Hati-Hati! 5 Kata Sepele Ini Bisa Menghambat Karier Kamu Lho!

4 menit
Karier sukses, memiliki gaji besar dan menikah, menjadi impian generasi milenial saat ini.
Karier berhasil, memiliki gaji besar dan menikah, menjadi impian generasi milenial saat ini.

Memiliki karier sukses menjadi impian setiap orang pastinya. Apalagi jika hal tersebut bisa dicapai saat usia muda. Karier sukses, memiliki gaji besar dan menikah di usia muda, menjadi impian generasi milenial saat ini.

Untuk mewujudkannya kamu perlu kerja keras sejak dini. Jangan mudah menyerah dengan setiap masalah di tempat kerja. Juga kamu harus menghilangkan sifat buruk ketika sudah mulai meniti karier.

Tetapi ternyata pemilihan kata yang kamu pakai dalam berkomunikasi selama bekerja juga menjadi aspek penting menentukan kesuksesan kariermu. Kalau kamu perhatikan, orang sukses hampir gak pernah menggunakan kata negatif dalam melakukan pekerjaannya.

Terkadang, jika kamu sedang melakukan banyak pekerjaan, dan deadline sudah semakin mepet tetapi ada gangguan selama proses tersebut kalau bisa jangan mengumpat. Pasalnya semua orang di sekelilingmu mengawasi, termasuk atasanmu.

Setidaknya ada beberapa kata negatif yang wajib kamu hindari dan jangan sampai keceplosan saat berada di kantor. Apa saja? kita simak ulasannya yuk.

Baca juga: Menelisik Lebih Jauh Keuntungan Apple Card, Kartu Kredit yang Ditanam pada iPhone

Akan dicoba

Karier sukses
Akan saya coba kerjakan (Ilustrasi by Shutterstock).

Kalau kamu diberi tugas kantor yang gak sesuai dengan ekspektasi, jangan mengeluh. Apalagi kalau sampai mengatakan akan saya coba! Hal itu justru membuat atasan yang memberikan tugas merasa kamu gak bisa meyakinkannya untuk mengerjakan proyek itu.

Selama berada di dunia kerja, poin utama adalah kamu harus bisa meyakinkan atasan atas pekerjaan yang diberikan. Pasalnya saat kamu diterima bekerja di suatu perusahaan, yang dipegang adalah kepercayaan bahwa kamu bisa bekerja dengan baik. Jadi jangan sampai melewatkan kesempatan tersebut ya!

Gak ada salahnya kamu langsung berkata sanggup sebagai komitmen dan kontribusimu di perusahaan. Segala sesuatu belum terlihat kalau kamu gak mengerjakannya terlebih dahulu kan?

Berani menolak

Karier sukses
Duh jangan sampai kamu menolak atau berkata tidak pada setiap tugas yang diberikan.

Duh jangan sampai kamu menolak atau berkata tidak pada setiap tugas yang diberikan. Jika kamu masih berada di posisi bawah, gak salah kok menerima tugas kerja sebagai bentuk antusiasme dan bersedia melakukan hal lebih di kantor. Selama konteksnya pekerjaan yang sifatnya membangun kariermu ke depan.

Hindari menggunakan kata tidak atau menolak secara terang-terangan pekerjaan dari atasanmu. Karena kamu akan dianggap gak becus kerja, dan dampak negatifnya akan langsung diberhentikan begitu saja. Selama masih ingin bekerja, lakukan dengan baik apapun pekerjaan yang diberikan.

Baca juga: Pekerjaan dengan Gaji Tinggi yang Cocok Untuk Orang Introvert, Kamu Tertarik?

Seandainya

Karier Sukses
Ada baiknya hindari keluhan dan mengucapkan kata berandai-andai.

Kamu sedang berada dalam sebuah tim yang menangani proyek tertentu? Ada baiknya hindari keluhan dan mengucapkan kata berandai-andai. Apalagi pengandaian kalau saja, kalau ini, itu dan sebagainya.

Kamu mungkin saja tidak menyadarinya bahwa gak semua kerja tim sempurna. Salah satu cara terbaik untuk menyelesaikan masalah pekerjaan adalah komunikasi.

Dan juga jangan terlalu menuntut kepada rekan satu tim. Kerjakan bersama, jangan memihak sebelah. Juga jangan selalu paksakan keinginanmu di proyek tersebut.

Tidak tahu

Karier sukses
Usahakan jangan pernah mengeluarkan kata saya tidak tahu bila ditanya oleh atasan.

Jika kamu melontarkan kalimat ini saat sedang meeting wah salah banget. Usahakan jangan pernah mengeluarkan kata saya tidak tahu bila ditanya oleh atasan apa saja yang sudah kamu capai selama bekerja disana. Atau ketika atasanmu bertanya sesuatu yang sedang ramai dibicarakan, kamu jawab tidak tahu sama dengan kamu malas mencari informasi.

Atasan dan rekan kerjamu akan menilai kamu bukan seorang pekerja yang berusaha untuk menggali informasi. Apalagi untuk sekedar mencari tahu apa yang sedang terjadi saat ini. Gak ada salahnya kamu selalu memperbarui informasi terlebih dahulu tanpa harus menunggu orang lain yang memberikannya.

Baca juga: Hati-Hati! 5 Kebiasaan Buruk Ini Menjadi Penyebab Munculnya Utang Lho

Janji

Karier sukses
Jangan umbar-umbar janji yang kamu sendiri gak bisa menepatinya.

Nah ini yang seringkali terjadi kepada karyawan ketika ditanya apakah tugas sudah selesai dikerjakan atau belum. Jangan umbar-umbar janji yang kamu sendiri gak bisa menepatinya. Kalau kamu merasa deadline dari tugas yang dikerjakan belum selesai lebih baik memberikan kepastian waktu penyelesaian lagi.

Tapi ingat, kamu harus benar-benar menyelesaikannya. Jangan sembarang tebar janji lho! Apalagi soal kerjaan.

Nah itu tadi beberapa kata yang jangan kamu sebut selama bekerja. Jika ingin memiliki karier sukses, usahakan selalu berkata positif. Karena orang yang sukses tidak pernah berkata kasar apalagi merendahkan seseorang. Semoga bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan