Agar Masa Tua Hidup Sentosa! Ikuti 4 Trik Mudah Menyiapkan Dana Pensiun Ini

3 menit
Trik oke buat dana pensiun di hari tua, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gak sedikit orang terutama kaum milenial yang belum menganggap dana pensiun itu penting. Padahal dana pensiun adalah salah satu cara buat menjamin masa tuamu nanti.

Tapi pernah gak sih kamu terbayang bagaimana masa tuamu nanti? Hidup nyaman karena sudah merdeka finansial atau masih pusing mikirin utang yang gak kelar-kelar?

Nah, kamu tentu gak mau dong saat tua nanti masih harus banting tulang mati-matian mencari uang hanya untuk sekedar mencukupi kebutuhan hidup?

Miris rasanya melihat orangtua yang masih mencari rezeki di usianya yang sudah senja. Gak berniat menyalahkan siapapun, tapi memang alangkah baiknya kalau kamu sudah mempersiapkan masa tuamu sejak muda.

Ya, lagipula siapa sih yang gak mau santai-santai menikmati hidup di masa tua setelah bekerja keras saat muda. Itulah salah satu alasan mengapa dana pensiun itu penting.

Mumpung masih muda dan masih sangat produktif buat meraup pundi-pundi kekayaan. Yuk, siapkan dana pensiun dengan empat cara mudah ini agar masa tuamu hidup nyaman dan sentosa.

1. Tabungan berjangka

Tabungan berjangka, (Ilustrasi/Shutterstock).

Tabungan berjangka menjadi salah satu solusi yang bisa kamu pilih untuk menyiapkan dana pensiun agar masa tuamu bebas dari masalah keuangan.

Pasalnya, tabungan berjangka memiliki sistem auto debit sehingga sangat cocok buat kamu yang gak bisa menabung. Gimana maksudnya?

Jadi, setiap bulannya uangmu dari tabungan utama akan ditarik secara otomatis oleh pihak bank tempatmu terdaftar sebagai nasabah tabungan berjangka. Auto debit itu sendiri akan terus berjalan selama tenor berlangsung.

Contohnya, Citra mengikuti program tabungan berjangka di salah satu bank pemerintah di Indonesia dengan nominal sebesar Rp 500 ribu dan tenor 10 tahun. Penarikan akan dilakukan setiap tanggal 1, sesuai dengan perjanjian yang dilakukan Citra dengan pihak bank.

Maka, setiap tanggal 1 dan selama 10 tahun, uang Citra akan ditarik secara otomatis untuk dipindahkan ke rekening tabungan berjangka.

Karena itu, tabungan berjangka gak hanya cocok buat mereka yang ingin disiplin menabung, tapi juga untuk menjamin masa depan.

2. Deposito

Deposito, (Ilustrasi/Shutterstock).

Dapat bonus akhir tahun dari kantor. Daripada uangmu habis gak jelas cuma buat senang-senang doang. Gak ada salahnya untuk diamankan ke salah satu instrumen investasi yang masih banyak digemari orang ini, yaitu deposito. Mengapa?

Pasalnya, deposito merupakan salah satu instrumen investasi yang memiliki risiko rendah dan aman terhadap fluktuasi suku bunga.

Uangmu gak hanya terlindungi sepenuhnya, deposito juga memiliki suku bunga yang terbilang cukup besar. Namun, untuk besaran suku bunganya itu tergantung dari tenor yang kamu pilih.

Deposito juga memiliki fitur automatic roll over. Jadi, deposito kamu akan diperpanjang secara otomatis. Kalau udah begini mah, uangmu dijamin akan terus berkembang tanpa disadari.

3. Emas batangan

Emas batangan buat masa depan kamu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Emas batangan juga menjadi salah satu instrumen investasi yang sangat tepat buat menyiapkan dana pensiun.

Pasalnya, seperti yang udah diketahui kalau harga emas itu setiap tahun pasti naik. Selain itu, harga emas juga cenderung stabil karena gak  tergerus inflasi layaknya mata uang kertas.

Karena itu, investasi emas batangan merupakan investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan. Nah, untuk terjun ke investasi yang satu ini sebaiknya jangan membeli secara kredit untuk menghindari risiko gagal bayar.

Jika ada uang, lebih baik beli secara tunai atau mengikuti program Tabungan Emas yang ada di Pegadaian.

4. BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Selain beberapa instrumen seperti yang sudah disebutkan di atas. Kamu juga bisa menyiapkan dana pensiun lewat BPJS Ketenagakerjaan.

Ya, BPJS Ketenagakerjaan memiliki salah satu program yaitu Jaminan Hari Tua (JHT) yang bisa menjadi bekalmu di masa tua nanti.

Kamu juga akan merasa berat kok, karena selama bekerja penghasilanmu akan dipotong setiap bulan oleh perusahaan buat membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan.

Namun, disarankan agar kamu gak mencairkan dana JHT-mu terkecuali dalam kondisi mendesak ya. Mengapa? Ya, biar lebih terasa aja uang yang kamu dapatkan. Kalau setiap berhenti kerja, dana JHT-nya kamu cairkan, ya sama aja bohong.

Nah, itu dia empat cara mudah mempersiapkan dana pensiun agar masa tuamu gak perlu pusing dan banting tulang lagi mengais rezeki hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Hal itulah mengapa, menyiapkan dana pensiun sejak muda itu sangatlah penting. Karena itu, jangan hanya menghabiskan uang untuk bersenang-senang semata. Yuk, mulai pikirkan masa tuamu dari sekarang.

 

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.