Akankah Rp 466 Triliun Dikucurkan buat Pindahkan Ibu Kota kayak Negara-Negara Ini?

4 menit
ibu kota negara
Kota Jakarta, ibu kota negara Indonesia. (Shutterstock)

Rencana pemindahan ibu kota negara kembali mengemuka. Presiden Joko Widodo pada 2017 pernah menyampaikan rencana tersebut. Nah, dalam wacananya kali ini, Pak Presiden udah mengantongi tiga kandidat kota yang salah satunya bakal dipilih.

Ketiga kota terpilih tersebut masih dirahasiakan alias belum secara spesifik disebutkan namanya. Namun, Presiden Jokowi menyebut lokasi kota tersebut berada, yaitu Sumatra, Sulawesi, dan Kalimantan.

Bukan tanpa alasan Jokowi kepengin ibu kota dipindahkan dari Jakarta. Tercatat, ada beberapa alasan kenapa ibu kota negara harus dipindahkan dari Jakarta. Mulai dari macet, banjir tahunan di Jakarta, kepadatan penduduk, hingga menurunnya kualitas air bersih.

Soal dana pemindahan ibu kota negara, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan masih perlu mengkaji. Namun, Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas) menyebut angkanya sekitar Rp 466 triliun.

Menariknya nih, Indonesia bukanlah negara satu-satunya di dunia yang mau memindahkan ibu kota negara. Beberapa negara diketahui telah memulainya lebih dulu. Dikutip dari BBC, ada sejumlah negara yang tercatat telah memindahkan ibu kotanya. Siapa aja mereka?

Baca juga: Kalah Luas dari Indonesia, Tapi Kenapa Negara-Negara Kecil Ini Bisa Kaya?

1. Nigeria

ibu kota negara
Gedung Parlemen Nigeria di Abuja. (Wikimedia/Creative Commons)

Negara di Benua Afrika ini semula beribukota di Lagos. Namun, akhirnya Nigeria memindahkan ibu kota negara pada tahun 1991. Dipilihlah Abuja sebagai ibu kota Nigeria yang baru.

Nigeria beralasan, kepadatan penduduk menjadi pendorong utama terjadinya pemindahan tersebut. Ditambah lagi, Kota Abuja dianggap merepresentasikan Nigeria yang multietnik karena dianggap lebih netral bagi sebagian besar orang-orang Nigeria.

Baca juga: 4 Negara dengan Biaya Pemilu Paling Mahal, Indonesia Ada di Peringkat Berapa?

2. Myanmar

ibu kota negara
Sebuah Pagoda di Naypyidaw. (Wikimedia/Creative Commons)

Pada tahun 2005, Pemerintah Myanmar memindahkan ibu kota negaranya. Negara Asia Tenggara ini memilih Kota Naypyidaw buat menggantikan Kota Yangon, ibu kota sebelumnya.

Naypyidaw yang telah dibangun sejak 2002 dipilih karena lokasinya lebih terpusat dan strategis. Walaupun ada rumor yang menyebut, pemindahan tersebut dilakukan buat antisipasi serangan militer asing.

Baca juga: Liburan Mewah bak Sosialita tanpa Keluar Banyak Uang, Ini 4 Negara dengan Nilai Tukar Rupiah Tertinggi

3. Pakistan

ibu kota negara
Kota Islamabad. (Wikimedia/Creative Commons)

Negara Asia yang juga memindahkan ibu kota negara adalah Pakistan. Negara ini memutuskan melakukan pemindahan dari Kota Karachi yang terletak di selatan ke wilayah utara Kota Islamabad pada tahun 1959.

Pakistan sendiri beralasan pemindahan ibu kota dilakukan dengan tujuan agar kegiatan pemerintahan dan ekonomi gak terpusat di satu kota. Selain itu, Kota Islamabad dipilih karena disebut mencerminkan keragaman masyarakat Pakistan dan mudah diaksesnya.

4. Brazil

ibu kota negara
Brasilia. (Wikimedia/Creative Commons)

Ada juga Brazil yang berganti ibu kota negara dengan meresmikan Brasilia pada tahun 1960. Penggantian dari Rio de Janeiro sebagai ibu kota dilakukan Brazil karena alasan geografis.

Pembangunan Brasilia sendiri telah dimulai tahun 1956 dan berakhir tahun 1960. Gak disangka berpindahnya ibu kota ini memberi dampak positif ke Brasilia. Buktinya, perekonomian di kota tersebut bertumbuh signifikan.

5. Kazakhstan

ibu kota negara
Astana. (Wikimedia/Creative Commons)

Ibu kota negara Kazakhstan yang semula Almaty berganti menjadi Astana. Penggantian ini terjadi pada tahun 1997.

Saat itu Pemerintah Kazakhstan beralasan populasi di Almaty yang besar mendorong adanya pemindahan ibu kota. Terus Kazakhstan pengin menjadikan Almaty sebagai pusat bisnis.

6. Tanzania

ibu kota negara
Kota Dodoma. (Wikimedia/Creative Commons)

Negara Afrika lainnya yang memindahkan ibu kota negara adalah Tanzania. Ibu kotanya yang semula Dar es Salaam berpindah ke Dodoma.

Proses pemindahannya sendiri berlangsung cukup lama, dimulai sejak tahun 1980-an.

Sebab prosesnya dijadwalkan selesai pada tahun 2005. Pemerintah Tanzania melakukan pemindahan ibu kota dengan tujuan buat menumbuhkan wilayah ekonomi baru.

7. Côte d’Ivoire

ibu kota negara
Kota Yamoussoukro. (Wikimedia/Creative Commons)

Negara yang dikenal dengan nama Pantai Gading ini juga melakukan pemindahan ibu kota negara. Ibu kota Côte d’Ivoire yang semula terletak di Abidjan, pada akhirnya pada tahun 1983 dipindah ke Yamoussoukro.

Walaupun begitu, harapan tumbuhnya pembangunan di bagian tengah Côte d’Ivoire terhalang masih banyaknya kantor pemerintahan yang belum berpindah. Udah gitu masih ada kantor kedutaan besar yang masih di ibu kota lama.

Itu tadi tujuh negara yang telah memindahkan ibu kota negaranya. Mulai dari kepadatan penduduk hingga harapan pemerataan ekonomi menjadi alasan kenapa pemindahan dilakukan.

Mudah-mudahan aja nih pemindahan ibu kota Indonesia berjalan lancar dan sesuai harapan. Semoga! (Editor: Ruben Setiawan)

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!