Banner ImageBanner Image

Paling Murah Rp 3,8 Miliar, Ini 8 Komik Marvel Terlangka dan Termahal Sejagat

4 menit
Komik Marvel. (Shutterstock)
Komik Marvel. (Shutterstock)

Gak kerasa, film Iron Man yang diadopsi dari komik Marvel sudah menghibur kita selama lebih dari 10 tahun. Kesuksesan Iron Man diikuti oleh Incredible Hulk, Thor, Captain America The First Avenger, dan lainnya.

Coba bayangkan deh, kalau seandainya komik Marvel itu gak pernah diciptakan, maka mustahil kita bisa terhibur sama film-film layar lebar yang super seru. Selain itu, juga gak bakalan ada mainan berupa action figure yang kerap dijadikan investasi oleh para penggemarnya.

Jadi, gak heran dong kalau di dunia ini sempat terjual komik-komik lawas Marvel yang mungkin kondisinya sudah buluk, gambarnya juga masih jelek, tapi harganya sampai miliaran Rupiah.

Penasaran dengan komik Marvel yang dimaksud? Situs The Richest telah menghimpun 30 komik Marvel termahal yang saat ini jadi langka. Tapi kita akan ambil delapan komik diantaranya yang langka tersebut. Yuk simak ulasannya di bawah sini.

Baca juga: 9 Tokoh Avengers: Infinity War dari yang Termiskin sampai yang Terkaya

8. Avengers #1 1963

Komik Marvel Avengers #1. (The Richest)
Komik Marvel Avengers #1. (The Richest)

Film Avengers yang selalu kita nanti-nanti di setiap tahun memang berasal dari komik Marvel yang satu ini. Edisi pertama yang menampilkan cerita Loki mengobrak-abrik bumi ini ternyata dijual US$ 275 ribu atau setara dengan Rp 3,8 miliar!

Gak usah khawatir kalau penasaran dengan ceritanya. Tinggal lihat saja film Avengers yang ditayangkan di bioskop tahun 2012. Ceritanya memang diadopsi dari komik ini walau dipelintir dikit.

7. Incredible Hulk #1 1962

Komik Marvel Incredible Hulk #1 1962. (The Richest)
Komik Marvel Incredible Hulk #1 1962. (The Richest)

Yang termahal selanjutnya adalah cerita Hulk yang pertama, alias yang menceritakan bagaimana kisah Dr. Bruce Banner membuat eksperimen yang akhirnya membuatnya berubah jadi makhluk raksasa berwarna hijau.

Sejatinya, kisah Hulk gak jauh beda sama kisahnya Dr. Jekyll dan Mr. Hide. Komik lawas ini pun jadi laris pada masanya, dan saat ini menjadi sangat langka. Harganya mencapai US$ 326 ribu atau Rp 4,5 miliar.

Baca juga: Pernah Hidup Susah! Ini Kisah Sukses Stan Lee Raup Sukses Lewat Komik Marvel

6. Captain America Comics #1 1941

Komik Marvel Captain America. (The Richest)
Komik Marvel Captain America. (The Richest)

Komik Marvel yang satu ini memang jauh lebih mahal ketimbang Avenger 1 dan Hulk, lantaran tahun pembuatannya jauh lebih lama yaitu di 1941, alias menjelang Perang Dunia II. So, gak heran kan kalau cerita tentang Steve Rogers ini mengambil setting era perang.

Cerita Captain America membantu perjuangan Negeri Paman Sam dan sekutu yang berperang melawan Jerman ini, dibanderol US$ 343 ribu atau Rp 4,8 miliar. Gokil juga ya. Oh ya, karakter Bucky yang jadi sahabatnya Steve Rogers juga ada di komik itu.

Baca juga: 7 Kisah Superhero DC Comic Ini Bisa Memberikanmu Pelajaran Finansial Lho

5. Tales of Suspense #39 1963

Komik Marvel Tales of Suspense Iron Man. (The Richest)
Komik Marvel Tales of Suspense Iron Man. (The Richest)

Wah ini komik cerita tentang siapa ya? Kayaknya gak familiar di telinga.

Komik ini adalah cerita asal muasal Iron Man, yang menceritakan kisah penangkapan Tony Stark oleh para pemberontak komunis di Vietnam, Wong-Chu. Akan tetapi dalam film layar lebarnya yang tayang di tahun 2008, lokasi Vietnam diubah jadi Afghanistan.

Komik asli keluaran 1963 ini pun dibanderol US$ 375 ribu atau Rp 5,2 miliar.

4. Marvel Mystery Comics 128 Page Special 1942

Komik Marvel Mistery Page 128. (The Richest)
Komik Marvel Mistery 128 page. (The Richest)

Komik Marvel lawas ini sejatinya komik yang ceritanya biasa saja. Akan tetapi, ketika komik ini dinyatakan bahwa hanya diproduksi di New York, maka ketersediaannya pun makin langka.

Kabarnya, di tahun 2018 cuma ada lima buah komik keluaran 1942 yang beredar. Oleh karena itu harganya melejit jadi US$ 482 ribu atau Rp 6,7 miliar!

Komik setebal 128 halaman ini bercover Human Torch, salah satu karakater di Fantastic Four yang punya kekuatan berubah jadi manusia api.

3. X-Men #1 1963

Komik Marvel X-Men. (The Richest)
Komik Marvel X-Men. (The Richest)

Nah selain Avengers, Marvel juga punya X-Men. Tahu dong pastinya dengan cerita Wolverine, Professor X, The Beast, Storm, dan kawan-kawan. Generasi zaman old pasti suka nonton serial X-Men yang ditayangkan di RCTI setiap sore jam 15.00.

Edisi pertama komik Marvel yang satu ini ternyata dibanderol US$ 492 ribu atau Rp 6,9 miliar. Mahal parah ya.

2. Marvel Comics #1 1939

Komik Marvel. (The Richest)
Komik Marvel. (The Richest)

Makin tua makin mahal! Itulah asyiknya mengoleksi komik-komik edisi pertama.

Di tahun 1939, DC Comic yang berisikan karakter-karakter seperti Superman, Batman, Flash, Wonder Woman, Aquaman, dan lainnya telah menuai kesuksesan. Oleh karena itu, Marvel pun hadir sebagai saingan mereka di dunia komik.

Komik Marvel edisi perdana ini laris 80 ribu kopi di eranya. Saat ini, komik keluaran lawas itu dibanderol US$ 567 ribu atau Rp 7,9 miliar! Komik itu menceritakan kisah Human Torch dan Submariner.

1. Amazing Fantasy # 15 1962

Komik Marvel Amazing Fantasy. (The Richest)
Komik Marvel Amazing Fantasy. (The Richest)

Dari kesemuanya, yang termahal ternyata adalah Amazing Fantasy edisi 15 yang dirilis tahun 1962.

Dari covernya saja kamu sudah bisa nebak kalau ini adalah ceritanya Spiderman. Lebih tepatnya ketika Spiderman berubah jadi Spiderman.

Komik yang melahirkan Spiderman ini ternyata dibanderol jauh lebih mahal ketimbang komik Marvel lainnya lho. Harganya sampai US$ 1,1 juta atau Rp 15 miliar!

Berterima kasihlah pada almarhum Stan Lee yang tutup usia pada November 2018 lalu. Soalnya, berkat dialah lahir karakter superhero yang kepopulerannya mungkin 11:12 dengan karakter Disney Mickey Mouse.

Hampir semua orang kenal dengan Spiderman, dan gak sedikit juga anak-anak zaman now yang benar-benar mengidolakannya.

Itulah delapan komik Marvel terlangka dan termahal sepanjang masa. Fakta-fakta ini menunjukkan bahwa ada baiknya menyimpan koleksi komik edisi pertama yang terbit pada masanya.

Karena kita gak tahu seperti apa nasib-nasib dari komik itu di tahun yang akan datang. Kalau memang meledak, kita mungkin bisa melelangnya dan dapat uang banyak. (Editor: Ruben Setiawan)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]moneysmart.id

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan