Lakukan Hal Ini Jika Ingin Menjadi Kaya Raya Saat Tua Nanti

3 menit
Menjadi kaya raya saat usia senja, siapa yang gak mau coba? (Shutterstock).

Siapa yang gak ingin kaya raya saat tua. Atau bahkan merdeka finansial sejak usia muda dan terbawa sampai usia lanjut, bahkan ke tujuh turunan. Bergelimang uang, mendapatkan apa saja, dan bahagia secara materi tentu impian semua orang di tengah perekonomian gak stabil ini.

Tetapi apakah mungkin hal itu bisa diraih? Pasalnya, menjadi kaya raya saat usia lanjut tentu tidak mudah. Banyak yang perlu kamu perjuangkan, korbankan dan bekerja ekstra keras.

Kalau kamu sudah keturunan kaya sejak bayi sih gak masalah. Tetapi bagaimana jika kamu adalah seseorang yang tidak memiliki nasib beruntung tersebut? Tetapi jangan khawatir, kamu bisa menjadi kaya raya saat tua asalkan di usia muda sangat produktif dalam bekerja.

Saat sudah mendekati masa pensiun nanti, hal yang wajib kamu pikirkan adalah perencanaan keuangan. Bagaimana kamu menjalani hidup tanpa pekerjaan. Mengandalkan dana pensiun saja, apa bisa?

Lebih dari itu sebetulnya. Biasanya hari-harimu diisini oleh pekerjaan, tetapi tidak lagi. Kamu bisa merencanakan keuangan lebih baik dari sekarang. Sangat menyenangkan jika masa pensiun nanti, tetap diisi kegiatan yang produktif dan menghasilkan uang.

Dilansir dari Banyan Hill Publishing, berikut hal yang perlu kamu lakukan agar bisa kaya raya saat masa pensiun nanti. Seperti apa? simak yuk ulasan berikut ini.

Baca juga: Gaya Traveling Turis Indonesia Ternyata Lebih Suka Meluangkan Waktu untuk Bersantai

1. Jual barang tidak terpakai atau preloved

Barang kerajinan preloved (Shutterstock).

Punya banyak barang di rumah yang sudah gak terpakai? Kalau masih layak digunakan, jangan dibuang ya. Alangkah lebih baik jika barang itu kamu jual saja. Apalagi kalau itu barang berupa seni seperti lukisan, atau kerajinan tangan berharga.

Bisa juga jika kamu memiliki koleksi kain atau baju sekalipun yang memang belum terpakai karena salah ukuran dan sebagainya. Jual saja dengan setengah harga dari kamu membeli. Itu bisa kamu jadikan kerja sampingan demi mengumpulkan pundi-pundi rupiah saat pensiun nanti.

Baca juga: 5 Shio yang Paling Mujur di Tahun 2019 Ini, Kamu Salah Satunya?

2. Gunakan budget manager

Budget Manager (Shutterstock).

Mulai dari sekarang jika kamu mau menggunakan budget manager. Apa sih budget manager? Hal itu bisa berupa aplikasi smartphone yang mudah digunakan. Bentuknya hampir sama dengan membuat laporan keluar masuk uang seperti laporan keuangan.

Dengan catatan seperti itu, kamu bisa melacak seberapa banyak pengeluaran rutin, pemasukan, dan dana darurat yang dibutuhkan setiap bulannya. Dengan budget manager, kamu bahkan bisa mengetahui di bagian mana belanja berlebihan dan lain-lain.

Dengan rutin melakukan itu, masa pensiun kaya raya sudah bukan impian lagi kok. Kamu memang perlu bekerja keras saat muda demi mewujudkan impian menjadi kaya raya saat tua kelak. Semua pengeluaran bakal terkontrol dan tabungan pensiun kamu pun semakin bertumpuk.

Baca juga: Gak Pengin Keluar Bujet Lebih, Ini Tips Hemat Wisata di Singapura

3. Hati-hati dengan asuransi

Tujuan keuangan di usia 40 bakal terwujud dengan memiliki asuransi jiwa. (Shutterstock)
Tujuan keuangan di usia 40 bakal terwujud dengan memiliki asuransi jiwa. (Shutterstock)

Banyak asuransi yang mengklaim bahwa produk mereka dapat menjamin hari tua. Tetapi ada baiknya kamu cek lagi dengan teliti. Apakah asuransi tersebut terdaftar secara resmi atau hanya menjual janji palsu.

Jangan pernah tergiur dengan sesuatu yang justru hanya akan menguras tabunganmu kelak ya. Pastikan menggunakan asuransi yang memang sudah terpercaya seperti JHT dari BPJS Ketenagakerjaan punya pemerintah.

Pentingnya dana pensiun bukan isapan jempol semata lho. Kamu bisa menggunakan uang tersebut untuk masa tua mu nanti. Tetapi bukan berarti bisa kamu hambur-hamburkan begitu saja ya. Gunakan dana pensiun dengan bijak, bisa untuk modal usaha, atau menyekolahkan anak ke jenjang lebih tinggi. Semoga bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be