Ini 8 Cara Jadi Wanita Mandiri Finansial Tanpa Harus Jadi Pelakor

5 menit
wanita mandiri

Siapa sih yang gak senang hidup enak dan mencapai kebebasan finansial? Kita bisa beli apa yang kita inginkan, pelesiran ke tempat yang kita suka, dan punya tabungan.

Semua orang pasti tergoda buat punya hidup seperti di atas. Tapi bukan berarti harus lewat jalan pintas. Jadi pelakor alias perebut laki orang, misalnya. Kayak yang lagi ramai diberitain di situs-situs gosip itu lho.

Sebagai ladies zaman now, kita harus bisa buktiin kalau kita juga bisa sukses dan jadi wanita mandiri finansial. Gak perlulah gelendotan, apalagi minta-minta sama orang lain cuma untuk membiayai hidup kita. Emang gak mampu cari duit sendiri?

Kasihan dong RA Kartini dulu udah capek-capek berjuang untuk persamaan hak lelaki dan perempuan. Makanya, sekarang tugas kitalah meneruskan perjuangan beliau dengan membuktikan kalau kita bisa jadi wanita mandiri finansial.

Ada delapan cara yang bisa kamu tempuh buat meraih kualitas finansial yang lebih baik. Berikut di antaranya: 

 1. Temukan passion dan bangun kariermu

wanita mandiri
Bangun karier biar gak ketar-ketir (HuffingtonPost)

Semua orang bisa bekerja, namun gak semua bisa menikmati pekerjaannya. Kalau kamu gak menikmati, nanti malah jadi bumerang karena kamu bakal ogah-ogahan.

Nah, di sinilah pentingnya passion. Kamu bekerja, tetapi gak terasa kerja. Dengan begitu, biasanya lebih mudah buat serius capai goal dalam karier. Karier lancar, saldo rekening pun makin bersinar.

[Baca: Benarkah Bekerja Mengikuti Passion Hanya Omong Kosong Belaka?]

2. Sesuaikan pilihan karier dengan gaya hidupmu

wanita mandiri
Punya motivasi buat berkarier (Eprofits)

Buat wanita pekerja keras yang gak masalah kerja apa aja, hal ini gak akan jadi masalah. Namun, buat wanita yang cenderung mementingkan passion, hal ini cukup jadi dilema.

Misalnya, gimana kalau pekerjaan yang sesuai minat ternyata tawaran gajinya kecil dan gak bisa mencukupi kebutuhanmu? Kamu tetap bisa jalani, kok. Caranya ya cari pekerjaan sampingan buat memenuhi gaya hidupmu itu.

Alhasil, kamu bisa menikmati pekerjaan meski gaji kecil, sekaligus memenuhi gaya hidup yang kamu inginkan.

3. Disiplin dan teliti soal mengelola keuangan

wanita mandiri
Pikirkan strategi keuangan (montrealfamilies.ca)

Kamu punya cita-cita mencapai kebebasan finansial tapi gak punya perencanaan matang? Ini sama aja dengan pergi perang tanpa strategi.

Ibaratnya, kamu udah punya senjata lengkap, yaitu karier dan gaji yang dimiliki sekarang. Tapi kamu gak siapkan strategi saat berangkat perang. Uang yang kamu dapatkan selama berkarier bakal jadi sia-sia karena gak dikelola dengan disiplin dan teliti.

Strategi seperti apa yang mesti kamu siapkan? Pengelolaan keuangan. Kamu bisa terapkan strategi 40-30-10-10-10, yaitu:

  • 40 persen buat kebutuhan bulanan.
  • 30 persen buat maksimum utang.
  • 10 persen buat tabungan bulanan.
  • 10 persen buat investasi.
  • 10 persen buat biaya tak terduga.

Contoh di atas masih bisa divariasikan sesuai kondisi kamu. Pembagian gaji bulanan tersebut bakal lebih mudah jika pos utang gak ada sama sekali. Pos tersebut bisa kamu maksimalkan buat yang lain.

[Baca: Buat yang Gajinya Rp 5 Juta, Atur Uangmu Kayak Gini Biar Gak Bokek Terus]

4. Konsisten menabung setiap bulan

wanita mandiri
Mulai menabung biar gak terkatung-katung (GetIt Joburg West)

Kebebasan finansial dimulai dari berapa banyak uang yang kamu miliki. Jadi, langkah sederhananya, mulailah dengan memprioritaskan sebagian gaji buat ditabung.

Sesuai kata pepatah, sedikit demi sedikit menjadi bukit. Kamu bisa mulai alokasikan sebesar 5 sampai 10 persen aja setiap bulan.

Contoh, di awal karier, kamu dapat gaji Rp 5 juta per bulan. Berusahalah buat konsisten menabung 10 persen aja dulu. Di akhir tahun, kamu bakal punya Rp 6 juta.

Rp 6 juta mungkin gak terlalu besar, tapi ini jauh lebih baik daripada gak punya tabungan sama sekali, kan?

5. Miliki target keuangan jangka panjang

wanita mandiri
Investasi (Fidelity)

Ibaratnya nyetir, kalau gak tahu mau ke mana tujuannya ya pasti bakal muter di situ-situ aja kan? Begitu juga dengan masa depan keuanganmu.

Kamu harus tahu target keuanganmu dalam jangka panjang. Misalnya lima tahun lagi mesti bisa beli rumah. Dengan begitu, kamu bisa siapkan strategi untuk mencapai gol itu dari sekarang.

Nah, salah satu amunisi untuk mewujudkan target ini adalah dengan investasi. Sebab, tabungan aja gak akan cukup untuk menandingi angka inflasi yang terus naik dari tahun ke tahun. Jangan lupa juga buat siapin dana pensiun ya. Gak mau dong pas tua hidup susah?

6. Jangan pernah berhenti belajar

wanita mandiri
Belajar, belajar, dan terus belajar (ThisDayLive)

Jadi wanita mandiri finansial, otomatis harus mau mengembangkan diri demi kelangsungan karier dan keuangan yang lebih baik. Salah satu caranya adalah dengan gak berhenti belajar.

Jangan pernah puas dengan kondisimu saat ini, dan selalu siapkan ruang untuk meningkatkan diri. Menambah pengalaman, belajar skill baru, sampai mencoba hobi baru bisa menambah “daya jual” kamu di masa depan.

[Baca: Manfaatin Usia Produktif Buat Belajar Punya Usaha Sendiri]

7. Miliki mental women’s empowerment

wanita mandiri
Wanita juga bisa cari uang seperti pria (YourStory)

Sama seperti pria, wanita pun bisa cari uang buat dirinya. Bahkan, banyak wanita mandiri finansial yang kariernya melampaui pria-pria pada umumnya.

Nah, tanamkan mental bahwa kamu bisa melakukan apa saja yang kamu inginkan, meskipun harus bersaing dengan pria. Dengan begitu, kamu akan lebih percaya diri dan yakin akan kemampuanmu sendiri. Gak ada lagi deh tuh namanya pinjam uang pacar pas akhir bulan.

8. Asah jiwa entrepreneurship

wanita mandiri
Coba bisnis kuliner (Talk-Business.co.uk)

Mandiri finansial sesungguhnya adalah saat kamu udah bisa menggaji diri sendiri. Sejak kamu masih bekerja untuk orang lain, sediakan waktu buat mengasah jiwa entrepreneurship.

Sisihkan dana dan waktu buat coba bisnis tertentu. Jika udah waktunya, kamu gak akan mulai dari nol saat benar-benar terjun ke bisnis tersebut. Ini karena kamu udah mulai fondasi bisnisnya sejak bekerja sebagai karyawan.

Ingat, buat wanita mandiri finansial, pria kaya adalah bonus, bukan tangga buat upgrade status. Jadi, temukan passion-mu dan jadilah perempuan yang melek perencanaan keuangan. Niscaya, kamu bisa menikmati hidup yang kamu inginkan dengan usahamu sendiri.

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!