Resmi! Presiden Jokowi Pindahkan Ibu Kota ke Pulau Kalimantan

2 menit
Resmi! Presiden Jokowi Pindahkan Ibukota negara ke Pulau Kalimantan (Shutterstock).
Resmi! Presiden Jokowi Pindahkan ibu kota negara ke Pulau Kalimantan (Shutterstock).

Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke 74, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membacakan pidato kenegaraan. Itu dilakukan pada sidang bersama Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Gedung Parlemen Senayan. Dalam pidato kenegaraannya, Presiden Jokowi meminta izin kepada seluruh anggota DPD, DPR, dan MPR untuk memindahkan ibu kota negara ke Pulau Kalimantan.

“Dengan memohon ridho Allah SWT, dengan meminta izin dan dukungan dari Bapak Ibu Anggota Dewan yang terhormat, para sesepuh dan tokoh bangsa terutama dari seluruh rakyat Indonesia, dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan,” ujar Presiden di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta.

Presiden menegaskan, ibu kota negara kedepan bukan hanya sekedar simbol atau identitas sebuah negara, akan tetapi menjadi nilai kemajuan sebuah bangsa.

“Ibu kota yang bukan hanya timbul identitas bangsa tetapi juga representasi kemajuan bangsa,” kata Presiden.

Selain itu, pemindahan ibu kota diharapkan akan menjadi momentum terwujudnya pemerataan dari sisi pembangunan, ekonomi, hingga Indonesia yang harus hidup selama-lamanya.

“Ini demi terwujudnya pemerataan dan keadaan ekonomi Indonesia maju Indonesia yang hidup selama-lamanya,” papar Presiden.

Indonesia bukan sekadar Jakarta dan Pulau Jawa

Ibukota Negara
Pulau Kalimantan (Shutterstock).

Menjelang HUT RI ke 74 tahun ini, Presiden menegaskan bahwa Indonesia bukan hanya Jakarta dan Pulau Jawa, oleh sebab itu ke depan pembangunan harus merata di seluruh pelosok nusantara.

“Saya ingin mengajak kita semuanya untuk meneguhkan kembali semangat para pendiri bangsa-bangsa kita, bahwa Indonesia itu bukan hanya Jakarta, bukan hanya pulau Jawa, tetapi Indonesia adalah seluruh pelosok tanah air dan Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote,” kata Presiden.

Menurut Presiden, keberhasilan Indonesia dari kemerdekaan 74 tahun lalu hingga saat ini banyak peran aktif seluruh elemen bangsa, dan bukan hanya andil seorang Presiden semata.

“Indonesia maju bukan hanya karya Presiden, lembaga legislatif, eksekutif ataupun yudikatif saja, tetapi keberhasilan Indonesia juga karya para pemimpin agama, para budayawan, para pendidik, keberhasilan Indonesia adalah juga karya para pelaku usaha, para buruh para pedagang, para inovator maupun para petani para nelayan dan para UMKM,” ucap Presiden.

Sementara itu, Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (OSO) mengatakan, pihaknya mendukung rencana pemindahan ibu kota negara ke Pulau Kalimantan. “Kami mendukung rencana Pemerintah untuk segera merealisasikan pemindahan ibu kota negara ke Pulau Kalimantan,” kata OSO dalam Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI. (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.