5 Ide Bisnis Unik yang Bikin Sukses, Jual Cincin Mantan hingga Sewa Ayam

4 menit
Ide bisnis
5 Ide Bisnis Unik yang Bikin Sukses, Jual CIncin Mantan hingga Sewa Ayam, (Ilustrasi/Shutterstock).

Untuk memulai menjadi seorang pengusaha, kamu harus ketahui dulu ide bisnis apa yang bakal dijalankan. Bisnis yang paling pasaran di Indonesia sih kalau gak kuliner, ya fesyen.

Memutuskan terjun ke dunia bisnis berarti kalian harus siap bersaing. Banyak para pengusaha yang telah meraih kesusesannya sebelum kamu memulai. Sebelumnya tentukan dulu mau bidang apa bisnismu, kalau kuliner dan fesyen ya pasti banyak banget saingannya.

Salah satu cara bisa menembus pesaing-pesaing tersebut adalah dengan menambahkan krativitas di dalam bisnismu. Kalau perlu tuangkan ide-ide unik yang belum pernah digunakan oleh pebisnis lain bahkan yang nyeleneh sekalipun.

Tapi, kreativitas dan ide unik saja belum tentu bisa membawamu menjadi pebisnis sukses. Salah satu kunci utamanya yaitu memiliki nilai jual. Meskipun ide bisnismu unik namun gak punya nilai dan daya saing ya sama saja bohong.

Buat kamu yang masih bingung ide bisnis apa yang cocok, berikut ini ide usaha yang unik dan lain daripada yang lain, tapi berhasil meraih kesuksesan. Mungkin bisnis seperti ini gak bakal ada di Indonesia.

Baca juga: Boleh Dicoba! 5 Ide Bisnis Ini Selalu Laris Manis dan Gak Ada Matinya

1. Ide bisnis jualan cincin pasangan yang bercerai

Ide bisnis
Menjual cincin pertunangan dan pernikahan bisa dijadikan bisnis, (Ilustrasi/Shutterstock).

Penjual cincin mungkin sudah banyak di Indonesia. Kalian bisa mendapatkannya di toko perhiasan, atau membelinya secara online melalui e-commerce terpercaya. Tapi di luar sana ternyata ada marketplace yang menjual cincin pasangan yang gagal bertunangan, atau gagal membina rumah tangga.

Ialah Joshua Opperman yang berada di belakang bisnis sukses ini. Ide bisnis ini muncul dari kenyataan pahitnya yang gagal menikah. Pada saat tunangan, keduanya pun saling bertukar cincin, dan Joshua sangat menjaga cincin tersebut hingga hari pernikahan mereka tiba. Tapi ternyata pernikahan itu kandas ia pun sepakat buat menjual cincin tunangannya.

Joshua kemudian pergi ke toko perhiasan tapi sayang, perhiasan tersebut hanya ditawar US$ 3.500, padahal harga aslinya US$ 10.000. Akhirnya ia memutuskan membuat sendiri situs yang diberi nama I Do, Now I Don’t. Di sini, semua orang berkesempatan buat menjual cincin bekas tunangan atau bekas pernikahan tanpa perlu harus ke toko perhiasan.

Dari kesedihannya itu ia akhirnya berhasil menjadi pengusaha sukses dan sudah diliput di berbagai situs media besar seperti CNN, Fox News, hingga The New York Times.

Baca juga: 2 Masalah yang Paling Banyak Diadukan Konsumen Indonesia

2. Penyewaan ayam

Ide bisnis
Penyewaan ayam jantan dan betina juga bisa dijadikan bisnis nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mungkin ide bisnis yang satu ini kelewat nyeleneh. Bahkan kamu pasti juga bertanya-tanya, siapa yang mau menyewa seekor ayam? Tapi ternyata ini merupakan salah satu bisnis yang sukses.

Bisnis ini didirikan oleh Leslie Suitor asal Chicago. Ide awalnya adalah ia ingin memfasilitasi orang-orang yang ingin merasakan sensasi menjadi ataupun ingin belajar menjadi seorang peternak. Mengingat hal itu sangat sulit dan membutuhkan modal yang besar, maka Leslie memanfaatkan peluangnya.

Syaratnya adalah para penyewa kudu bayar US$ 250 sepanjang musim panas. Dengan biaya sewa tersebut mereka bakal mendapatkan sepasang ayam jantan dan betina, sekaligus mendapatkan keuntungan menikmati telor setiap hari langsung dari ayamnya.

Dilihat dari website resminya Rent The Chicken, mereka sudah beroperasi di 20 negara bagian di Amerika Serikat sekaligus Kanada.

Baca juga: Zamannya Teknologi Big Data, Ini 5 Profesi Paling Dicari! Ada Pekerjaan Idamanmu?

3. Pembantu orang yang mabuk

Ide bisnis
Menolong orang yang tengah mabuk bisa juga nih jadi ide bisnis, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ide bisnis unik satu lagi adalah membantu orang yang mabuk akibat alkohol. Bisnis ini mungkin belum ada di Indonesia, tapi di Australia bisnis ini sukses.

Mabuk bisa menjadi petaka yang buruk bagi orang maupun lingkungan di sekitarnya. Gimana gak, orang yang mabuk pasti akan kehilangan kendalinya dan bertingkah di luar kesadarannya. Nah kadang, aksi-aksi yang mereka lakukan ini sangat meresahkan hingga membuat kekacauan.

Untuk itu, mereka haru segera ditangani segera agar gak menambah kekacauan. Salah satu caranya adalah dengan memanggil Hangover Helpers. Mereka siap buat mengantarkan orang-orang mabuk ke rumahnya, atau juga membersihkan kekacauan yang diakibatkan oleh orang tersebut. Bisnis ini sudah berjalan di Perth dan Melbourne dan telah masuk ke media internasional seperti CBS, hingga Forbes.

4. Jualan botol oksigen

Ide bisnis
Menjual botol oksigen juga bisa kamu lakukan nih buat mendapatkan cuan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Oksigen kan gratis, kok diperjual belikan sih? Nah, kenyataannya, bisnis ini berkembang menjadi perusahaan besar dengan nama Vitality Air. Didirikan oleh Moses Lam yang merupakan seorang lulusan sarjana bisnis di Kanada.

Saat itu ia khawatir dengan kualitas udara di beberapa daerah yang mulai terkontaminasi polusi. Kondisi buruk ini jika terus-terusan dibiarkan bakal mengganggu kesehatan warga. Akhirnya ia menciptakan perusahaan ini, yang berfokus pada penjualan oksigen dalam botol. Oksigennya diambil langsung dari Pegunungan Rocky di Amerika Utara.

Pasar utama mereka adalah Beijing, China. China memang sudah berkali-kali dikenal sebagai negara paling polusi di dunia. Asap-asap pabrik dan emisi kendaraan bikin udara di sana gak sehat lagi untuk masyarakatnya.

Vitality Air dijual dalam beberapa kemasan botol, ada yang 4,5 liter sampai 10 liter. Dikutip dari laman resminya harganya untuk yang 10 liter mencapai US$ 55 atau Rp 779 ribu.

5. Bisnis pelampiasan emosi

Ide bisnis
Bisnis meluapkan emosi juga ada dan bisa dijadikan ladang uang nih, (Ilustrasi.Shutterstock).

Emosi kalau hanya dipendam mungkin akan menimbulkan penyakit. Oleh karenanya sangat perlu buat dilampiaskan dalam hal yang positif. Di Tokyo ada sebuah ide bisnis keren buat kamu yang pengen ngeluapin emosi tapi gak pakai marah-marah ke orang lain, namanya ada The Venting Place.

The Venting Place letaknya di Akihabara, di sini kamu dipersilakan buat meluapkan emosi dengan membanting barang-barang pecah belah ke dinding. Tapi setiap barang yang kamu pecahkan kamu harus membayarnya. Ada piring, gelas, atau benda-benda lainnya dengan harga mulai dari 200 yen sampai 1.000 yen.

Rata-rata mereka yang berkunjung adalah orang-orang yang stres dan emosi karena pekerjaan dan krisis keuangan. Dijamin deh, keluar dari tempat ini, emosi dan stres kamu bakalan sirna.

Buat menemukan ide bisnis yang pas, kalian juga perlu memperhatikan lingkungan sekitar. Cobalah lebih peka buat mengetahui apa yang sebenarnya dibutuhkan masyarakat saat ini. Jangan hanya sekadar ikut-ikutan saja! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!