapan berkapasitas 23 kamar buat para peziarah yang pengin menginap.

Lokasi:  Jl. Gajah Raya, Gayamsari, Sambirejo, Kota Semarang.

2. Banda Aceh: Masjid Baitul Musyahadah

wisata religi
(Image: situsbudaya)

Banda Aceh yang sempat menjadi pusat peradaban Islam di Asia Tenggara pada 1530 masehi membuat kamu bisa menemukan banyak tempat wisata religi berarsitektur indah di sini. Salah satunya adalah Masjid Baitul Musyahadah.

Masjid Baitul Musyahadah juga dikenal sebagai Masjid Teuku Umar atau Masjid Kupiah Meukeutop karena bentuk kubahnya menyerupai kupiah meukeutop, yaitu peci tradisional Aceh yang sering digunakan Teuku Umar saat melawan penjajah Belanda.

Masjid ini dirancang berdenah segi lima sebagai analogi rukun Islam sekaligus perlambang Pancasila. Tiap ornamen pada bagian dalam maupun luar masjid gitu khas dengan nuansa tradisional Aceh.

Lokasi: Jl. Teuku Umar, Geuceu Kayee Jato, Banda Raya, Kota Banda Aceh.

3. Banda Aceh: Masjid Raya Baiturrahman

wisata religi
(Image: KSMTour)

Masih di Banda Aceh. Ada masjid yang telah lama menjadi icon kota ini. Masjid ini jadi simbol agama, budaya, hingga perjuangan dan nasionalisme rakyat Tanah Rencong Aceh.

Kamu mungkin masih ingat, saat bencana tsunami mencghancurkan Aceh, masjid ini tetap kokoh berdiri tanpa mengalami kerusakan.

Masjid Raya Baiturrahman memiliki bangunan indah dan megah layaknya Taj Mahal di India dan termasuk dalam salah satu Masjid terindah di Indonesia. Masjid ini juga dilengkapi halaman yang cukup luas dengan kolam pancuran air bergaya Kesultanan Turki Usmani.

Masjid Raya Baiturrahman merupakan salah satu pusat pembelajaran agama Islam yang dikunjungi mulai dari masyarakat Indonesia sendiri hingga penjuru dunia.

4. Palembang: Masjid Cheng Ho

wisata religi
(Image: Indonesiakaya)

Kamu yang mudik ke Palembang, mampirlah ke Masjid bersejarah yang kental dengan nuansa Tiongkok, Masjid Cheng Ho. Masjid ini merupakan perlambang persatuan masyarakat keturunan Tionghoa dan masyarakat Palembang.

Nama Cheng Ho diambil dari nama panglima angkatan laut Cina yang berdagang sekaligus memperkenalkan Islam  pada tiap wilayah yang ia singgahi. Sebagai tokoh muslim Cina, penggunaan nama Cheng Ho diharapkan menjadi teladan kedamaian bagi siapa pun.

Masjid Cheng Ho dilengkapi dua menara dengan lima tingkat sebagai perlambang jumlah salat sehari semalam. Tinggi menara mencapai 17 meter sebagai simbol jumlah rakaat salat dalam sehari.

Sementara arsitektur dan ornamen Masjid merupakan campuran budaya Palembang dengan budaya Tionghoa.

Lokasi: 15 Ulu, Seberang Ulu I, Palembang 30267.

5. Malang: Masjid Tiban

wisata religii
(image: ilovemalang)

Masjid indah selanjutnya berada di kota Malang. Masjid Tiban merupakan masjid yang pasti bikin kamu berdecak kagum. Gimana gak, sekilas arsitektur masjid yang didominasi warna biru ini menyerupai bangunan vihara di Thailand dengan paduan nuansa Cina, Jawa, Eropa, dan Arab.

Tiap lantai masjid memiliki ornamen dengan kaligrafi yang indah dan detail. Masjid mewah ini juga memiliki area kolam renang dengan perahu yang dapat disewa, akuarium, perpustakaan, hingga area satwa.

Masjid Tiban semula adalah kompleks pondok pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri yang pengerjaannya dilakukan oleh santri dan jamaah. Fakta menariknya, pembangunan Masjid murni dilakukan secara swadaya oleh masyarakat dan santri.

Lokasi: Jl. Anggur, Sananrejo, Turen, Malang, Jawa Timur 65175.

6. Surabaya: Masjid Sunan Ampel

wisata religi
(image: republika)

Masjid Sunan Ampel merupakan Masjid tertua ke-3 di Indonesia.  Masjid ini dahulu merupakan lokasi berkumpul para ulama saat membahas upaya penyebaran Islam di tanah Jawa. Di sini kamu bisa mempelajari sejarah peradaban Islam dengan lebih mendalam.

Masjid dengan arsitektur Jawa Kuno dan nuansa Arab ini dibangun oleh Raden Achmad Rachmatullah alias Sunan Ampel. Pada bagian sebelah barat masjid, terdapat makam Sunan Ampel yang hingga kini juga ramai dikunjungi para peziarah.

Detail arsitektur Masjid Sunan Ampel mengadopsi arsitektur Majapahit. Hal ini  tampak pada atap Masjid yang berbentuk tajuk. Masyarakat Jawa menganggap tajuk sebagai representasi gunung yang dianggap sebagai tempat suci. Selain itu, atap bersusun tiga menjadi simbol Islam, iman, dan ihsan.

Lokasi:  Jalan KH Mas Mansyur, Kelurahan Ampel, Surabaya Utara.

7. Makassar: Masjid Terapung

wisata religi
(image: anugrahkubah)

Masjid Amirul Mukminin lebih dikenal dengan sebutan Masjid Terapung karena berada di timur laut Pantai Losari. Masjid ini terdiri dari tiga lantai yang gak cuma berfungsi sebagai sarana ibadah tapi juga tempat wisata.

Pada lantai pertama, warga bisa melakukan rekreasi seperti melihat sunset Pantai Losari. Masjid ini juga memiliki dua kubah yang digunakan pengunjung buat bersantai sambil menikmati embusan angin.

Masjid Terapung yang mampu menampung hingga 500an jemaah ini memiliki luas 1.683 meter persegi dan ditopang 164 tiang. Selain Pantai Losari, Masjid ini juga merupakan landmark kota Makassar.

Lokasi: Jalan Penghibur No.289, Losari Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90112

8. Depok: Masjid Kubah Emas

wisata religi
(image: okezone)

Kamu yang gak mudik atau kampung halamannya malah di Ibu Kota, gak perlu sedih. Ada berbagai tempat bersejarah bagi muslim yang menarik buat dikunjungi di sekitaran Jakarta, salah satunya adalah Masjid Kubah Emas di Depok.

Masjid Kubah Emas bernama asli Masjid Dian Al-Mahri. Masjid ini dibangun menggunakan arsitektur bergaya Timur Tengah dan memiliki interior mewah dengan langit-langit berlukis awan. Salah satu ornamen yang menarik adalah lampu gantung dari Austria yang didesain khusus oleh pendiri Masjid, Hj Dian.

Sebagai tempat wisata religi, Masjid Kubah Emas menyediakan aula buat pengunjung beristirahat, toko makanan, butik, hingga penginapan.

Lokasi: Jalan Raya Meruyung, Kel. Meruyung, Kecamatan Limo, Depok.

 

Jika ada tujuan mudikmu pada daftar di atas, gak usah pikir dua kali lagi buat melakukan wisata religi. Gak cuma bisa mempelajari sejarah Islam, arsitektur yang indah dan menawan juga bisa memberimu banyak inspirasi selama liburan nanti.

Ulfa Sekar
Ulfa Sekar

Pernah menjadi anak IT dan bercita-cita menjadi seorang programmer. Lalu berakhir menjadi seorang penulis dan menikmatinya. Semoga tulisan saya bisa berguna buatmu.