Wafat di Usia 66 Tahun, Ini Deretan Prestasi yang Ditinggalkan Ibu Ani Yudhoyono

3 menit
Kiriman souvenir buat Ibu Ani Yudhoyono
Kiriman souvenir buat Ibu Ani Yudhoyono (Instagram @aniyudhoyono)

Kabar duka datang dari keluarga besar mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ibu Ani Yudhoyono diberitakan meninggal dunia pada hari Sabtu, 1 Juni 2019 pukul 11.50 waktu Singapura.

Ibu Ani Yudhoyono sendiri telah dirawat di National University Hospital, Singapura sejak 2 Februari 2019 karena penyakit kanker darah yang dideritanya. Sebelumnya, kondisi Ibu Ani dilaporkan memburuk. Ia pun harus dapat perawatan khusus di ruang Intensif Care Unit (ICU).

Kini Ibu Ani Yudhoyono yang terus berjuang melawan rasa sakit akibat kanker yang diidapnya tutup usia dan meninggalkan suami, anak-anak, beserta cucu-cucunya. Ibu Ani yang lahir pada 6 Juli 1952 wafat di usia 66 tahun.

Semasa hidupnya, banyak prestasi yang telah ditorehkan Ibu Ani Yudhoyono sewaktu menjadi Ibu Negara mendampingi Presiden SBY selama dua periode. Prestasi-prestasi yang diukirnya terkait kontribusinya terhadap masyarakat. Apa aja prestasi-prestasinya? Berikut ini daftarnya.

1. Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia Adipradana tahun 2011 buat Ibu Ani Yudhoyono

Ibu Ani Yudhoyono
Buku Ani Yudhoyono terbit sejak 8 Juli 2018 (Instagram @aniyudhoyono)

Ibu Ani Yudhoyono pada 12 Agustus 2011 diberi anugerah Tanda Kehormatan Bintang Republik Indonesia Adipradana. Penganugerahan ini dilakukan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Merdeka.

Ibu Ani diberi anugerah tersebut karena peran-perannya dianggap berkontribusi buat bangsa dan negara. Peran-perannya terwujud dalam program mobil pintar dan rumah pintar, Indonesia peduli dan Indonesia hijau tentang lingkungan, hingga Indonesia sehat tentang kesehatan dan Indonesia kreatif.

Selain Ibu Ani, ada beberapa tokoh nasional lainnya yang mendapat Tanda Kehormatan ini. Mulai dari Sinta Nuriah Abdurrahman Wahid, istri Presiden Abdurrahman Wahid dan Taufiq Kiemas, suami Presiden Megawati Soekarnoputri.

2. Pin Emas dari Pemegang Nobel Perdamaian M. Yunus

Ibu Ani Yudhoyono
Ibu Ani bersama keluarga (Instagram @aniyudhoyono)

Ibu Ani Yudhoyono diketahui terlibat dalam berjalannya program Perempuan Keluarga Sehat dan Sejahtera dan Indonesia Kreatif (PERKASSA). Program ini bertujuan mendorong pengembangan Usaha Kecil Menengah dan Kredit Mikro Indonesia.

Atas perannya tersebut, pemegang Nobel Perdamaian (2006) M. Yunus memberi anugerah kepada Ibu Ani berupa pin emas. Asal tahu aja nih, M. Yunus juga dikenal sebagai pendiri Bank Grameen, sebuah bank yang menyalurkan kredit mikro di Bangladesh.

3. Certificate of Global Leadership dari The United Nations Environment Program (UNEP)

Ibu Ani Yudhoyono
Ani Yudhoyono bersama ibunya (Instagram @aniyudhoyono)

Kepedulian Ibu Ani Yudhoyono terhadap lingkungan ditunjukannya dengan berjalannya Gerakan Tanam dan Pelihara 10 Juta Pohon di Indonesia. Kegiatan ini dilakukan bersama tujuh organisasi perempuan Indonesia pada 1 Desember 2007.

Apa yang dilakukan Ibu Ani ini dapat perhatian dan apresiasi dari The United Nations Environment Program (UNEP). Atas kontribusinya tersebut, Ibu Ani menerima penghargaan Certificate of Global Leadership.

4. Pin emas dari Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan

Ibu Ani Yudhoyono
Wajah Ibu Ani dalam waktu yang berbeda (Instagram @aniyudhoyono)

Sebagai sosok wanita dan orang tua, Ibu Ani Yudhoyono juga menaruh perhatian pada para perempuan dan anak-anak. Peran Ibu Ani dalam mendorong naiknya kualitas hidup perempuan dan anak diganjar penghargaan oleh Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan.

Penghargaan ini diberikan saat Ibu Ani menghadiri acara puncak peringatan Pekan ASI Sedunia tahun 2007. Acara yang berlangsung di Istana Negara itu sendiri bertujuan mengajak para ibu memberi asi kepada anak-anaknya.

5. Penghargaan dari L`Oreal – UNESCO

Ibu Ani Yudhoyono
Ibu Ani menggendong cucu (Instagram @aniyudhoyono)

Gak disangka peran Ibu Ani Yudhoyono buat perempuan dan anak-anak diganjar penghargaan dari perusahaan produk perawatan L’Oréal dan badan PBB United Nation Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Pemberian penghargaan ini menurut Wakil Direktur UNESCO Biro Sains Regional untuk Asia dan Pasifik, Shabaz Khan, sebagai pengakuan atas komitmen Ibu Ani. Apa yang dikerjakan Ibu Ani telah mendorong kemajuan pendidikan pada perempuan seperti yang diberitakan Antara.

Itu tadi sederet penghargaan yang diterima Ibu Ani Yudhoyono. Terima kasih Ibu Ani dan selamat jalan!

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!