Ini 3 Cara Agar Biaya Makan di Jakarta Cuma Rp 25 Ribu, Bisa Kenyang Sampai Malam Kok!

2 menit
Makan di kaki lima cukup menghemat anggaran (ilustrasi).

Hidup di Jakarta dikatakan sebagian orang sangat keras. Pasalnya, untuk biaya makan sendiri saja sudah mengocek kantong cukup dalam. Belum lagi untuk ongkos dari rumah menuju tempat kerja. Terlebih jika rumah kamu berada di wilayah yang cukup jauh dari ibu kota.

Banyak orang mengatakan untuk satu kali makan saja perlu mengeluarkan dana Rp 15 ribu. Uang segitu kamu bisa makan di warung nasi Tegal, atau paket hemat ayam, entah dibakar atau digoreng.

Belum lagi kalau kamu merasa masih lapar, uang jajan bakso di Jakarta saja sekarang sudah Rp 12 ribu. Dan belum lagi jika sahabat ngajak nongkrong di kafe, wah bisa-bisa karena itu keuangan kamu membengkak.

Sebetulnya, berapa sih biaya makan di kota Jakarta ini selama satu harian penuh? Cukup gak ya kalau hanya sebesar Rp 25 ribu dalam sehari? Kalau kamu fikir gak cukup, salah banget.

Bisa kok dengan Rp 25 ribu kamu makan tiga kali sehari di Jakarta yang kejam ini. Caranya gimana? yuk simak artikel berikut. Dijamin dengan ini kamu bisa merealisasikan hidup hemat.

1. Sarapan roti

Sarapan roti (Ilustrasi).

Meski sedang hidup hemat, kamu jangan pernah lewatkan sarapan. Sekalipun kamu merasa sangat tidak punya uang, cukup beli roti saja seharga Rp 5 ribu dan air mineral gelas. Atau kalau memang mau berhemat, ada baiknya kamu membawa air minum sendiri dari rumah. Setidaknya perut kamu tidak kosong sama sekali sebelum mulai bekerja. kalau perut kosong, pekerjaan pasti terganggu karena konsentrasi menurun.

2. Makan siang hemat

Makan siang bersama teman (Ilustrasi).

Gak perlu makan siang di warung nasi Padang yang jelas-jelas lebih mahal harganya. Kamu cukup pergi ke warung nasi tegal atau Warteg. Pilih menu yang harganya gak lebih dari Rp 10 ribu. Biasanya di harga segitu kamu bisa mendapatkan nasi, sayur, dan satu lauk-pauk. Untuk minumnya, kamu bisa teh tawar hangat yang gratis, atau ya bawa botol minum sendiri.

3. Makan malam pinggir jalan

Makan malam dengan nasi goreng (Ilustrasi).

Setelah lelah seharian bekerja, saat malam hari kamu pasti merasa lapar kembali. Kamu bisa makan di warung pinggir jalan arah rumah.

Seperti warung nasi uduk, ketoprak, nasi goreng, atau pecel lele. Semua itu seharga Rp 10 ribuan kok. Atau kalau kamu punya stok nasi dirumah, kamu bisa membeli lele goreng tanpa nasi yang harganya jadi jauh lebih murah.

Nah, bagaimana dengan referensi di atas? Perlu kamu coba gak nih agar keuanganmu semakin sehat. Jangan hanya badan saja yang sehat, tetapi keuangan juga harus sehat. (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan