Persis Kayak Indonesia! Begini Perayaan Idul Fitri di 7 Negara Lainnya

4 menit
Persis Kayak Indonesia! Begini Perayaan Idul Fitri di 7 Negara Lainnya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Setelah kurang lebih sebulan berpuasa, kini tiba saatnya merayakan Hari Raya Idul Fitri. Gak perlu bermewah-mewah yang penting bisa saling merefleksikan kesalahan diri sendiri dengan orang lain selama satu tahun ke belakang. Meminta maaf dan saling memaafkan adalah tujuan hari raya suci ini.

Berbicara soal tradisi, Indonesia sendiri memiliki banyak tradisi hari raya yang masih bertahan hingga sekarang salah satunya makan ketupat. Ketupat udah menjadi makanan wajib tahunan kala Hari Raya Idul Fitri tiba. Makannya paling enak bersama menu lainnya seperti opor ayam dan juga sambal goreng ati, plus kerupuk udang biar lebih gurih.

Kemudian ada lagi tradisi yang gak kalah menarik adalah, bagi-bagi THR atau angpao. Biasanya hanya anak-anak dan remaja yang belum bekerja saja yang bakalan menerima, sementara mereka yang sudah bekerja bertindak sebagai pemberi uang.

Kalau berbicara tentang tradisi di Indonesia mungkin udah gak menarik lagi bagi kamu. Tapi bagaimana dengan tradisi Idul Fitri di negara-negara lain yang ternyata memiliki banyak kesamaan dengan di Indonesia?

Baca juga: Hidup Sederhana! Ruben Onsu dan Sarwendah Liburan Mewah ke 5 Negara Ini

1. Turki

idul fitri
Lebaran di Turki hampir mirip kayak di Indonesia, (Ilustrasi/Unsplash).

Tradisi Idul Fitri di Turki mirip banget nih sama kayak di Indonesia. Saat hari H, mereka bakal keluar rumah mengenakan pakaian-pakaian baru kalau di sini disebutnya baju lebaran. Setelah dandan rapih dan cakep, mereka keliling deh ke keluarga dan kerabat terdekat buat saling memaafkan dan mendoakan di tahun berikutnya mendapatkan keberkahan.

Saat berkumpul, tuan rumah biasanya akan membagikan kue lebaran khas Turki yaitu Baklava. Baklava merupakan makanan ringan yang terbuat dari kacang walnut, diberi pemanis, dan dibungkus dengan roti tipis.

Baca juga: Mulai Jennifer Bachdim hingga Ayu Ting Ting, Ini Gaya Busana Artis di Hari Raya

2. Maroko

idul fitri
Maroko juga memiliki tradisi Lebaran mirip kayak di Indonesia, (Ilustrasi/Unsplash).

Setelah merayakan salat Ied para warga muslim Maroko kemudian kembali ke rumah masing-masing dan mulai berkumpul bersama keluarga. Kebersamaan mereka makin akrab dengan beragam kudapan khas tradisional Maroko. Biasanya yang dihidangkan ada Baghrir sejenis roti canai yang disantap dengan campuran madu dan keju serta Melwi pancake ala Maroko, semakin lengkap dengan teh mint.

Sama kayak di Indonesia, ternyata mereka juga ada sesi bagi-bagi angpao atau THR. Yang berhak menerima cuma anak-anak saja, sementara para remaja gak bakal kedapetan.

Baca juga: 6 Tradisi Lebaran Unik Ini Cuma Ada dan Dilakukan di Indonesia

3. Tunisia

idul fitri
Tunisia juga memiliki kemiripan kayak di Indonesia, (Ilustrasi/Unsplash).

Tunisia lebih senang merayakan Lebaran dengan suka cita dan gembira. Biasanya momen suci ini diisi dengan mendengarkan lagu-lagu khas dan menari bersama, tentunya sambil memegang secuil cemilan di tangan.

Saat Lebaran tiba yang bakal mendapatkan rezeki berlebih adalah para anak-anak. Mereka bakalan mendapatkan uang saku dari tamu yang berkunjung ke rumahnya, plus mendapatkan mainan teranyar.

4. Amerika Serikat

idul fitri
Amerika Serikat merayakan Idul Fitri mirip kayak di Indonesia juga lho ternyata, (Ilustrasi/Unsplash).

Merayakan Lebaran di negara barat seperti Amerika Serikat misalnya, memang bukanlah hal yang lumrah. Hal ini karena mengingat populasi muslim yang sangat kecil ditambah gak adanya libur nasional. Gak seperti di Indonesia yang liburnya bisa sampai satu minggu, di sana muslim paling cuma dapat jatah libur satu hari di hari H saja.

Memanfaatkan keterbatasan itu, biasanya mereka mengisi hari raya dengan berkumpul bersama dan makan di restoran-restoran. Paling meriah adalah dengan berkumpul bersama komunitas muslim di Islamic Center terdekat.

5. India

idul fitri
India juga memiliki kesamaan dengan rakyat Indonesia saat merayakan Lebaran, (Ilustrasi/Unsplash).

Di India, muslim juga menjadi kelompok minoritas. Mereka jarang menyelenggarakan acara-acara besar di publik, tapi giliran Hari Raya Idul Fitri, semuanya langsung tumpah ruah ke luar rumah. Mereka merayakan hari yang suci itu dengan suka cita berkumpul bersama keluarga dan kerabat terdekat.

Gak cuma kumpul aja tapi mereka juga saling menjajakan makanan khas salah satunya adalah sheer khurma. Sheer khurma terbuat dari bihun tapi dimasak berbarengan dengan kurma dan juga susu.

Sedangkan malam sebelum hari raya ada perayaan yang bernama Chand Raat. Dalam perayaan atau festival ini, para laki-laki dan perempuan keluar rumah dan berkumpul bersama. Yang laki-laki biasanya hanya sebatas kumpul dan ngobrol, sedangkan yang perempuan sibuk menghias tangan dan kuku mereka dengan hena.

6. Mesir

idul fitri
Mesir juga memiliki kemiripan dalam merayakan Lebaran, (Ilustrasi/Unsplash).

Perayaan Idul Fitri di mesir sama meriahnya dengan di Indonesia. Warga muslim Mesir merayakan hari raya itu selama 4 hari. Di hari pertama biasanya mereka pergi mengunjungi kerabat dan saudara sambil menyantap hidangan-hindangan khas. Kemudian anak-anak dengan riang gembira mengantre giliran mendapatkan uang dan mainan baru.

Gak cuma di dalam rumah saja, mereka rata-rata menghabiskan hari raya dengan bepergian ke luar seperti ke tempat-tempat budaya, mengarungi Sungai Nil, sampai berpesta di resor tepi Laut Hughada dan Sharm el-Sheikh.

7. Uni Emirat Arab

idul fitri
Uni Emirat Arab juga memiliki kebiasaan yang sama dengan orang Indonesia saat Lebaran, (Ilustrasi/Unsplash).

Sebagai negara yang mayoritasnya muslim, perayaan Idul Fitri di Uni Emirat Arab sangatlah meriah. Setiap sudut kota, tempat hiburan, pusat perbelanjaan dihias dengan semenarik mungkin buat menggambarkan suasana suka cita di hari kemenangan.

Namun, yang paling khas adalah jamuan santapan Ouzi. Ouzi merupakan makanan lokal yang hanya dihidangkan pada saat perayaan Idul Fitri.

Hidangan ini terbuat dari daging kambing, dicampur dengan nasi dan dihiasi dengan kacang goreng. Rasanya sangatlah sedap dengan rempah-rempah khas Timur Tengah yang menggugah selera.

Nah, itu tadi tradisi Idul Fitri di tujuh negara yang ternyata gak beda jauh sama di Indonesia. Intinya sih, selama perayaan itu bakal ada silaturahmi dengan keluarga maupun kerabat, makan-makan bersama, dan intinya bersuka cita menyambut lembaran kehidupan yang baru! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.