Diduga Korupsi Rp 26,5 Miliar, Imam Nahrawi Catatkan Beberapa Prestasi untuk Olahraga Indonesia

3 menit
prestasi olahraga di bawah imam nahrawi
Imam Nahrawi. (Tempo)

Nama Imam Nahrawi belakangan ini menjadi sorotan media Tanah Air terkait penetapan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi atas dugaan korupsi sebanyak Rp 26,5 miliar di Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. 

“Dalam penyidikan tersebut ditetapkan dua orang tersangka yaitu IMR, Menteri Pemuda dan Olahraga dan MIU, Asisten Pribadi Menteri Pemuda dan Olahraga,” terang Wakil Ketua KPK Alexander Marwata pada saat jumpa pers tanggal 18 September 2019, mengutip dari Kompas.

Dugaan korupsi tersebut terkait aliran dana hibah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga dengan total mencapai Rp 26,5 miliar. KPK menetapkan Imam Nahrawi dan asisten pribadinya sebagai tersangka.

Terlepas dari kasus tersebut, selama Imam menjabat, prestasi atlet Indonesia dalam 5 tahun belakangan ini terbilang sangat membanggakan.

Daripada berlama-lama lagi mending kita simak aja nih prestasi apa aja yang pernah dicatatkan Atlet Tanah Air semasa Imam Nahrawi menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga berikut ini:

Baca juga: Karier dan Harta Imam Nahrawi, Menpora dengan Kekayaan Rp 22,6 Miliar!

1. Meraih medali emas di Olimpiade Rio 2016

prestasi olahraga di bawah imam nahrawi
Olimpiade Rio 2016. (Shutterstock)

Salah satu prestasi terbaik yang pernah dicatatkan atlet Indonesia semasa Imam Nahrawi menjabat adalah satu medali emas di Olimpiade Rio tahun 2016 lalu.

Medali itu disumbangkan cabang Bulu Tangkis di mana pasangan ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir berhasil mengalahkan pasangan asal Malaysia Chan Peng Soon dan Goh Liu Ying dengan skor 21-14 dan 21-12.

Gak hanya itu, Indonesia juga sempat meraih 2 medali perak dari cabang angkat beban yang dicatatkan oleh Eko Yuli Irawan beserta Sri Wahyuni Agustiani.

Baca juga: Jadi Tersangka KPK, Ini Deretan Mobil di Garasi Menpora Imam Nahrawi

2. Menembus target medali Asian Games 2018 di Jakarta

Asian Games 2018 Jakarta. (Shutterstock)

Diantara yang lainnya, mungkin prestasi nomor 2 ini adalah yang paling membanggakan, yakni ketika Indonesia sukses menggelar salah satu event olahraga terbesar di dunia yakni Asian Games.

Bukan cuma sukses menggelar. Dari sisi target prestasi yang dipatok oleh Imam Nahrawi beserta jajarannya di mana pada awalnya hanya 16 medali emas, hasilnya justru melebihi ekspektasi. Indonesia berhasil meraih 31 medali emas, 24 medali perak dan 43 medali perunggu.

Fakta tersebut banyak mendapat apresiasi dari berbagai kalangan, mulai dari Presiden Jokowi hingga masyarakat. Bahkan pasca selesainya Asian Games 2018 sempat ada keinginan dari warga Tanah Air untuk memperpanjang event 4 tahunan tersebut.

Baca juga: Bebas dari Korupsi, Gak Disangka 20 Negara Ini Sangat Baik buat Jalankan Bisnis

3. Sea Games 2015 meraih 47 medali emas

Sea Games 2015. (Shutterstock)

Selanjutnya, ada Sea Games 2015 yang diadakan di Singapura. Kontingen Indonesia yang dilepas oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi berhasil membawa pulang 47 medali emas, 61 medali perak dan 74 medali perunggu.

4. Hanya meraih 38 medali emas di Sea Games 2017

prestasi olahraga di bawah imam nahrawi
Sea Games 2017. (Shutterstock)

Terakhir, ada Sea Games 2017 yang berlangsung di Malaysia. Atlet-atlet Indonesia berhasil meraih 38 medali emas, 63 medali perak dan 90 medali perunggu. Sayangnya hasil tersebut masih dibawah dari target yang dicanangkan pemerintah yakni 55 medali emas.

Nah itulah beberapa prestasi olahraga Indonesia semasa kepemimpinan Imam Nahrawi. Semoga Menteri Pemuda dan Olahraga yang selanjutnya bisa mencatatkan hasil yang lebih baik lagi ya! (Editor: Ruben Setiawan)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1