Ingin Jadi Digital Nomad? Terapkan Tips Keuangan Ini Biar Sukses

3 menit
Seorang pekerja digital nomad sedang melakukan pekerjaannya di pantai (ilustrasi).

Digital nomaden atau yang seringkali disingkat jadi digital nomad kini tengah menjadi tren. Apa sih digital nomaden itu? Sesuai dengan istilah yang digunakan, nomaden alias tinggal berpindah-pindah dengan bekerja di bidang digital.

Yap! Bekerja di dunia digital membuat seseorang fleksibel untuk kerja dari mana saja. Maka dari itu, beberapa orang akhirnya memilih untuk menjadi digital nomaden alias digital nomad. Mereka bisa berkeliling dunia namun tetap dapat uang.

Dapat uang dari mana? Wah, sekarang sih banyak banget profesi yang bisa dilakoni sembari berpindah-pindah tempat. Profesi yang mengandalkan internet ini mulai dari travel blogger, konsultan, social media influencer, pemandu tur, sampai dengan web developer ataupun desainer grafis.

Profesi-profesi tersebut sebenarnya gak harus dilakoni dengan datang ke kantor, kan? Toh bisa berdiskusi lewat online.

Kamu punya salah satu skill yang disebutkan di atas? Biar sukses, salah satu kunci yang harus kamu miliki adalah persiapan keuangan yang kuat. Pasalnya, gak mudah lho merantau ke pelbagai tempat. Kamu harus siap dengan pelbagai perubahan.

Kalau begitu, simak tips dan persiapan keuangan biar kamu sukses jadi seorang digital nomaden berikut ini.

1. Siapkan dana awal untuk perjalanan pertama

Seorang wanita berada di Bandara (Ilustrasi).

Untuk menjadi seorang digital nomad butuh modal awal. Modal uang lho ya. Di perjalanan ke perantauan pertama, kamu harus siapkan dana awal. Contoh, transportasi ke tempat tujuan, tempat tinggal, dan biaya hidup di sana.

Nah, biaya-biaya ini sebaiknya kamu siapkan sebelum berangkat. Sebab, bisa jadi kamu belum menemukan klien ataupun bisa langsung hasilkan uang saat sampai di tempat tujuan kan?

Meski demikian, tetap pastikan kamu sudah punya project yang bakal dikerjakan di tempat tujuan ya.

2. Siapkan dana untuk kebutuhan kerja

Bekerja dari rumah (Ilustrasi).

Namanya juga digital nomad, pastinya banyak kebutuhan kerja berkaitan dengan teknologi. Jadi, pastikan kamu sudah memiliki perangkat kerja sendiri. Pasalnya, tidak ada yang menanggung itu semua seperti saat bekerja di kantoran.

Kamu wajib punya laptop sendiri, modem sendiri, sampai dengan beberapa perangkat pendukung lainnya. Kamu yang menjalani profesi travel blogger atau influencer maka harus punya perangkat kamera yang mumpuni.

Gak cuma itu aja, kamu juga harus menyiapkan dana untuk maintenance perangkat-perangkat tersebut. Jangan sampai ada kejadian kamu gak punya uang untuk perbaiki atau ganti laptop bila tiba-tiba rusak. Perangkat-perangkat tersebut ibarat jantung buat kehidupan kamu sebagai digital nomaden.

3. Pilih tempat tinggal yang murah

Seorang wanita berada di rumah sewaan (Ilustrasi).

Namanya juga nomaden maka tempat tinggal bukanlah prioritas utama. Toh kamu bakal berpindah-pindah. 

Kalau gitu, kamu sebaiknya pilih tempat tinggal yang murah. Daripada habiskan uang buat ngekos di kos-kosan berfasilitas lengkap yang pasti biayanya mahal, lebih baik berhemat. Yang penting bisa istirahat dan cukup nyaman buat kerja, udah gitu aja.

4. Sisihkan uang untuk pelbagai administrasi kepindahan

Pindah rumah (Ilustrasi).

Kamu bakalan berpindah-pindah. Bisa jadi kamu pindah ke negara yang butuh VISA. Di lain waktu, kamu butuh beberapa syarat administrasi lainnya. Siapkan uang untuk pelbagai administrasi kepindahan tersebut.

5. Investasikan uang, bukan beli barang

Menginvestasikan uang ke dalam bentuk apapun (Ilustrasi).

Ini yang paling penting! Karena kamu bakal berpindah-pindah, ada baiknya buat gak punya banyak barang. Jadi, kamu sebaiknya investasikan uang untuk reksadana, tabungan emas, atau investasi lainnya.

Dengan begitu, kamu gak bakal repot bawa banyak barang buat pindah-pindah. Uang kamu pun aman buat masa depan kamu.

Hal ini sebenarnya jadi sisi positif bagi seorang digital nomad. Sebab kamu gak lagi menaruh prioritas untuk menumpuk banyak barang. Entah itu untuk mendekorasi tempat tinggal atau sekadar hobi.

Tertarik menjadi seorang digital nomad? Jangan asal ikut-ikutan ya! Pastikan kamu memang siap dengan beberapa pengorbanan.

Tentu saja pengorbanan tersebut bakal membuahkan hasil positif kalau kamu lakukan persiapan dengan matang. Kamu bisa traveling keliling dunia sekaligus pula dapat uang buat masa depan kamu.

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan