Jangan Sampai Gagal Lolos Seleksi CPNS 2018 Gara-Gara 4 Kesalahan Ini

3 menit
Para peserta tes CPNS. (Tempo/Aditia)
Para peserta tes CPNS. (Tempo/Aditia)

Pendaftaran CPNS 2018 udah dibuka sejak 26 September 2018 kemarin. Pendaftaran ini dibuka hingga 15 Oktober mendatang. Buat kamu yang udah meniatkan diri buat menjadi Pegawai Negeri Sipil atau PNS, buruan deh mendaftarkan diri.

Kamu bisa melakukan pendaftaran di portal sscn.bkn.go.id. Di situ kamu gak cuma mendaftarkan diri, tapi juga bisa melihat info formasi CPNS 2018 yang tersedia.

Seperti yang diberitakan banyak media, pemerintah, baik pusat maupun daerah, membuka formasi CPNS 2018 dengan kebutuhan 51.271 posisi buat ditempatkan di pusat. Sementara sebanyak 186.744 posisi bakal ditempatkan di daerah.

Sama seperti pembukaan CPNS sebelumnya, diprediksi jutaan orang bakal mengikuti seleksi penerimaan CPNS 2018. Pastinya persaingan bakal begitu ketatnya. Bayangkan aja, jutaan orang memperebutkan lebih dari 200 ribu posisi.

Karena itu, penting banget buat orang-orang yang mendaftarkan diri buat menghindari kesalahan seminimal mungkin. Asal tahu aja nih. Dalam proses verifikasi, kesalahan sekecil apa pun kemungkinan besar menyebabkan kamu gak lolos seleksi.

Terus apa aja nih kesalahan-kesalahan yang sebaiknya diwaspadai supaya bisa lolos seleksi CPNS 2018? Yuk cari tahu.

1. Gak mengikuti aturan dan syarat yang diminta

 

View this post on Instagram

 

A post shared by #ASNKiniBeda (@bkngoidofficial) on


Biasanya karena gak pengin ketinggalan dan semuanya pengin cepat beres, banyak para pelamar yang nekat gitu aja mendaftarkan diri. Padahal, udah jelas-jelas ada aturan yang berlaku dalam pendaftaran CPNS 2018.

Misalnya aja, pelamar cuma boleh memilih satu jabatan pada satu formasi dan satu instansi. Terus, banyak juga syarat spesifik yang mesti dipenuhi seperti misalnya berselfie setelah mendapatkan Kartu Informasi Akun SSCN 2018.

Makanya, dalam melakukan pendaftaran CPNS 2018 penting banget buat memperhatikan aturan dan syarat yang diminta. Sebab, kamu bakal jalani seleksi administratif. Kalau gak lolos di tahap ini, sayang banget kan kalau kamu gak bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.

2. Kurangnya wawasan kebangsaan

 

View this post on Instagram

 

A post shared by #ASNKiniBeda (@bkngoidofficial) on


Begitu lolos seleksi administratif, kamu nantinya lanjut ke tahap ujian CPNS 2018. Seperti sebelum-sebelumnya, ada tiga materi yang diujikan, yaitu Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Kepribadian (TKP), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Agar siap dalam mengikuti ujian nantinya, kamu perlu berlatih menjawab soal-soal yang diujikan. Kamu bisa mengasah kemampuan dengan membeli beberapa buku seleksi CPNS yang biasa dijual di toko-toko buku.

Rupanya gak sedikit lho yang menganggap remeh materi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) karena menganggap materi ini mirip-mirip pelajaran PPKN. Padahal, materi TWK itu lebih dari mata pelajaran PPKN lho.

Ada beberapa pertanyaan seputar undang-undang, pasal, dan ayat yang wajib kamu tahu. Kalau gak dijawab atau asal dijawab, bisa-bisa bikin jelek hasil ujian nantinya.

3. Pilih lembaga atau instansi yang gak sesuai kualifikasi

 

View this post on Instagram

 

A post shared by #ASNKiniBeda (@bkngoidofficial) on


Karena beranggapan bahwa ada sejumlah lembaga atau instansi tertentu yang lebih baik dari lainnya, banyak dari pelamar yang memutuskan mendaftarkan dirinya di lembaga atau instansi tersebut. Kesannya memaksakan diri, padahal gak sesuai sama kualifikasi mereka.

Sebenarnya, bebas-bebas aja sih kamu mau daftar ke mana. Cuma alangkah baiknya realistis juga. Kalau kualifikasi kamu gak memenuhi apa yang mereka mau, bisa-bisa kamu udah gagal di seleksi administrasi.

Gak sedikit juga nih yang emang dari awal udah berpikiran, ”Coba aja dulu, siapa tahu lolos.” Faktanya, strategi untung-untungan ini kemungkinan lolosnya kecil. Dan sebaiknya, strategi untung-untungan ini dihindari.

Jadi, kalau pengin kesempatanmu terbuka lebih lebar, pilih posisi sesuai kualifikasi. Pastikan, ijazahmu sesuai dengan jurusan yang diminta. Lalu, cari tahu juga seberapa besar minat orang terhadap posisi tersebut. Kalau rendah, makin besar peluangmu buat diterima.

4. Mengosongkan jawaban

 

View this post on Instagram

 

A post shared by #ASNKiniBeda (@bkngoidofficial) on


Banyak yang mengira bahwa kesalahan menjawab pertanyaan pada lembar soal bisa mengurangi skor atau nilai. Alhasil, gak sedikit yang memilih buat gak menjawab sama sekali alias mengosongkan kolom jawaban.

Padahal, memberi jawaban sekalipun salah gak akan berpengaruh terhadap hasil penilaian. Konsep Computer Assisted Test (CAT) pada ujian CPNS sebenarnya berbeda dengan ujian masuk universitas.

Kalau di universitas salah menjawab dapat mengurangi nilai, di ujian CPNS hal tersebut gak berlaku sama sekali. Karena itu, lebih baik menjawab daripada gak menjawab sama sekali. Siapa tahu benar sehingga dapat menambah perolehan nilai.

Udah tahu kan sekarang kesalahan-kesalahan seperti apa yang mesti dihindari supaya bisa lolos seleksi CPNS 2018? Satu lagi nih, terus pantau informasi seputar CPNS 2018 dan ingat baik-baik waktu yang udah dijadwalkan.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan kamu diterima menjadi PNS ya!

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!