Ingin Sukses Menekuni Ilmu Bisnis? 7 Universitas Ini Bisa Jadi Pilihan Kamu

4 menit
University of Oxford (Shutterstock).

Bukan perkara mudah mencari pekerjaan di era Masyarakat Ekonomi Asean seperti saat ini. Ujung-ujungnya banyak lulusan sarjana yang malah banting stir menjadi pebisnis. Itu adalah kabar baik, tetapi kalau orangtuamu bukan dari kalangan pebisnis, ujung-ujungnya setelah lulus malah jadi pengangguran.

Lapangan pekerjaan semakin sempit, sarjana muda semakin banyak, persaingan tentunya makin ketat. Melihat kondisi seperti ini memang lebih baik berbisnis ketimbang bekerja di perusahaan orang lain. Apalagi kalau bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri bagi banyak orang kan?

Nah, mempersiapkan diri untuk terjun ke dunia bisnis sangat penting. Hal itu bertujuan agar kamu bisa mengelola bisnis tersebut dengan baik. Tentu ilmu bisnis tersebut hanya bisa diperoleh dari universitas yang memang menyediakan jurusan ini.

Jadi, kalau memang sudah bertekad ingin jadi pebisnis handal di kemudian hari, ada baiknya kamu berkuliah di universitas yang direkomendasikan berikut ini. Simak yuk.

Baca juga: Pensil Alis Murah di Bawah Rp 50 Ribu Ini Bisa Bikin Alis Cetar Lho!

1. Harvard Business School

Harvard Business School (Shutterstock).

Nama Harvard sudah bukan nama baru di dunia pendidikan. Universitas yang terletak di Boston, Massachusetts ini bukan hanya memiliki metode pembelajaran yang canggih, melainkan juga tenaga pengajar yang profesional.

Para mahasiswa yang ada di universitas ini akan diajar langsung oleh pengusaha terkemuka dunia. Hal ini tentu bertujuan agar kamu bisa lebih paham akan bisnis yang sebenarnya.

Soal biaya, udah gak perlu ditanya lagi deh, pasti sangat mahal. Untuk menempuh ilmu bisnis di Universitas Harvard ini dibanderol harga USD 73,440 atau setara dengan Rp 1 miliar. Biaya tersebut belum termasuk sewa apartemen, kesehatan, dan yang lainnya ya. Wih, lebih baik kuliah disini atau beli rumah nih?

2. London Business School

London Business School (Shutterstock).

London Business School terletak di jantung ibu kota. Sudah bukan rahasia lagi kalau banyak anak muda yang ingin mendalami ilmu bisnis akan memilih universitas ini. Sayangnya biaya yang wajib dikeluarkan luar biasa fantastis.

Untuk program master saja, kamu perlu merogoh kocek sebesar 84.500 poundsterling atau hampir Rp 1,6 miliar. Tentunya itu belum termasuk biaya lain-lain ya.

Selain ilmu bisnis yang sudah terkenal seluruh dunia, di universitas ini juga ada jurusan lain seperti keuangan, manajemen, teknologi dan sistem operasi.

Baca juga: 5 Ciri Pekerjaan yang Memuaskan, Salah Satunya Fleksibilitas Jam Kerja

3. INSEAD

INSEAD (shutterstock).

Sudah dibuktikan kalau lulusan dari universitas ini banyak yang jadi orang sukses, salah satunya Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla.

Universitas yang terletak di Fontainebleau, Perancis, ini memiliki metode belajar yang cukup ketat dan didukung dengan teknologi canggih. Kamu gak cuma diajar oleh tenaga profesional saja, tetapi juga bisa merasakan fasilitas kampus yang mumpuni.

Jika tertarik kuliah di universitas ini, kamu perlu mengeluarkan uang sebesar 84 ribu euro atau setara dengan Rp 1,4 miliar untuk mendapatkan gelar master.

4. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Massachusetts Institute of Technology (Shutterstock).

Berada di Cambridge, Amerika Serikat, meski sekilas nampak seperti universitas khusus teknologi, ilmu bisnis di kampus ini bisa dipertimbangkan lho.

Bahkan jurusan ilmu bisnisnya sudah ada sejak 60 tahun terakhir. Sudah dipastikan banyak pebisnis lulus dari universitas ini.

Untuk berkuliah disini, kamu perlu mengeluarkan uang lebih banyak dari universitas lainnya. Di tahun pertama saja kamu perlu mengeluarkan uang sebesar USD 74,200 atau setara dengan Rp 1,1 miliar.

Dan di tahun kedua kamu juga wajib mengeluarkan uang sebesar USD 73,700 atau setara dengan Rp 1 miliar demi bisa mendapatkan gelar master bisnis dari universitas ini.

Baca juga: 4 Aktivitas Akhir Pekan yang Sering Dilakukan Tanpa Sadar dan Bikin Boros

5. University of Pennsylvania

University of Pennsylvania (Shutterstock).

Siapa yang gak kenal dengan Donald Trump? Presiden Amerika Serikat yang kontroversial ini ternyata lulusan ilmu bisnis dari universitas ini lho. Bahkan bukan cuma Trump saja, Elon Musk juga dikabarkan merupakan lulusan dari universitas ini lho.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa keduanya memiliki ilmu bisnis yang cukup kuat. Gak heran juga kalau keduanya masuk dalam jajaran orang terkaya dan paling berpengaruh di AS. Kalau kamu memang ingin jadi pebisnis seperti mereka silahkan kunjungi websitenya untuk mendapatkan informasi detailnya disana.

6. Standford Graduate School of Business

Standford Graduate School of Business (Shutterstock).

Jika kamu ingin menjadi pebisnis handal gak ada salahnya datang ke universitas ini. Terletak di bagian Tenggara Kota San Fransisco, Universitas Standford juga jadi universitas paling pas buat menempuh ilmu bisnis secara mendalam.

Kamu bakal diajar oleh tenaga profesional dan juga akan mendapatkan mekanisme pembelajaran yang bagus. Selain itu, letak lokasi universitas ini juga sangat strategis. Kamu bisa melakukan kegiatan traveling keliling kota-kota besar di AS ketika liburan musim panas tiba.

Biaya kuliah disini juga gak mahal seperti universitas sebelumnya kok. Dengan uang sebesar USD 45,136 atau sekitar Rp 620 jutaan kamu sudah bisa mendapatkan gelar master.

7. University of Oxford

University of Oxford (Shutterstock)

Kalau kamu ingin kuliah disini, lebih baik pikirkan matang-matang. Pasalnya, biaya yang harus kamu keluarkan itu 2,5 kali lipat lebih mahal ketimbang mahasiswa asli Inggris lho. Meski demikian, lulusan universitas ini gak pernah mengecewakan.

Salah satunya Rupert Murdoch, pemilik News Corporation yang sangat terkenal itu. Terletak di Inggris Raya, Universitas Oxford juga menjadi salah satu tempat perkuliahan yang saat ini banyak diincar oleh pebisnis muda.

Apalagi kalau kamu pengin seperti Murdoch, so gak usah berlama-lama langsung cek aja yuk situs resminya untuk mendapatkan informasi lebih jelas.

Ilmu bisnis bukanlah sesuatu yang sifatnya stagnan. Ilmu bisnis cenderung bergerak mengikuti perkembangan zaman. Jika kamu betul-betul berkeinginan untuk menjadi pebisnis yang sukses, gak ada salahnya menginvestasikan uangmu untuk biaya pendidikan disana. Karena hasil yang didapat tentu gak akan mengecewakan.

Manfaatkan masa muda kamu untuk mencari pengetahuan yang lebih dan terus belajar. Agar cita-citamu di kemudian hari bisa menjadi kenyataan. Kalau terkendala biaya, kamu bisa mencarinya melalui beasiswa. Banyak cara menuju Roma, begitu kata pepatah. (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong