Banner ImageBanner Image

Ide Pesta Ulang Tahun Anak di Bawah Umur 10 Tahun dengan Bujet Rp 1 juta

5 menit
Ide pesta ulang tahun anak

Buat orang tua yang disiplin dalam hal keuangan, bujet adalah segalanya. Bahkan pengeluaran anak pun dibujetin agar melatih kedisplinan sang buah hati dan, tentu saja, menekan pengeluaran keluarga.

 

[Baca: Gimana Cara Ngedidik Anak tentang Uang?]

 

Tapi kalau udah menghadapi hari ulang tahun anak tercinta, siapa sih orang tua yang gak pengin ngerayain hari jadi itu dengan meriah? Masalahnya, pesta yang meriah umumnya identik dengan pengeluaran yang melimpah.

 

Eitttsss…Itu kan umumnya. Bisa kok ngerayain ulang tahun anak dengan bujet ditekan seminim mungkin, bahkan sampai Rp 1 juta. Tapi pastinya undangan juga terbatas, maksimal 20 anak.

 

Simak aja ide pesta ulang tahun anak dengan bujet Rp 1 juta di bawah ini:

 

1. Pesta Cokelat

Semua anak suka cokelat! Ide ngerayain ulang tahun anak pertama adalah bikin pesta cokelat. Caranya, beli cokelat batangan kiloan di toko kue, pasar, atau supermarket, lalu lelehkan. Beli juga cetakan kue atau es krim.

 

[Baca: 3 Trik yang Bikin Belanja Bulanan di Supermarket Lebih Menguntungkan]

 

Setelah semua anak datang, ajak ke dapur dan biarkan mereka berkreasi dengan ide masing-masing untuk membuat bentuk cokelat kesukaan mereka. Sebelum pesta dimulai, beri tahu anak-anak agar membuat cetakan cokelat dengan tertib biar dapur gak berantakan.

 

Setelah semua cetakan terisi cokelat leleh, masukan ke freezer. Sambil menunggu cokelat membeku, ajak anak-anak bernyanyi dan potong kue. Setelah prosesi ulang tahun selesai, saatnya pesta cokelat!!

 

ide pesta ulang tahun anak

 Siapa sih gak suka cokelat, orang dewasa aja suka apalagi anak-anak

 

 

Pengeluaran:

– Cokelat batangan: 5 kilogram x Rp 75 ribu= Rp 375 ribu

– Cetakan kue dan stik es krim= Rp 75 ribu

– Cake ulang tahun: Rp 200 ribu

– Dekorasi balon: Rp 50 ribu

– Bingkisan snack: Rp 15 ribu x 20 anak= Rp 300 ribu

 

2. Pesta topeng

Undanglah 20 anak untuk datang ke pesta topeng. Tapi yang bikin topeng bukan mereka. Kita siapkan dulu topeng tokoh-tokoh kartun, seperti Princess Elsa, Spiderman, Superman, dan lain-lain.

 

Pesan topeng tokoh yang kira-kira bakal disukai anak-anak yang diundang. Caranya, saat ngasih undangan ke mereka, tanyakan orang tua mereka kira-kira siapa tokoh yang mereka sukai. Gak perlu canggung, bilang saja bahwa tema pesta ulang tahun ini memang adalah topeng.

 

Kita bisa nanya ke abang-abang penjual mainan di sekolah di mana pesan topeng kayak gitu, mungkin mereka tahu. Atau bisa juga nyari di Internet. Forum jual-beli Kaskus, Tokopedia, dan situs toko online lain banyak kok yang jual topeng-topeng tokoh kartun.

 

ide pesta ulang tahun anak 2

Kalau mau lebih murah lagi, download aja pola-pola topeng superhero di google. Terus cetak and bikin sendiri!

 

 

[Baca: Ingin Jadi Reseller Toko Online? Siap-Siap Tahan Banting sama 13 Problem Ini!]

 

Pas pesta, bagikan topeng sesuai dengan yang disukai masing-masing anak, lalu bikin game. Misalnya tebak-tebakan yang berhubungan dengan topeng yang mereka pakai. Yang jawabannya bener dapat door prize berupa boneka atau mainan kecil.

 

Pengeluaran:
– Pesan topeng tokoh: Rp 10 ribu x 21 anak = Rp 210 ribu (1 buat anak sendiri)
– Door prize: Rp 240 ribu
– Cake ulang tahun: Rp 200 ribu
– Dekorasi balon: Rp 50 ribu
– Bingkisan snack: Rp 15 ribu x 20 anak= Rp 300 ribu

 

3. Pesta es krim

Ini mirip dengan pesta cokelat di atas. Bedanya, yang dipakai di sini adalah es krim. Beli saja es krim yang ukuran ember atau 8 liter, kira-kira harganya Rp 150-200 ribu. Es krim 8 liter dengan tiga rasa sekaligus (vanila, cokelat, strawberry) ini cukup untuk kurang-lebih 120 scoop.

 

Bikinlah pesta makan es krim dengan makanan pendamping roti tawar, strawberry, choco chips, dan lain-lain. Biar lebih seru, bisa sewa badut 1 karakter tanpa sulap atau yang paling murah.

 

ide pesta ulang tahun anak

Es krim bakalan gak pernah gagal deh memikat hati anak-anak dan pastinya bikin mereka ceria

 

Pengeluaran:
– Es krim 1 ember: Rp 200 ribu
– Makanan pendamping: Rp 100 ribu
– Sewa badut: Rp 150 ribu
– Cake ulang tahun: Rp 200 ribu
– Dekorasi balon: Rp 50 ribu
– Bingkisan snack: Rp 15 ribu x 20 anak= Rp 300 ribu

 

4. Pesta kebun

Kalau halaman rumah cukup luas, bisa dimanfaatin buat bikin pesta kebun yang ngirit buat ngerayain ulang tahun anak. Caranya, bikin permainan berburu hadiah, kayak harta karun gitu loh.

 

Kumpulkan anak-anak lalu kasih mereka petunjuk tentang barang yang harus mereka cari. Beri satu anak satu petunjuk, biar semua anak menang. Tentu saja itu artinya kita harus siapkan hadiah sesuai dengan jumlah anak.

 

ide pesta ulang tahun anak 4

Dijamin, pesta cari harta karun pasti bikin anak-anak (laki-laki maupun perempuan) penasaran dan penuh semangat!

 

 

Pengeluaran:
– Hadiah: Rp 25 ribu x 20 anak= Rp 500 ribu
– Cake ulang tahun: Rp 200 ribu
– Bingkisan snack: Rp 15 ribu x 20 anak= Rp 300 ribu

 

5. Ke Resto Fast Food

Ini yang paling simpel. Gak perlu bikin atau siapin ini-itu. Tinggal pergi ke resto fast food yang biasa nyediain ide ngerayain ulang tahun anak. Dengan bujet Rp 1 juta, di McD misalnya, udah bisa ngerayain ultah dengan paket silver.

 

Paket itu udah termasuk MC, hadiah, dekorasi, undangan, dan makanan. Jadi kita gak perlu mikir banyak. Tinggal bayar, beres.

 

ide pesta ulang tahun anak

Saat gak ada waktu buat bikin pesta ulang tahun anak, tinggal minta jasa restoran fast food aja deh

 

 

 

Itulah lima ide pesta ulang tahun anak dengan bujet Rp 1 juta. Perhitungan di atas tentunya cuma perkiraan, bukan mutlak segitu angkanya. Kalau ada yang kurang pas, bisa dimodifikasi sendiri sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

 

Untuk lebih menekan pengeluaran, gunakan dekorasi yang simpel. Undangan pun bisa nyetak dengan printer sendiri di rumah. Manfaatin Internet buat nyari template undangan, misalnya di Greetingsisland.com.

 

Pesta ulang tahun anak yang meriah itu penting, tapi yang lebih penting adalah kebahagiaan anak-anak itu sendiri. Merayakan hari jadi mereka bersama dengan orangtua dan teman-teman terkasih, juga sebenarnya sudah cukup kok.

 

[Baca: Mendidik Anak untuk Disiplin Gak Perlu Boros, Loh!]

 

 

 

Image credit:

  • http://www.oldenapleschocolate.com/images/class6-14sm.jpg
  • http://www.dhresource.com/0x0s/f2-albu-g2-M01-24-D9-rBVaG1Ru9W-AXwTiAAS_p0gjO90784.jpg/deluxe-felt-superhero-mask-superman-spiderman.jpg
  • http://kidspartyhubph.com/wp-content/uploads/2013/04/ice-cream.png
  • http://beafunmum.com/wp-content/uploads/2011/05/Make-a-treasure-map-2.jpgdzaXzOchUt8/VhIskRgXWPI/AAAAAAAABFA/DR5K9MzPB7k/s1600/Paket%2BUltah%2BAnak%2BKFC.jpg
MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan