Mampu Beli Rumah Donald Trump, Ini 3 Orang Kaya RI dengan Ijazah Paket C

3 menit
Mampu Beli Rumah Donald Trump, Ini 3 Orang Kaya RI dengan Ijazah Paket C, (Instagram/@susipudjiastuti115).

Gak sedikit pengusaha sukses dan terkenal hanya lulusan bangku SMA unggulan dalam negeri maupun di luar negeri. Tapi ada juga yang gak mengantongi ijazah SMA dan cuma mengikuti ujian Paket C akhirnya sukses menjadi seorang pengusaha bahkan menteri lho!

Secara definisi, ada istilah jalur pendidikan yang namanya “Kelompok Belajar” alias Kejar. Kejar adalah jalur pendidikan ini merupakan jalur non-formal yang difasilitasi pemerintah buat siswa yang belajarnya gak melalui sekolah. 

Kejar itu sendiri ada tiga jenis, pertama adalah Paket A (SD), Paket B (SMP), dan Paket C (SMA). Setiap peserta Kejar bakal berpartisipasi dalam Ujian Kesetaraan yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Paket C merupakan jalan bagi kebanyakan orang yang pengin memiliki kesetaraan dengan SMA. Berbekal ijazah tersebut kamu bisa melamar kerja atau meneruskan pendidikan mu ke jenjang yang lebih tinggi.

Beberapa orang mungkin kurang sreg dengan ijazah pendidikan setara SMA itu. Tapi hal itu gak lantas membuat seseorang jadi gagal sukses dalam berbisnis maupun berkarier lho!

Ingin tahu siapa saja entrepreneur tajir yang mengantongi ijazah paket ini? Inilah mereka-mereka yang sukses berkarier hingga bangku kabinet Jokowi!

Baca juga: Dulu 10 Pengusaha Sukses Indonesia Ini Merangkak dari Nol, Sekarang Jadi Menteri

1. Oesman Sapta Odang

paket c
Oesman Sapta Odang salah satu orang sukses yang memiliki ijazah paket ini, (Instagram/@jaktv).

Ketua DPD RI satu ini juga merupakan seorang konglomerat pendiri OSO Group yang bisnisnya menggurita. Di tahun 2018, Oso masuk ke Globe Asia sebagai orang terkaya di Indonesia urutan ke-104. Kekayaan yang dimiliki OSO dikabarkan mencapai US$ 355 juta atau setara Rp 5 triliun!

Padahal, Oso cuma mengantongi ijazah SMA dan dia pun mendapatkannya lewat ujian Paket C.

Masa kecil pria ini memang cukup keras. Pria berdarah Sulsel dan Sumbar ini sempat berjualan rokok dan bekerja sebagai kuli angkut karet di perkebunan. 

Namun masa kecil itulah yang justru akhirnya menumbuhkan jiwa entrepreneurship seorang Oso. Berawal dari bisnis pertanian, ia pun akhirnya sukses mendirikan usaha di bidang properti, investasi, hingga pertambangan.

Salah satu anak usaha OSO Group yang melantai di bursa saham adalah PT Citra Putra Realty, Tbk (CLAY). 

Baca juga: Bukan Cuma Hary Tanoe, Ini Seleb Indonesia yang Punya Rumah di Luar Negeri

2. Hary Tanoesoedibjo

Paket C
Hary Tanoesoedibjo juga mengantongi ijazah paket ini, (Instagram/@hary.tanoesoedibjo).

Taipan media asal Surabaya ini baru aja jadi perbincangan publik lantaran membeli rumah milik Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. 

Dalam sebuah artikel di Merdeka, Hary Tanoe blak-blakan bilang kalau masa SMA-nya memang gak bersinar. Dirinya termasuk salah satu orang yang gagal di jenjang SMA, wajar saja pak HT ini emang agak badung dan sering balapan.

Alhasil, HT mengalami dropout oleh sekolahnya dan alih-alih mencari SMA baru, di tahun 1980-an dia justru mengambil ujian paket yang disebutkan di atas.. 

Tapi siapa sangka, setelah ujian Paket C ini, ia malah melanjutkan studinya hingga ke Kanada. Dan saat ini, dirinya menjadi konglomerat dengan kekayaan senilai Rp 14 triliunan!

MNC Group yang dipimpin HT, merupakan grup investasi terkemuka Indonesia dengan tiga bisnis utama, yakni media, jasa keuangan dan properti.

MNC Group mengemban visi menjadi pilar penting pertumbuhan ekonomi nasional, menciptakan lapangan kerja, dan menjadi pelopor pengembangan bisnis digital di Indonesia.

Di sektor media yang dioperasikan melalui anak usaha Global Mediacom atau dikenal sebagai MNC Media, MNC Group adalah pemilik media terbesar dan paling terintegrasi di Asia Tenggara.

Gak cuma media, MNC juga punya bisnis di sektor properti dan lainnya lho.

Baca juga: Ada yang Berharta Rp 14 T, 5 Wanita Ini Sukses Jadi Miliarder dari Bisnis Kecantikan!

3. Susi Pudjiastuti

paket c
Susi Pudjiastuti juga mengantongi ijazah paket c nih. Tapi siapa sangka dirinya menjadi orang penting di kabinet Jokowi, (Instagram/@susipudjiastuti115).

Satu tahun yang lalu, Menteri Perikanan dan Kelautan Republik Indonesia Susi Pudjiastuti dinyatakan lulus ujian dengan mengikuti Paket C. Menteri nyentrik ini sejatinya juga gak lulus SMA, karena aktif dalam gerakan Golput yang dilarang Orde Baru. 

Susi pun akhirnya pulang kampung dan memulai bisnis. Pada saat itu, dia berjualan bed cover dan baju dengan modal awal Rp 750 ribu dari menjual perhiasannya.

Lama kelamaan, ia pun melakukan ekspansi bisnis ke perikanan dengan produk unggulannya, yaitu lobster. Produk perikanan itupun sukses diekspor hingga ke Negeri Paman Sam!

Dan sekarang, bukan cuma bisnis di bidang perikanan aja yang sukses. Dia punya perusahaan penerbangan juga.

Perempuan asal Pangandaran ini juga menduduki posisi penting di pemerintahan.

Itulah tiga orang sukses di bidang bisnis yang mengantongi ijazah Paket C. Intinya, buat kamu yang emang memiliki dan mengikuti ijazah paket tersebut, gak usah malu dan kecil hati deh. Dengan bekerja keras masa depan kamu pasti bisa sukses buat diraih.

 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!