6 Profesi yang Cocok Dijalani oleh Sarjana Ilmu Komunikasi

4 menit
pekerjaan yang butuh sarjana ilmu komunikasi
Ilustrasi skill ilmu komunikasi. (Shutterstock)

Ilmu komunikasi masih menjadi salah satu jurusan paling favorit di beberapa universitas negeri maupun swasta di Tanah Air. Selain bisa dilihat dari jumlah peminat jurusan yang mendaftar, terdapat banyak pula angkatan kerja yang memiliki latar belakang pendidikan tersebut. 

Terlalu banyaknya jumlah sarjana komunikasi di Indonesia sekarang ini membuat para pencari kerja yang memiliki gelar tersebut berlomba-lomba menduduki kursi di perusahaan yang diincar. Ada yang berhasil, namun gak sedikit juga yang harus rela pulang dengan tangan hampa.

Kalau kamu salah satu dari orang tersebut gak usah khawatir dan putus asa sebab terdapat cukup banyak peluang kerja yang bisa diambil dari lulusan komunikasi di banyak perusahaan. 

Nah daripada berlama-lama lagi, mending kamu lihat langsung aja enam jenis pekerjaan yang bisa dilakukan oleh lulusan ilmu komunikasi berikut ini, mengutip dari Career Addict. 

Baca juga: Pengisi Suara Aja Rp 700 Jutaan, Ini 5 Karier Cemerlang di Industri Video Game

1. Public relations (PR) atau humas

pekerjaan yang butuh sarjana ilmu komunikasi
Public relation. (Shutterstock)

Prospek kerja pertama yang bisa diambil oleh lulusan ilmu komunikasi adalah menjadi PR atau yang biasa disebut dengan humas dalam institusi pemerintah.

Untuk melakoni pekerjaan ini, kemampuan berbicara dan berbahasa kamu sangat dibutuhkan untuk mensosialisasikan segala hal, mulai dari event sampai permasalahan tertentu yang berhubungan dengan perusahaan serta menyangkut kepentingan banyak orang.

Rata-rata gaji yang ditawarkan juga lumayan menarik nih, yaitu sekitar Rp 6 jutaan hingga Rp 9  jutaan per bulan.

Baca juga: Penting untuk Jenjang Karier! Ini 6 Cara Tingkatkan Skill Berpikir Kritis Supaya Dilirik Bos

2. Jurnalis

pekerjaan yang butuh sarjana ilmu komunikasi
Jurnalis. (Shutterstock)

Untuk kamu yang punya cita-cita menjadi seorang jurnalis atau wartawan cocok banget nih mengambil jurusan ilmu komunikasi.

Sebab, dalam pekerjaan tersebut dibutuhkan kemampuan komunikasi yang baik untuk menggali informasi dari narasumber. Bahkan, kalau udah punya relasi yang bagus dengan narasumber, kamu bisa mendapatkan network baru lho. 

Jika melihat rata-rata gaji yang diberikan sebagai jurnalis angkanya menyentuh Rp 4 jutaan hingga 6 jutaan per bulan.

Baca juga: Pengin Punya Jenjang Jabatan Bagus? Ini 4 Kunci Sukses Meniti Karier

3. Human resources (HR)

pekerjaan yang butuh sarjana ilmu komunikasi
Human resources. (Shutterstock)

Siapa bilang menjadi seorang HR hanya bisa dilakukan oleh lulusan dari jurusan psikologi maupun manajemen? Kamu yang punya latar belakang ilmu komunikasi juga bisa menduduki kursi di departemen ini.

Walaupun emang secara akademis kedua jurusan tersebut lebih umum dicari oleh banyak perusahaan tapi kalau kamu pengin bekerja di posisi tersebut gak ada salahnya untuk mencoba. 

Gaji yang ditawarkan untuk seorang  pegawai HR juga terbilang lumayan apalagi kalau udah mencapai level manajer. Angkanya bisa mencapai Rp 5 jutaan hingga 7 jutaan per bulan.

4. Event organizer

pekerjaan yang butuh sarjana ilmu komunikasi
Event organizer. (Shutterstock)

Selanjutnya, ada Event Organizer atau yang biasa disebut dengan EO. Kemampuan berkomunikasi kamu bakal sangat berguna untuk menarik hati klien agar kesepakatan antara kedua belah pihak cepat tercapai.

Terdapat banyak jenis EO yang bisa kamu coba mulai dari event acara musik bertaraf internasional, event acara talkshow inspiratif, hingga acara creativepreneur yang belakangan lagi booming di Indonesia. Intinya, cocok deh untuk kamu yang suka bertemu dengan orang baru. 

Upah yang bisa didapatkan dalam setahun juga terbilang sangat layak di mana angkanya udah mencapai Rp 4 jutaan hingga Rp 7 jutaan per bulan.

5. Master of ceremony (MC)

pekerjaan yang butuh sarjana ilmu komunikasi
Master of Ceremony. (Shutterstock)

Guna menjalankan sebuah acara pasti dibutuhkan seorang atau dua orang MC yang membawakan rundown. Supaya meriah, MC yang dipilih harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik dengan penonton.

Jika kamu merasa suka menjadi pusat perhatian maka profesi yang satu ini bisa menjadi pilihan yang patut dicoba.

Nah yang membedakan pekerjaan yang satu ini dengan yang lainnya adalah upah yang didapatkan gak bisa diprediksi. Sebab, pendapatan sangat tergantung dari negosiasi, banyak tidaknya “jam terbang”, sampai popularitas si MC.

6. Penyiar radio

pekerjaan yang butuh sarjana ilmu komunikasi
Penyiar radio. (Shutterstock)

Jenis pekerjaan terakhir yang bisa kamu jalani dengan gelar ilmu komunikasi adalah menjadi penyiar radio.

Modal utama menjadi penyiar radio adalah skill berbicara yang baik agar para pendengar merasa nyaman, termasuk buat pendengar yang lagi bermacet-macetan di jalan. Biasanya, kalau udah cocok dengan satu penyiar, para pendengar setia bakal sulit pindah ke saluran lainnya.

Untuk bayarannya sendiri seorang penyiar radio secara rata-rata dibayar sekitar US$ 26 ribuan atau senilai Rp 369 jutaan per tahunnya.

Nah itulah 6 profesi yang bisa kamu jalani jika memiliki gelar ilmu komunikasi. Dari keenam jenis pekerjaan tersebut mana nih kira-kira yang kamu pengin tekuni? (Editor: Ruben Setiawan)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1