5 Spot Ciamik di Singapura Buat Rayakan Malam Imlek Bareng Keluarga

4 menit
5 Spot Ciamik di Singapura Buat Rayakan Malam Imlek Bareng Keluarga, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sebentar lagi etnis Tionghoa bakal merayakan Tahun Baru China atau yang biasa kita sebut Imlek. Kemeriahannya dengan segala pernak-pernik khasnya sudah mulai terasa dirasakan nih baik di Indonesia maupun di negara lain seperti Singapura.

Perayaannya yang biasanya berlangsung meriah pastilah ditunggu-tunggu bagi kebanyakan etnis Tionghoa nih. Gak hanya oleh etnis Tionghoa tetapi juga masyarakat lainnya. Bagaimanapun juga setiap imlek pasti kita juga bakal dapat jatah liburnya.

Perayaan Imlek selalu identik dengan pesta yang meriah dengan berbagai khasnya. Kamu pasti sudah menyadarinya, biasanya sebulan sebelum perayaan, pasti ada aja tuh pernak-pernik khas Imlek seperti barongsai, lampion, amplop angpao, nemplok di pusat kota.

Kamu jadi gak perlu jauh-jauh ke China buat merasakan sensasi Imlek. Tapi kalau kamu bosan di Indonesia, kamu bisa kok ke negara-negara terdekat seperti di Singapura misalnya.

Baca juga: Kemenpar Targetkan 3 Juta Wisatawan Tiongkok Liburan saat Imlek di Indonesia

Perayaan Imlek di sana gak kalah meriah sama di China, mengingat populasi penduduknya mayoritas etnis Tionghoa. Berikut ini kita rangkum 5 spot menikmati malam pergantian Tahun Baru China atau Imlek di Singapura.

1. Chinatown

Chinatown di Singapura gak kalah menarik dengan yang di China lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Di sini merupakan kawasan yang paling terkenal di Singapura. Dikutip dari visitsingapore.com kawasan ini tadinya merupakan tempat berkumpulnya para imigran dari China. Mereka kemudian membangun kuil dan gerai-gerai pengobatan tradisional berusia ratusan tahun yang masih terjaga saat ini.

Kalau malam hari kalian bisa ke Chinatown Food Street. Merasakan perpaduan budaya masakan khas Tiongkok, Melayu, dan India kamu bisa rasakan di sini, yang pastinya menggugah selera kamu. Contohnya mie goreng dengan daging kambing!

Baca juga: 5 Ide DIY Dekorasi Hari Raya Imlek Bermodal Kertas dan Angpao

Gak cuma gerai tradisional, kamu juga bisa kok menemukan cafe dan bar modern. Cocok banget buat nongkrong bareng keluarga atau sahabat sambil menghabiskan malam perayaan Imlek.

2. River Hongbao

River Hongbao bisa dijadikan salah satu tujuan liburan Imlek di Singapura, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sejak 1987, River Hongbao merupakan festival yang kudu banget dihadiri selama perayaan Tahun Baru China. Festival ini digelar di spot paling terkenal di Singapura yaitu Marina Bay.

Di sini kamu akan disuguhkan dengan lentera-lentera raksasa yang menggambarkan tokoh legenda Tiongkok seperti penggambaran Dewa. Atraksi kembang api penuh warna-warni akan menambah semarak suasana.

Baca juga: Daftar Lengkap Diskon Tahun Baru Imlek 2018 di E-Commerce

Kalau lapar, tinggal pindah ke Food Street yang ada di dekat area festival dengan berbagai macam hidangan yang memanjakan lidahmu dan menggiurkan selera.

Dijamin perayaan Imlek kamu bakalan membekas dan gak terlupakan!

3. Cingay Parade

Cingay Parade salah satu pertunjukkan yang wajib kamu saksikan saat liburan Imlek di Singapura, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kamu pasti tahu kalau salah satu arena F1 ada di Singapura. Nah kalau pas Tahun Baru China, sirkuit F1 di sini disulap jadi arena festival yang meriah dinamai Chingay Parade.

Parade kostum unik yang diikuti oleh beragam etnis mulai dari Tionghoa, Melayu hingga India bakal tumpah ruah di sini. Beragam kendaraan hias, barongsai, serta kostum-kostum unik menyemarakkan Imlek.

Dikutip dari visitsingapura.com, Chingay Parade sudah ada sejak 40 tahun lalu, sebagai festival alternatif. Karena saat itu, Singapura melarang perayaan Imlek dengan merayakan petasan sebagai praktik mengusir roh jahat.

4. Universal Studio

Universal Studio di Singapura juga bisa kamu jadikan tempat liburan saat Imlek nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Universal Studio kamu pasti tahu dong. Salah satu taman hiburan yang paling terkenal di Singapura, bisa dibilang, kalau kamu ke Singapura tapi gak ke sini kurang sah deh.

Di sini kamu bakal menjelajah dunia film dengan cara yang unik. Berbagai wahana seperti Transformer, atau Ancient Egypt mampu mendebaarkan dan menguji adrenalin kita. Atau main basah-basahan di wahana Madagascar.

Kalau Tahun Baru China, Universal Studio bakal berbenah dengan pernak-pernik ornamen Imlek, juga parade dengan kostum-kostum unik. Jadi perayaan Imlek kamu gak bakal boring deh dengan wahana-wahana dan hiburan yang menyenangkan. Jangan lupa foto-foto dengan latar belakang yang menarik ya, dijamin banyak yang nge-like!

Harga tiket masuknya sekitar Rp 800 ribuan, tapi kalau kamu pesen via Traveloka bisa dapat promo murah, dapat potongan dengan harga Rp 675 ribu.

5. Garden By The Bay   

Garden By The Bay di Singapura biasanya bakal ramai banget nih saat prayaan Imlek, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ketika kamu masuk ke kawasan ini, kamu bakalan disambut oleh taman dengan beranekaragam jenis bunga. Semakin indah dan enak dilihat dengan varian warna yang juga banyak. Ini seperti taman.

Katanya sih tanaman-tanaman di sini berasal dari seluruh penjuru dunia. Penempatannya pun disusun semenarik mungkin sehingga kamu gak bakal bosen deh memandangnya.

Salah satunya seperti Supertree Grove, sebuah instalasi tinggi yang menyerupai pohon raksasa. Di instalasi tersebut menggantung tanaman dan bunga-bunga yang disusun secara vertikal.

Sama seperti spot lainnya, kalau pas lagi tahun baru China, Garden By The Bay berhias diri dengan ornamen-ornamen Imlek. Jadi makin mantep deh kalau dijadiin latar belakang foto.

Dikutip dari laman resminya, harga tiketnya untuk orang dewasa US$ 28 atau Rp 390 ribuan  kalau untuk anak-anak US$ 15 atau Rp 200 ribuan.

Kamu juga perlu cek dulu berapa tiket pesawatnya ke sana, takutnya mahal banget karena momen tahunan kaya Imlek gini. Tapi kalau dilihat di Traveloka sih harganya normal-normal aja. Untuk pemberangkatan hari Senin 4 Februari 2019 dengan pesawat Lion Air berangkat pukul 13.45 WIB harga tiketnya Rp 500 ribu. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.