HRD Cuma Punya Waktu 6 Detik Review CV Pelamar

2 menit
Tempo/ Budi Purwanto
Tempo/ Budi Purwanto

Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae (CV) salah satu dokumen vital bagi pencari kerja.

Tetapi belum banyak pencari kerja sadar bahwa CV sebagai salah satu dokumen penting dalam melamar kerja. Padahal CV adalah halaman utama bagi Human Resources (HR) sebuah peruhaan melihat daftar pelamar perusahaannya.

Salah satu perusahaan penyedia informasi lowongan pekerjaan, yakni Jobstreet.com memberikan tips bagaimana membuat CV yang menarik bagi perusahaan. Menurut mereka, HR hanya memiliki waktu sekitar enam detik dalam mereview CV yang masuk ke perusahaannya.

  1. Jangan Berlembar-Lembar

Buatlah CV dengan simpel dan menarik, tidak bertele-tele atau bahkan berisi informasi yang tidak diperlukan perusahaan.

Cantumkan informasi yang berguna seperti data diri, informasi pendidikan, pengalaman kerja, prestasi, organisasi, hingga referensi.

“CV maksimal itu dua lembar, satu berisi infomasi kekuatan diri, kedua mungkin pengalaman kerja bagi yang sudah berpengalaman,” ujar perwakilan Jobstreet.com saat acara Indonesia Career Expo (ICE) di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (11/10/2018).

  1. Tonjolkan Informasi Unggulan

Dalam membuat daftar riwayat hidup tentu sangat menguntungkan jika didalamnya terdapat informasi unggulan. Contohnya seperti prestasi semasa kuliah, hingga prestasi dalam karir.

“Kamu harus jual kelebihan kamu, harus tonjolkan kamu, dan apa yang membuat kamu termotivasi melamar ke perusahaan itu”, ungkap perwakilan Jobstreet.com.

  1. Tulis Pengalaman Kerja yang Detail

Pengalaman pekerjaan tentu akan sangat berharga bagi HR melihat potensi pelamar untuk bekerja pada perusahaan.

Semakin lengkap informasi yang ditampilkan dalam CV, maka akan semakin besar pelamar dipanggil test atau interview oleh perusahaan yang dilamar.

Tulis pengalaman pekerjaan jangan hanya sekedar tabel nama perusahaan, posisi pekerjaan, dan periode tahun. Informasi ini tidak bisa dijadikan acuan bagi HR dalam menilai potensi pelamar.

Kamu harus mencantumkan penjelasan terkait posisi pekerjaan di kantor sebelumnya, tugas yang diemban, hingga tanggung jawab.

  1. Fresh Graduate Jangan Minim Informasi 

Bagi pelamar pekerjaan dari lulusan baru, atau fresh graduate harus juga mencantumkan informasi dengan lengkap. Kamu tidak boleh asal-asalan atau mengarang bebas.

Cantumkan juga informasi prestasi semasa kuliah, seminar-seminar yang telah diikuti, atau pelatihan yang telah dijalankan.

Informasi tersebut berguna bagi HR untuk mengkur kemampuan pelamar dari lulusan baru.

  1. Kontak Referensi

Untuk kontak referensi bagi pelamar profesional ataupun lulusan baru juga sangat penting. Sebab HR dapat menggali informasi dari perusahaan sebelumnya atau bahkan Dosen dari pelanar lulusan baru.

Akan tetapi, sebelum mencantumkan kontak referensi pelamar perlu melakukan konfirmasi kepada pihak yang bersedia menjadi referensi.

Editor : Ayyi Achmad Hidayah

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong