Banner ImageBanner Image

Pengin Cepat Dapat Kredit Pinjaman? Perbagus iDeb SLIK OJK dengan Cara Ini

3 menit
Pengin Cepat Dapat Kredit Pinjaman Perbagus iDeb SLIK OJK dengan Cara Ini, (Ilustrasi/Shutterstock).

Informasi debitur atau iDeb dipakai lembaga keuangan sebagai ukuran apakah pengajuan pinjaman disetujui atau ditolak. Dulunya iDeb ini terdapat di BI Checking. Kini sejak beralihnya BI Checking ke SLIK OJK, kamu bisa bisa akses iDeb ke layanan dari OJK tersebut.

Emangnya iDeb ini apa sih? Informasi debitur atau iDeb adalah catatan riwayat atau histori kredit selama debitur memiliki kewajiban membayar cicilan pinjaman. Singkatnya, bank bisa tahu apakah kamu lancar atau macet bayar cicilan dari informasi debitur ini.

Makanya iDeb ini harus dijaga baik-baik kalau kamu pengin pengajuan pinjaman atau kartu kredit disetujui. Nah, supaya status informasi debitur tetap baik di mata bank, ada caranya nih.

Baca juga: Jangan Harap Pinjaman Tanpa Agunan Bisa Cair Kalau Hal-Hal Ini Terjadi

Namun, sebelum membahas caranya, gak ada salahnya mengulas sedikit lebih jauh tentang iDeb ini. Seperti apa? Yuk, disimak yang udah dirangkum oleh MoneySmart.id, berikut ini:

iDeb SLIK OJK dibilang bagus kalau kualitas kredit bagus

iDeb SLIK OJK
iDeb SLIK OJK (OJK)

Dalam informasi debitur atau iDeb selain berisikan data pokok debitur, lembaga pemberi pinjaman, hingga jumlah dana yang dipinjam, ada satu hal lagi yang paling penting, yaitu kualitas kredit si debitur.

Kualitas debitur ini tercantum dalam bentuk skor-skor sebagai ukurannya. Skor-skor inilah yang kemudian dikenal dengan nama kolektibilitas kredit.

Seperti yang pernah diulas Moneysmart sebelumnya, kolektibilitas kredit adalah klasifikasi status pembayaran angsuran atau pinjaman serta bunganya. Perihal kualitas kredit telah diatur dalam PBI No. 7/2/PBI/2005 tentang Penilaian Kualitas Aktiva Bank Umum.

Baca juga: Jangan Asal Dapat Uang Pinjaman, Ini Lho Konsekuensinya Pinjam di Aplikasi Online

Ada lima kualitas dalam kolektibilitas kredit yang menentukan calon debitur layak dapat pinjaman atau gak.

  • Kualitas 1 atau lancar menandakan calon debitur selalu tepat waktu dalam bayar cicilan atau tagihan.
  • Kualitas 2 atau Dalam Perhatian Khusus (DPK) menandakan calon debitur menunggak pembayaran angsuran selama 1 – 90 hari.
  • Kualitas 3 atau kredit kurang lancar menandakan calon debitur menunggak pembayaran angsuran selama 91 – 120 hari.
  • Kualitas 4 atau diragukan menandakan calon debitur menunggak pembayaran angsuran selama 121 – 180 hari.
  • Kualitas 5 atau macet menandakan calon debitur menunggak pembayaran angsuran selama 180 hari.

Nah, kamu bisa mendapat kucuran dana pinjaman kalau kualitas kredit kamu adalah kualitas 1. Sementara kalau kualitas 2 masih fifty fifty. Kalau kualitas 3 – 5, jangan banyak berharap deh.

Terus gimana caranya agar iDeb SLIK OJK dapat kualitas 1?

Terus gimana caranya agar iDeb SLIK OJK dapat kualitas 1?, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sebenarnya, cara-cara yang digunakan agar iDeb SLIK OJK selalu berstatus kualitas 1 itu simpel. Pastinya gak sulit buat melakukannya. Gimana caranya?

1. Bayar cicilan sesuai waktu yang udah disepakati

Apa sulitnya sih bayar cicilan pinjaman sesuai waktu yang udah disepakati? Tinggal lakukan transfer atau setor dana ke rekening yang autodebet, pembayaran cicilan selesai dilakukan.

Bisa dimaklumi sih sebenarnya kalau ada masa-masanya sulit buat bayar cicilan. Namun, persoalan tersebut terjadi gara-garanya pengelolaan keuangan yang gak baik.

Pakai deh rumus mengatur keuangan 50/30/20 yang mana 50 persen dari penghasilan buat kebutuhan bulanan, 30 persen buat kredit atau cicilan, dan 20 persen buat tabungan atau investasi. Dijamin deh kamu gak bakal sulit bayar cicilan.

Baca juga: Pinjaman Bank Itu Sangat Membantu, Tapi Bikin Rugi Kalau Dipakai Buat Hal Ini

Terus buat kamu yang kadang lupa bayar tagihan, ingatkan dirimu dengan pasang alarm di handphone supaya selalu ingat bayar tagihan. Dengan begitu, gak ada lagi cerita kamu bayar cicilan plus denda keterlambatan.

2. Gunakan kartu kredit buat ambil kepercayaan bank

Belum banyak yang tahu kalau menggunakan kartu kredit bisa bantu menjaga kolektibilitas kredit tetap baik. Rupanya bank cenderung percaya pengajuan pinjaman atau kartu kredit dari orang-orang yang punya kartu kredit.

Usut punya usut bank bisa terus mengetahui informasi terbaru mengenai status debitur. Apakah selama menggunakan kartu kredit si debitur selalu melunasi tagihan kartu kreditnya atau gak.

Kalau selama menggunakan kartu kredit kamu gak pernah telat bayar cicilan, pastinya iDeb SLIK OJK selalu tercatat kualitas 1. Asal tahu aja nih, pengguna kartu kredit lebih berpeluang dapat fasilitas pinjaman atau tawaran kartu kredit.

3. Ajukan pinjaman dengan besaran cicilan gak lebih dari 30 persen gaji

Mengajukan pinjaman juga harus mempertimbangkan kemampuan kamu dalam dalam membayar cicilannya. Jangan memaksakan diri mendapat pinjaman dengan besaran cicilan di luar kemampuan bayar kamu.

Walaupun kadang-kadang disetujui bank, pengajuan pinjaman dengan cicilan yang besar itu terlalu berisiko. Idealnya, cicilan kredit itu 30 persen dari gaji. Dengan kata lain, kamu harus ajukan pinjaman dengan besaran cicilan kurang dari 30 persen gaji.

Kenapa harus 30 persen gaji? Sebab kamu gak mau bukan kalau gaji yang diterima habis banyak buat bayar cicilan? Apalagi kalau sampai pemenuhan kebutuhan lain terganggu gara-gara bayar cicilan. Makanya angka 30 persen ini diambil sebagai alokasi bayar kredit.

Itu tadi cara-cara agar iDeb SLIK OJK selalu dapat kualitas 1. Dengan menerapkan cara-cara di atas, dijamin deh saat kamu mengecek iDeb nanti, skornya selalu 1, 1, dan 1. (Editor: Mahardian Prawira).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan