Ani Yudhoyono Suka Fotografi! Ini 5 Ibu Negara Indonesia yang Juga Punya Hobi

4 menit
Ibu Negara Indonesia
Ani Yudhoyono Hobi Fotografi! 5 Ibu Negara RI Ini Juga Mahir Menghasilkan Uang, (Instagram/@aniyudhoyono).

Mendiang Ibu Negara Indonesia, Kristiani Herawati atau yang akrab disapa dengan Ani Yudhoyono dikenal memiliki hobi fotografi semasa hidupnya. Setiap orang yang dikenal memiliki hobi ini umumnya cukup kreatif dan udah pasti bisa menghasilkan uang sendiri lho dari kemahirannya.

Disebut mendatangkan uang adalah karena hasil dari fotografi itu sendiri bisa dijual, apalagi zaman sekarang teknologi sudah canggih. Situs-situs yang menjadi wadah buat menjual foto juga cukup banyak sekarang ini.

Kalaupun gak dijual, mereka yang jago motret dan punya akun Instagram juga berpotensi dilirik buat jadi endorser produk. Wajar saja, foto yang bagus tentu mengundang banyak likes maupun komentar di laman media sosial, coba perhatikan akun Instagram Ibu Ani Yudhoyono.

Selain Ani Yudhoyono, ternyata banyak juga ibu negara Indonesia yang memiliki hobi produktif dan positif lho. Ingin tahu apa saja hobi-hobi produktif para perempuan yang pernah atau sedang menemani orang nomor satu di Indonesia ini? Yuk simak ulasannya.

Baca juga: Ini 5 Negara Terkaya di Dunia, Upah Minimumnya Ada yang Rp 29 Juta!

1. Fatmawati

ibu negara indonesia
Ibu Fatmawati juga memiliki hobi, (Instagram/@emakcantikcom).

Nama Fatmawati bisa dibilang hampir gak bisa dilepaskan dari sosok Soekarno, meskipun Fatmawati sendiri bukanlah istri pertama dari sang proklamator ini. Sang istri proklamator ini juga memiliki hobi yang seru lho di eranya.

Istri Presiden Soekarno yang satu ini dikenal dengan bakatnya menari. Fatmawati muda menjadi pemeran utama dalam Sendratari Rainbow (Poetri Kentjana Boelan) yang dipentaskan sanggar pertunjukan Monte Carlo.

Bisa dibilang, hanya pecinta seni sejatilah yang memang memahami dan menggemari hobi menari. Terutama tarian-tarian daerah.

Menari itu banyak manfaatnya lho. Selain bagi kesehatan, mereka yang jago menari juga bisa membuka kursus-kursus. Atau kalau memang sanggar tarinya sudah top, peluang diundang untuk mentas di luar negeri tentunya cukup besar.

Baca juga: Wafat di Usia 66 Tahun, Ini Deretan Prestasi yang Ditinggalkan Ibu Ani Yudhoyono

2. Ratna Sari Dewi atau Dewi Soekarno

ibu negara indonesia
Dewi Soekarno punya hobi juga lho waktu dulu menjadi ibu negara, (Instagram/@felixspencer).

Mantan Ibu Negara Indonesia yang satu ini juga merupakan istri kelima Bung Karno. Sampai sekarang, perempuan asal Jepang ini masih hidup dan sehat, bahkan gak sedikit media yang memuji kecantikannya.

Perempuan yang usianya nyaris menyentuh 80 tahun ini, memang bercita-cita ingin hidup hingga berusia 100 tahun. Oleh karena itu gak heran kalau dirinya rajin berolahraga.

Kegemarannya dalam berolahraga tentunya membuat Dewi Soekarno jadi lebih sehat ketimbang perempuan-perempuan di usianya. Mantan ibu negara dan sosialita papan atas ini bahkan masih terlihat aktif menjadi juri di Miss International, aktivis pecinta hewan, hingga menjadi bintang tamu di reality show Jepang.

Tuh, terbukti kesehatan adalah investasi yang utama. Sekaya apapun kita, kalau badan sakit kita juga gak akan bisa menikmati apa yang kita punya. Sebaliknya, jika sehat kita pun bisa mudah mencari penghasilan.

Baca juga: Ani Yudhoyono Meninggal Dunia Setelah Tiga Bulan Berjuang Melawan Kanker

3. Raden Ayu Siti Hartinah

ibu negara indonesia
Ibu Tien yang gak lain istri dari mantan Presiden ke-2 Indonesia, Soeharto, memiliki hobi juga semasa hidupnya, (Instagram/@soehartoquote).

Ibu Negara Indonesia yang ini tentu akrab disapa dengan panggilan almarhumah Bu Tien. Dia adalah istri dari mendiang Presiden Soeharto.

Perempuan yang tutup usia di tahun 1996 ini, dikenal dengan hobinya yaitu memasak. Semasa hidup, Ibu Tien kerap kali memasak makanan favorit keluarga. Terutama sayur tempe dan sambal bawang yang merupakan menu kesukaan Pak Harto.

Mau gimana juga, masakan ibu adalah masakan terenak bagi seluruh anggota keluarga di rumah. Hobi yang satu ini tentunya juga bisa mendatangkan uang.

Buat kamu yang hobi masak, gak usah buka resto dulu deh. Buka catering saja juga bisa untung kok. Jika kamu adalah orang yang gemar masak gak bakal capek deh buat urusan masak-memasak.

4. Ainun Habibie

Ibu Negara Indonesia
Almarhumah Ibu Ainun Habibie juga memiliki hobi jogging lho semasa hidupnya, (Instagram/@pg_celebes).

Sama seperti Dewi Soekarno, mendiang Ibu Negara yang satu ini juga gemar berolahraga. Lebih tepatnya adalah jogging.

Kabarnya, saat menemani suaminya, B.J. Habibie di Jerman, Ainun gak pernah lupa jogging setiap harinya. Apapun kondisi cuacanya, dingin atau panas buat urusan jogging itu hukumnya wajib bagi perempuan yang kisah cintanya dituangkan dalam layar perak.

Berhubung di Indonesia banyak debu, maka Ainun lebih memilih jogging di threadmill atau fitness saja di gym. Intinya olahraga.

5. Iriana Jokowi

ibu negara indonesia
Ibu Iriana Jokowi memiliki hobi memelihara burung dan gak heran kalau dirinya suka blusukan ke pasar burung, (Instagram/@jokowi).

Hobi Ibu Negara Indonesia yang satu ini terbilang unik dari yang lain. Tapi intinya tetap produktif.Hobi ini kabarnya ditularkan oleh suaminya sendiri yaitu Presiden Joko Widodo, apalagi kalau bukan memelihara burung. Dan Iriana sempat bilang kalau dirinya cukup sering blusukan ke pasar burung.

Banyak yang bilang kalau memelihara burung bisa membawa rezeki dan keberuntungan. Tapi manfaat dari aktivitas ini sejatinya cukup berguna bagi keuangan lho.

Sejatinya, burung itu sendiri bisa dibisniskan. Mereka yang mengoleksi banyak burung tentu bisa menjualnya kembali ke para penggemarnya atau mengikuti kontes adu suara burung. Rumah pun jadi terasa lebih asri dengan kehadiran burung.

Selain itu, hobi blusukan ke pasar tentunya menguntungkan. Karena dengan aktivitas ini, mudah bagi kita buat mengetahui informasi seputar perkembangan harga pangan terkini.

Itulah hobi dari lima ibu negara di Indonesia. Sayangnya, minim sekali informasi seputar kegemaran atau hobi istri-istri Bung Karno selain kedua orang ini. Adakah dari kamu yang punya hobi yang sama dengan mereka? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan