Terbesar di Dunia! Ini 10 Perusahaan Global Paling Top dalam Industri Semen

3 menit
industri semen
Terbesar di Dunia! Ini 10 Perusahaan Global Paling Top dalam Industri Semen, (Ilustrasi/Shutterstock).

Industri semen di Indonesia belakangan ini lagi hangat jadi pemberitaan. Pasalnya, kehadiran perusahaan semen asal China menambah catatan baru dalam daftar pemain semen di Indonesia.

Harga semen perusahaan asal China lebih murah dan mendapat perhatian serius dari perusahaan-perusahaan semen asal Indonesia. Alhasil harga jual semen produsen lokal pun ikut menyesuaikan agar tetap laku dan bersaing di pasaran.

Dari informasi yang beredar beberapa merek semen perusahaan China bersaing dengan merek lokal. Mulai dari merek CONCH, Garuda, hingga HIPPO.

Reaksi beragam diberikan orang-orang yang pekerjaannya berhubungan dengan penggunaan semen. Salah satunya berpendapat harga semen perusahaan China yang murah ternyata gak dibarengi dengan kualitas bagus. Semen merek lokal tetap menjadi yang terbaik dan primadona.

Di Indonesia sendiri tercatat cukup banyak perusahaan yang berbisnis di industri semen. Beberapa di antaranya bahkan bisa dibeli sahamnya lho, seperti Indocement Tunggal Prakarsa, Semen Indonesia, Semen Baturaja, hingga Solusi Bangun Indonesia.

Nah, perusahaan-perusahaan yang disebut tadi emang paling besar buat skala Indonesia. Gimana dengan skala internasional? Perusahaan-perusahaan mana aja yang menjadi terbesar di dunia karena berbisnis di industri semen? Cari tahu yuk dalam ulasan berikut ini.

Baca juga: APBN Indonesia Gak Ada Apa-apanya Dibandingkan Nilai Jual Deretan Perusahaan Ini

Ini 10 perusahaan global yang paling top dalam industri semen

Industri semen
Ini nih deretan perusahaan global terbesar yang begerak dalam industri semen, (Twitter/@LafargeHolcim).

Merujuk pada data yang dihimpun Global Cement Directory 2018, ada sepuluh perusahaan terbesar di dunia menjalankan bisnis di industri semen. Perusahaan-perusahaan tersebut bisa diketahui memiliki lebih dari 12 pabrik. Berikut ini daftar perusahaannya.

Perusahaan semen Asal negara Jumlah pabrik semen
LafargeHolcim Swiss 220
HeidelbergCement Jerman 141
Cemex Meksiko 61
UltraTech Cement India 39
Votorantim Brazil 59
InterCement Brazil 42
CRH Irlandia 42
Buzzi Unicem Italia 37
Eurocement Rusia 19
Dangote Cement Nigeria 12

Data yang tersaji dalam tabel di atas menempatkan LafargeHolcim sebagai perusahaan terbesar dalam industri semen. Perusahaan multinasional asal Swiss telah beroperasi di 80 negara.

Perusahaan semen ini sendiri merupakan hasil peleburan antara Lafarge dan Holcim. Nah, di Indonesia ada merek dagang semen Holcim yang diproduksi PT Solusi Bangun Indonesia, Tbk. Kini perusahaan tersebut telah dikuasai PT Semen Indonesia, Tbk.

LafargeHolcim yang sahamnya diperdagangkan di SIX Swiss Exchange memiliki kapitalisasi pasar senilai US$ 30,85 miliar. Kalau dirupiahkan, nilainya mencapai Rp 431 triliun.

Di posisi kedua terbesar ada perusahaan semen asal Jerman, yaitu HeidelbergCement. Perusahaan beroperasi di 60 negara dan memiliki kapitalisasi pasar senilai US$ 13,68 miliar atau sekitar Rp 191,19 triliun.

Menariknya nih di Indonesia, HeidelbergCement mengoperasikan bisnisnya lewat PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk. HeidelbergCement diketahui menguasai saham Indocement sebesar 51 persen.

Baca juga: Dengan Nilai hingga Ribuan Triliun, Ini 5 Perusahaan Gas Terbesar di Dunia

Di Indonesia dua perusahaan semen terbesar berstatus BUMN dengan nilai di atas Rp 10 triliun

industri semen
Di Indonesia dua perusahaan semen terbesar berstatus BUMN dengan nilai di atas Rp 10 triliun, (Ilustrasi/Shutterstock).

Balik lagi ke industri semen Indonesia rupanya ada dua perusahaan milik negara alias BUMN yang berbisnis di sektor ini. Dua perusahaan semen adalah PT Semen Indonesia, Tbk. dan PT Semen Baturaja, Tbk.

Kedua perusahaan tersebut tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Itu berarti siapa pun bisa membeli saham kedua perusahaan semen tersebut.

Sejak terdaftar di bursa nilai perusahaan telah bertumbuh lebih dari Rp 10 triliun. PT Semen Indonesia, Tbk. (SMGR) menjadi BUMN semen yang paling besar kapitalisasi pasarnya, yaitu Rp 74,14 triliun. Sementara  PT Semen Baturaja, Tbk. (SMBR) memiliki kapitalisasi pasar sebesar Rp 11,42 triliun.

Nah, itu tadi informasi seputar perusahaan-perusahaan besar yang berbisnis di industri semen. Dari sekian nama perusahaan semen yang terdaftar di bursa, ada gak salah satunya kamu miliki sahamnya? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!