4 Jenis Investasi Ini Paling Populer di Indonesia, Kamu Punya Salah Satunya?

4 menit
4 Jenis Investasi Ini Paling Populer di Indonesia, Kamu Punya Salah Satunya?, (Shutterstock).

Kini udah banyak sekali jenis investasi yang bisa kamu pilih sebagai ladang buat meraup pundi-pundi rupiah. Kamu tahu gak kalau di Indonesia ada lho jenis investasi yang populer banget.

Enaknya lagi, instrumen investasi itu juga bisa kamu sesuaikan dengan kemampuanmu lho. Jadi, gak menyusahkan atau mengganggu keuangan kamu.

Sayangnya masih banyak orang yang belum melek investasi dan beranggapan kalau investasi itu hanya diperuntukkan buat orang-orang kaya yang punya banyak uang. Tapi nyatanya gak kok, kamu yang punya uang secukupnya bisa juga memulai berinvestasi dengan instrumen yang beragam.

Padahal pemikiran seperti itu salah banget lho. Pasalnya, kini udah banyak banget instrumen investasi dengan modal minim.

Salah satunya adalah investasi emas. Dengan mengeluarkan uang gak sampai Rp 10 ribu, kamu udah bisa berinvestasi emas batangan seberat 0,01 gram lewat program Tabungan Emas dari Pegadaian.

Baca juga: Niat Untung Malah Buntung! Ini 5 Kesalahan yang Bikin Investasimu Gagal Total

Selain itu, ada juga investasi reksadana yang kini tengah digandrungi banyak orang. Dengan modal ratusan ribu, kamu bisa mendapatkan jutaan rupiah. Apalagi reksadana itu diurusi oleh manager investasi yang emang udah ahli di bidangnya.

Jadi, kamu gak perlu ribet memantau pergerakan harga seperti layaknya investasi saham langsung. Kamu tinggal duduk manis di rumah dan tunggu uang yang bakal bekerja buat kamu, menarik banget kan?

Nah, kalau ngomongin soal investasi itu emang gak pernah ada habisnya. Ya, selalu aja ada pembahasan yang menarik buat disimak. Seperti berikut ini adalah empat jenis investasi yang paling populer di Indonesia, apa aja itu? Simak di sini yuk yang udah dirangkum oleh MoneySmart.id berikut ini:

1. Emas batangan

Emas batangan merupakan salah satu jenis investasi yang paling populer di Indonesia, (Shutterstock).

Emas batangan atau investasi emas merupakan salah satu investasi yang menjadi pilihan banyak orang. Mulai dari mahasiswa hingga ibu rumah tangga sangat tertarik terjun ke jenis investasi yang satu ini.

Ditambah lagi lewat program Tabungan Emas besutan Pegadaian, membuat banyak orang semakin tertarik buat mengalokasikan uangnya ke investasi emas.

Selain gampang dan murah. Investasi emas itu juga memiliki risiko yang kecil lho. Pasalnya investasi emas itu dapat bertahan dari terjangan inflasi.

Baca juga: Kamu yang Pemula Pengin Raup Uang dari Investasi, Ikuti 5 Tips Sederhana Ini

Hal itulah yang membuat harganya cenderung stabil bahkan nilainya terus bertambah setiap tahun. Tapi ya balik lagi kalau investasi emas itu jangka panjang. Jadi, keuntungannya baru bisa kamu rasakan di beberapa tahun atau puluhan tahun mendatang.

2. Deposito

Jenis investasi paling populer di Indonesia, (Shutterstock).

Selain investasi emas, deposito juga menjadi pilihan orang buat mengembangkan uangnya. Hal itulah mengapa salah satu produk dari perbankan ini terus jadi incaran orang.

Cara kerjanya deposito juga gak ribet kok. Kamu hanya perlu mendatangi bank tempat kamu ingin menanamkan danamu. Kamu kemudian akan diminta buat memiliki tenor berapa lama kamu deposito dan menyetorkan uangmu ke bank.

Baca juga: Mudahnya Belajar Investasi di P2P Lending Akseleran!

Kamu tinggal santai di rumah dan menunggu uangmu bertambah saat jangka waktu sudah selesai. Meski begitu kamu juga tetap harus hati-hati karena jenis investasi ini ada biaya penalti. Jadi, kalau kamu menarik dana sebelum jatuh tempo, maka kamu bakal dikenakan biaya.

3. Reksadana

Reksadana salah satu jenis investasi yang banyak dilirik, (Shutterstock).

Bisa dibilang kalau investasi reksadana kini menjadi salah satu instrumen investasi yang banyak dilirik banyak orang khususnya kaum milenial. Buat memulai reksadana sama seperti intrumen lainnya, gak susah kok.

Pasalnya, buat terjun ke investasi ini kamu hanya menyiapkan bujet Rp 100 ribu tapi bisa meraup uang jutaan rupiah. Gak cuma itu aja, dana yang kamu miliki juga akan dikelola oleh manajer investasi yang memang udah ahli di bidangnya.

Hal itulah mengapa, investasi reksadana sangat tepat ditujukan buat mereka para pemula yang baru ingin terjun berinvestasi.

4. Saham

Saham juga salah satu yang populer di Indonesia, (Shutterstock).

Investasi saham tetap jadi primadona karena dapat memberikan keuntungan besar. Meski begitu, investasi saham itu juga dikenal dengan risiko yang besar pula. Jadi, istilahnya itu high risk-high return.

Karena risikonya yang cukup besar, investasi saham itu disarankan buat mereka yang emang udah mengetahui betul bagaimana cara kerja investasi yang satu ini.

Pasalnya, kalau kamu nekat investasi saham tanpa tahu apapun, kamu harus siap-siap kehilangan uang, gak mau kan?

Nah, itu dia empat jenis investasi yang paling populer di Indonesia. Apakah kamu punya salah satunya? Kalau belum, yuk mulai terjun berinvestasi dari sekarang biar masa depanmu nyaman.

Kamu tentu gak mau kan terus-terusan kerja hanya buat menyukupi biaya kehidupan sehari-hari, bahkan saat tua nanti? Maka dari itu, kamu mesti melek investasi lho dari sekarang.

Kamu yang masih muda dan udah punya penghasilan tetap ada baiknya buat memulai investasi. Tinggal pilih nih instrumen investasi yang nyaman buat kamu. (Editor: Mahardian Prawira). 

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.