Hobi Traveling dan Pengin Punya Penghasilan? 5 Ide Bisnis Ini Cocok buat Kamu

3 menit
Ide bisnis
Hobi Traveling dan Pengin Punya Penghasilan? 5 Ide Bisnis Ini Cocok buat Kamu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Siapa sih yang gak mau jalanin hobi sembari mendapatkan uang? Nah, buat yang hobi jalan-jalan atau traveling pas banget nih ternyata ada 6 ide bisnis yang bisa kamu lakukan.

Buat masyarakat yang tinggal di wilayah perkotaan, gak banyak pilihan yang bisa diambil agar kondisi pikiran menjadi fresh setelah jenuh bekerja. Paling-paling kegiatan yang bisa dilakukan pergi ke mal bareng teman atau keluarga. Udah nguras isi dompet, bosenin lagi.

Bisa sih pergi traveling ke destinasi wisata menarik di luar kota, namun harus atur waktu cuti dan biayanya pasti jauh lebih gede. Apalagi kalau mesti naik pesawat, mana tiketnya lagi mahal pula.

Kalau gak mau terus-terusan bingung, mengapa kamu gak memanfaatkan momen liburan ke tempat tertentu bisa menghasilkan uang yang banyak. Sesekali keluarin otak bisnis kamu dong, jangan kerja mulu.

Tanpa panjang lebar lagi mending langsung aja kita simak 6 ide bisnis yang bisa kamu coba buat yang doyan traveling, apa aja? Yuk, kita intip di bawah ini:

Baca juga: Boleh Dicoba! 5 Ide Bisnis Ini Selalu Laris Manis dan Gak Ada Matinya

1. Fotografer

Ide bisnis
Fotografer salah satu pekerjaan buat hasilkan uang bagi yang doyan traveling, (Ilustrasi/Shutterstock).

Dikutip dari Business News Daily, mengabadikan momen yang indah ketika lagi liburan tentu jadi menu yang wajib dilakukan saat traveling. Tapi daripada cuma dipajang di laman Instagram dan mengharapkan like yang banyak mending kemampuan foto kamu itu dimanfaatkan menjadi sebuah pekerjaan.

Ide bisnis menjadi seorang tukang foto di Indonesia adalah hal yang cukup menjanjikan lho. Banyak dari fotografer Tanah Air udah berhasil go international. Bisa jadi kamu yang selanjutnya.

Baca juga: 6 Ketentuan dalam Polis Asuransi Jiwa yang Wajib Dipahami agar Mudah Lakukan Klaim

2. Travel Blogger

Ide bisnis
Jadi travel blogger salah satu bisnis yang menjanjikan bagi yang doyan traveling, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ide bisnis yang satu ini tergolong lagi hits belakangan ini. Banyak dari mereka mempromosikan karyanya melalui berbagai macam media sosial seperti Instagram dan Youtube.

Penghasilannya juga gak main-main, ada yang mendapatkan puluhan bahkan ratusan juta dari kegiatan yang satu ini.

Selain mendapatkan uang, kamu juga bisa mendapatkan tempat penginapan gratis dari beberapa hotel yang menawarkan fasilitasnya. Traveling jadi lebih hemat deh.

Baca juga: Seharga Ratusan Juta Rupiah, Ini Koleksi Jam Tangan Selebgram Rachel Vennya

3. Travel agent

Ide bisnis
Buka bisnis travel agent bisa dilakukan bagi yang doyan traveling, (Ilustrasi/Shutterstock).

Walaupun startup traveling saat ini lagi berkembang pesat, gak menutup kemungkinan kamu bisa menjadi seorang travel agent kok. Bila kamu suka pergi ke tempat wisata yang jarang dikunjungi oleh orang-orang, kesempatan tersebut bisa kamu maksimalkan sebesar-besarnya buat dapat untung.

Buat memulai ide bisnis ini mungkin kamu bisa memperkenalkannya kepada keluarga atau orang terdekat tentang destinasi wisata tersebut. Lalu setelah mendapatkan pengalaman yang mengesankan pasti mereka akan merekomendasikannya kepada kerabat yang lainnya. Seru, kan?

4. Penerjemah

Ide bisnis
Jadi penerjemah bisa kamu lakukan bagi yang doyan traveling, (Ilustrasi/Shutterstock).

Wisatawan asing yang datang ke Indonesia umumnya memiliki kendala dalam berbahasa Indonesia yang digunakan. Khusus di daerah Bali mungkin beberapa warga setempat udah banyak yang mempelajari bahasa Inggris, namun buat daerah lainnya kemampuan bahasanya masih belum merata.

Jadi ini bisa menjadi kesempatan ide bisnis kamu buat mendapatkan penghasilan ketika traveling. Seru juga bisa kenalan sama orang bule yang memiliki kultur yang berbeda-beda.

5. Wedding Organizer

Ide bisnis
Wedding organizer bisa kamu jadikan bisnis bagi yang doyan traveling nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Spot foto yang eksotis dan orisinil biasanya menjadi buruan banyak pasangan yang lagi mencari tempat buat resepsi pernikahan. Biarpun tempatnya sedikit sulit dijangkau atau mahal, mereka rela mencarinya demi bisa menggelar acara di lokasi tersebut.

Kalau kamu punya banyak spot foto kayak gitu, mungkin bisa dijadikan modal utama kamu membuka ide bisnis wedding organizer.

Gimana, pernah terpikirkan gak melakukan 5 ide bisnis tersebut ketika melakukan traveling? Gak ada salahnya buat mencoba suatu hal baru, siapa tahu malah bisa menjadi penghasilan utama nantinya. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1