Dituduh Korupsi! Begini Gaya Hidup Mewah Mantan Ibu Negara Filipina Imelda Marcos

4 menit
Imelda Marcos

Imelda Marcos oleh pemerintah Filipina telah dipetintahkan untuk ditangkap atas tuduhan korupsi. Kamu tahu siapa perempuan?

Generasi ‘zaman now’ mungkin gak tahu siapa Imelda Marcos. Kecuali, mereka yang lagi ngambil kuliah jurusan hubungan internasional. Perempuan berusia 89 tahun ini merupakan mantan Ibu Negara Filipina.

Suaminya adalah Ferdinand Marcos, yang wafat di Hawaii pada 1989. Mantan Presiden Marcos berkuasa selama dua dekade secara otoriter. Dia juga dituduh mencuri uang negara. Kabarnya, sang istri juga terlibat dalam aksi tersebut.

Marcos pun dilengserkan lewat tuduhan kecurangan pemilu dan pelanggaran HAM, lewat demonstrasi tahun 1986.

Saat itu, Amerika yang masih dipimpin Ronald Reagan meminta Marcos mundur, dan Marcos bersama istrinya melarikan diri ke Hawaii. Marcos pun digantikan oleh Corazon Aquino, janda dari Benigno Aquino Jr. yang tewas dalam pembunuhan politik.

Kembali ke Imelda Marcos, perempuan yang terancam hukuman penjara 42 tahun ini memang cinta kemewahan.  

Penasaran seberapa mewah gaya hidup beliau selama jadi ibu negara? Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

1. 2.700 pasang sepatu mahal

Imelda Marcos (NBCNews)
Imelda Marcos (NBCNews)

Saat demonstran mengepung Istana Malacang pada tahun 1986, telah ditemukan kurang lebih 2.700 koleksi sepatu Imelda Marcos! 30 tahun berlalu, saat ini koleksi sepatu Imelda bisa ditemukan di Museum Sepatu, Markina.

Merek yang dikoleksi Imelda cukup beragam. Pastinya semua mahal, karena berasal dari produsen lokal maupun internasional seperti Ferragamo, Givenchy, Chanel, Christian Dior, Charles Jourdan, dan Bally.

Jenisnya juga beragam, mulai dari high heels, flat shoes, dan boot yang sebagian besar berkilauan serta dalam kondisi yang layak pakai.

2. Habiskan Rp 93 miliar dalam 90 hari buat hal konyol!

Imelda Marcos (Dailymail)
Imelda Marcos (Dailymail)

Yang ini gokil, masa iya uang Rp 93 miliar bisa habis dalam waktu 90 hari. Dan, apa sih yang dibeli Imelda Marcos? Apakah saham perusahaan ternama di Filipina, atau saham perusahaan besar? Ternyata, semuanya salah!

Imelda menghabiskan uang sebesar itu untuk keperluan konsumtif! Boro-boro beli saham untuk investasi.

Beberapa barang yang dia beli ternyata adalah perhiasan, lukisan Michael Angelo, mobil limousine, dan permen karet. Serius, dia membeli permen karet!

Bahkan, dia pernah meminta pesawat yang ditumpanginya untuk putar balik rute pernerbangan karena lupa beli “keju” untuk memasak. Ini sih kebangetan ya, putar balik demi keju? Mending karena urusan negara!

Imelda Marcos memang memiliki kebiasaan buruk soal belanja. Belanja Lady Gaga mungkin memang bisa ngabisin US$ 60 ribu (Rp 884 juta) untuk beli ikan, Elton John US$ 2 juta (Rp 29 miliar) untuk beli perlengkapan anaknya. Tapi Imelda, ya buat hal-hal seperti di atas itu.

Dia juga pernah dikabarkan membeli vas antik dari Dinasti Ming, kursi, sofa mahal, dan sebagainya. Pokoknya semuanya untuk keperluan konsumtif, dan hobi.

3. Koleksi bling-bling senilai US$ 21 juta

Imelda Marcos (Dailymail)
Imelda Marcos (Dailymail)

Gak mungkin cuma sepatu yang dikoleksi Imelda Marcos, dia juga mengkoleksi perhiasan. Koleksi perhiasan itu akhirnya memang disita Pemerintah Filipina.

Salah satu perhiasan yang dimilikinya Cartier dengan batu permata berwarna pink 25 karat. Sementara itu, dia juga punya gelang Bvlgari yang harganya US$ 1 juta.

Kalau ditotal, harga perhiasan Imelda Marcos semuanya mecapai US$ 21 juta atau Rp 309 miliar! Gila aja, uang segitu buat perhiasan. Mending buat beli rumah sekalian deh!

4. Dikelilingi orang-orang tajir dan kuat di dunia

Imelda Marcos
Imelda Marcos

Orang-orang yang ada di sekeliling Imelda Marcos juga bukan orang sembarang. Semuanya, orang-orang di dunia dan tajir-tajir.

Kecantikan Imelda Marcos saat muda juga cukup memukau pemimpin-pemimpin dunia seperti Fidel Castro, Moammar Khadafi, Mao Zedong, hingga Saddam Hussein.

Presiden Marcos tentu saja bangga punya istri yang luar biasa cantik pada saat itu. Sebagai Ibu Negara Filipina, Imelda juga sering mengadakan kunjungan kenegaraan atas namanya sendiri bukan atas nama suaminya.

Soal networking, dia jagonya. Gak heran juga kalau inner circle-nya orang-orang tajir.

Bahkan, Fidel Castro pernah mengungkapkan, hanya dua perempuan yang mobilnya disetiri selama hidupnya. Pertama adalah, ibunya sendiri, dan yang kedua Imelda.

Namun, inner circle-nya mulai meninggalkan Imelda saat Marcos lengser dari jabatannya. Namanya juga pertemanan politik, gak ada yang abadi.

5. Punya rumah mewah di kawasan pantai

Imelda Marcos (Telegraph)
Imelda Marcos (Telegraph)

Foto rumah mewah beliau memang agak sulit dicari di media. Kabarnya, Imelda sempat membeli rumah dengan 21 kamar di wilayah pantai.

Dan rumah tersebut diisi perabotan supermewah seperti yang disebutkan di poin kedua. Patung-patung, vas bunga antik, lukisan, dan sebagainya menghiasi rumah tersebut.

Rumah itu kabarnya juga sering dijadikan tempat pesta bagi teman-temanya yang merupakan konglomerat.

Seperti itulah fakta kekayaan dan gaya hidup mewah Imelda Marcos. Cukup bikin melongo ya! Dan, tentunya bikin emosi warga Filipina gak lain adalah karena sumber kekayaannya dari uang negara.

Kira-kira gimana tanggapanmu dengan kasus korupsi beliau? Apakah setara dengan ancaman hukumannya? (Editor: Chaerunnisa)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.