Banner ImageBanner Image

Jangan Sampai Bangkrut Demi Tampil Oke di Kantor, Ini Cara Atur Duitnya

3 menit

Bagi karyawan khususnya first jobber, atur duit bukan cuma urusan kebutuhan sehari-hari, tapi juga soal penampilan di kantor. Betul gak?

Katanya kan “Dress for the job you want, not for the job you have”. Pakaian kerja gak cuma sebagai formalitas belaka tapi juga jadi caramu berekspresi, baik secara pribadi maupun secara profesional.  

Bukan hanya soal tampilan dan kesesuaian, namun juga soal kenyamanan. Tapi, bukan berarti kamu jadi sah-sah aja mengeluarkan banyak duit buat membeli pakaian kerja idaman. Sebaliknya, kamu justru harus cerdas atur duit untuk pakaian terutama pakaian kerja.

Nah, biasanya nih para first jobber atau fresh graduate yang baru terjun ke dunia kerja sering merasa gak punya baju kerja. Apalagi jika industri tempatnya bekerja cenderung formal sehingga outfit yang diperlukan lumayan berbeda dengan outfit zaman kuliah dulu.

Alhasil, gak jarang gaji pertama pun sudah disasar untuk memenuhi koleksi busana kerja. Padahal sebagai first jobber gaji yang didapat pun belum cukup memadai.

Pernah atau sedang mengalaminya juga? Biar uangmu gak terbuang percuma namun penampilan tetap paripurna, simak yuk strategi atur duit buat busana kerja yang bisa dicoba.

1. Beli secara bertahap

Peralihan dari kampus ke kantor bukan berarti mengubah seluruh outfit yang kamu punya di dalam lemari. Jadi, gak perlu buru-buru membeli beragam kebutuhan busana kerja. Sebab, selain bisa bikin dompet jebol, nantinya akan banyak pakaian tertumpuk yang memenuhi lemari.

Kamu pun pasti masih sayang jika harus menyisihkan semua pakaian zaman kuliah dulu kan?

Kamu bisa membuat daftar prioritas barang yang perlu kamu punya. Misalnya, jika kamu sering menghadiri meeting dan bertemu berbagai klien, bulan pertama kamu bisa mengganti ransel kesayangan dengan tas tote bag.

2. Ciptakan Capsule Wardrobe

Capsule Wardrobe adalah cara untuk meminimalisasi wardrobe yang kamu miliki menjadi beberapa item fashion yang dapat dipadupadankan. Jadi, alih-alih memberi beragam pakaian, kamu hanya perlu memberi barang-barang esensial yang juga tak lekang oleh zaman.

Sebagai contoh, menurut Holly Quartaro seorang fashion stylish di Galleria Dallas, untuk tampilan elegan di kantor kamu hanya memerlukan beberapa fashion item ini: blazer hitam, blus putih atau krem, sepatu hak hitam, dan tas tangan. Keempat fashion item ini dapat di-mix & match dengan berbagai pakaian lain seperti cardigan berwarna beige, kaus berwarna krem, dan sebagainya.

3. Utamakan kualitas bukan kuantitas

Gak perlu tergoda promo diskon besar-besaran di pusat perbelanjaan. Sebab, lebih baik koleksi baju sedikit tapi berkualitas dibanding satu lemari penuh pakaian berkualitas rendah. Oleh sebab itu, lebih baik membeli busana berkualitas tinggi beberapa minggu atau beberapa bulan sekali dibanding tiap minggu beli baju baru tapi tak bertahan lama.

4. Jual baju yang tak terpakai

Saatnya pilah pilih isi lemari nih. Daripada dibiarkan menumpuk, lebih baik pakaian lama yang tak terpakai kamu jual kembali. Kamu bisa memasang iklan pakaian yang mau dijual di Carousell atau situs sejenis lainnya. Lumayan kan, “bersih-bersih”  lemari sekalian mengisi pundi-pundi rezeki.

5. Pilih busana yang mudah dipadupadankan

Mau bujet minimalis tapi tetap tampil maksimal? Setiap akan membeli pakaian, bayangkan berapa jenis gaya atau outfit yang bisa diciptakan pakaian tersebut. Dengan begitu, walau hanya membeli satu jenis, kamu akan bagai memiliki banyak outfit baru.

Pakaian yang serbaguna dan mudah dipadupadankan umumnya memiliki desain klasik dengan warna-warna netral. Misalnya saja seperti blus berwarna putih atau krem.

Sebetulnya, tak ada aturan tetap terkait frekuensi dan bujet membeli busana baru. Semua tergantung kebutuhan dan kondisi dompet. Kalau bujet belum memadai, menabunglah terus dengan sabar. Tak perlu juga sampai memaksakan diri apalagi berutang.

Ulfa Sekar
Ulfa Sekar

Pernah menjadi anak IT dan bercita-cita menjadi seorang programmer. Lalu berakhir menjadi seorang penulis dan menikmatinya. Semoga tulisan saya bisa berguna buatmu.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan