Masih Takut Berinvestasi? Coba Baca 7 Buku yang Dibaca Miliarder Dunia

4 menit
Membaca buku biar sukses investasi (Shutterstock)

Investasi penting dilakukan untuk memastikan masa depan kamu terjamin, seperti membiayai sekolah anak sampai lulus kuliah, atau modal usaha ketika sudah pensiun nanti. Tapi, masih banyak orang yang takut berinvestasi karena khawatir menghadapi risikonya.

Investasi memang belum bisa ditebak apakah akan membuat pelakunya untung atau rugi. Kekhawatiran ini yang kadang menghambat seseorang untuk semakin sukses di kemudian hari.

Untuk menghindari hal itu, ada baiknya kamu belajar dari pengalaman-pengalaman orang lain, dengan mendengarkan cerita teman, rekan bisnis, atau dari buku-buku.

Cara ini bagus lho untuk menambah pengetahuan kamu tentang investasi sebelum terjun ke dalamnya. Pasalnya, pengalaman merupakan guru paling hebat bagi siapa saja.

Nah, buat kamu yang mau memulai investasi, tujuh buku bagus seperti dikutip dari Businessinsider ini bisa menjadi sumber pengetahuanmu tentang dunia investasi:

“Security Analysis”

Buku Security Analysis rekomendasi dari Warren Buffet
Buku Security Analysis rekomendasi dari Warren Buffet

Buku yang satu ini rekomendasi dari Warren Buffet, seorang investor terkenal dari Amerika yang kini memiliki saham di Apple.

Menurut miliarder dunia itu, buku karya Benjamin Graham dan David L Dodd telah menginspirasinya untuk berani melangkah ke dunia investasi. Bahkan sudah dianggap sebagai buku kitab para investor.

Buku ini menjelaskan tentang pengetahuan-pengetahuan dasar seperti pengertian investasi, jenis-jenis investasi, hingga memberikan pembelajaran bagaimana besikap sabar dalam investasi. Jadi cocok banget deh buat kamu yang masih ragu-ragu buat investasi atau enggak.

Ketebalan buku yang diterbitkan pada tahun 1934 ini mencapai 800 lembar.

Baca juga: Terungkap! Ini Buku yang Mengubah Hidup Pendiri Google

“Margin of Safety”

Buku Margin of Safety
Buku Margin of Safety

Buku karangan Seth A. Klarman ini juga termasuk sebagai investor andal. Buku ini bakal membantumu melihat peluang pasar sekitar akhir tahun 1980 hingga 1990-an.

Seth juga memberikan pengalamannya bagaiman cara mengurangi risiko hingga mendapatkan pendapatan yang melejit dalam proses investasi.

Baca juga: Niat Untung Jadi Buntung! 5 Selebriti Ini Lakukan Kesalahan Berinvestasi

“Against the Gods: The Remarkable Story of Risk”

Buku Against the Gods: The Remarkable Story of Risk
Buku Against the Gods: The Remarkable Story of Risk

Kamu masih ragu-ragu memulai investasi? Tak ingin menerima risiko yang kemungkinan bisa terjadi ketika kamu terjun ke bidang ini?

Buku yang ini cocok buat merubah pikiranmu. Buku karangan Peter Bernstein ini menguak segala kemungkinan risiko, dan bagaimana cara meminimasilirnya. Tentunya dengan teori-teori kalkulasi matematika yang modern dan telah teruji berdasarkan pengalaman.

Buku setebal 383 halaman ini dipublikasikan pertama kali pada tahun 1996.

“Antifragile”

Membaca buku Antifragile untuk berinvestasi
Membaca buku Antifragile untuk berinvestasi

Buku ini berisi hasil investigasi tentang keberuntungan, ketidakpastian, dan segala kemungkinan yang dapat terjadi di hidup manusia.

Termasuk di dalamnya beisi tentang kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan, dan berbagai risiko dalam pengambilan keputusan.

Buku karangan Nassim Taleb ini termasuk dalam kategori filsafat dan ilmu sosial yang masih relevan dalam tindak-tanduk kita berinvestasi.

Kalau isinya seperti itu, sudah pasti membuka wawasan kamu dalam bertindak ya, khususnya jika kamu nantinya terjun investasi.

“The Upside of Stress”

Buku The Upside of Stress untuk sukses berinvestasi
Buku The Upside of Stress untuk sukses berinvestasi

Kamu belum memulai investasi? Tapi teman-temanmu sudah memiliki banyak uang.

Apakah kamu memilih takut kehilangan banyak uang dalam berinvestasi seraya melihat teman-temanmu bertambah kaya? Tentunya hal itu sangat membuat kita semakin tertekan alias stres.

Nah, buku karangan Kelly McGonigal mampu membuat kamu tergerak. Buku psikologis yang mampu memanajemen kecemasan kita atau rasa stres menjadi sebuah kelebihan yang membuat kita lebih kuat, bahagia, dan lebih pintar.

Teks yang menggugah emosi dengan pemikiran-pemikiran logis sang penulis.

“Wealth in Families”

Buku Wealth in Families untuk sukses berinvestasi
Buku Wealth in Families untuk sukses berinvestasi

Buku ini karangan Charles W. Collier, seorang mantan penasihat senior Harvard. Isi dari buku ini adalah membahas tentang pertanyaan-pertanyaan yang sering menjadi perhatian orang-orang kaya di dunia.

Salah satunya tentang warisan buat generasi selanjutnya. Terangkum jelas di sini bagaimana peran para filantropi membantu keluarganya untuk menyalurkan aset dari generasi ke generasi.

Buku ini mengajarkan kamu yang belum mulai investasi untuk melihat bahwa generasi selanjutmu memerlukan materi yang mungkin bisa kamu berikan dari sekarang. Caranya, ya mulai investasi!

“Classics: An Investor’s Anthology”

Buku ini pertama kali diterbitkan tahun 1988 dan mungkin sudah tidak ada lagi terbitan barunya. Terdiri dari lebih dari 80 artikel pendek kisah-kisah sukses para investor di dunia. Seperti Rowe Price, John Burr, William Sharpe, Warren Buffett, dan lain-lainnya.

Kalau kamu baca buku yang satu ini, dijamin kamu bakalan terdorong untuk terjun ke dunia investasi. Kali aja kamu bisa sesukses investor-investor top tersebut.

Itulah tujuh buku yang bisa yang bisa jadi referensi kamu sebelum memulai berinvestasi. Dengan membaca buku-buku itu, kamu dijamin bakal mendapatkan pencerahan tentang dunia investasi.

Tapi, ada beberapa hal yang pelu kamu perhatikan untuk memulai investasi, seperti tentukan tujuan utama kamu investasi, memahami dasar-dasar investasi, memahami risikonya, dan jangan cuma fokus ke satu instrumen investasi.

Jadi, kamu harus mengusahakan menyebar investasi ke beberapa produk dengan tujuan meminimalisir risiko. (Editor: Chaerunnisa)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!