Ini Nih 8 Gaya Hemat Presiden Jokowi yang Bisa Kamu Tiru

4 menit

Presiden Jokowi dari awal emang terkenal dengan gaya sederhana. Dia, misalnya, sering mengenakan kemeja putih simpel dengan padanan celana hitam.

Dilansir dari Merdeka.com, harga kemeja dan celana hitam tersebut masing-masing cuma Rp 125 ribu dan Rp 150 ribu.

Gak cuma kemeja putih yang ikonik itu aja, lho. Cukup banyak gaya hemat ala Presiden Jokowi lainnya yang kamu bisa tiru. Apa aja itu? Simak yuk.

1. Jahit pakaian di penjahit lokal

Presiden Jokowi
Jahit di penjahit lokal (merdeka)

Meski Jokowi adalah orang nomor satu di Indonesia, predikat tersebut gak bikin dia jumawa. Jokowi gak selalu harus gunakan pakaian hasil rancangan desainer atau penjahit terkenal. Dia malah sering menggunakan jasa penjahit lokal.

Sejak jadi pengusaha dan bahkan jadi presiden, Jokowi setia langganan ke penjahit di dekat rumah masa kecilnya, tepatnya di Kampung Cinderejo Lor, Gilingan, Solo.

2. Potong rambut di barbershop di Bogor cuma Rp 60 ribu

anak presiden jokowi
Potong rambut di barbershop Bogor (detik)

Di salah satu vlog Kaesang sang anak bungsu, Presiden Jokowi pernah diajak buat potong rambut di sebuah barbershop di Bogor.

Harga potong rambut di barbershop tersebut relatif murah. Harganya cuma Rp 60 ribu aja. Bandingkan dengan harga potong rambut di salon-salon di mal yang minimal Rp 90 ribu. Itu belum termasuk pajak lho ya.

[Baca: 6 Bisnis Unik Anak Presiden Jokowi yang Bisa Kamu Tiru]

3. Naik pesawat kelas ekonomi

agenda presiden jokowi besok
Pilih kelas ekonomi (okezone)

Jokowi dikenal suka naik pesawat kelas ekonomi. Padahal, sebagai orang nomor satu di republik ini, bisa aja ia memilih kelas bisnis atau malah eksekutif. Gimana gak, total kekayaan Jokowi diprediksi lebih dari Rp 30 miliar kok.

Meski punya kekayaan di atas rata-rata, Jokowi tetap merakyat dengan memilih naik pesawat kelas ekonomi bila emang memungkinkan.

4. Mengundang PKL ke Istana

berita presiden jokowi youtube
PKL diundang ke istana (tribunnews)

Gaya sederhana yang diterapkan Jokowi ternyata gak cuma diterapkan pada diri sendiri. Inovasi sederhana yang cukup nyeleneh yang pernah Jokowi lakukan adalah mengundang PKL alias Pedagang Kaki Lima ke Istana.

Awal tahun 2017 lalu, saat Rapat Kabinet Paripurna bersama menteri-menterinya, Jokowi mengundang PKL ke istana. Mereka diminta dagang di sana dan Jokowi membelinya.

[Baca: 5 Pengusaha UKM Ini Sukses Memulai Bisnis dari Nol, Inspiratif!]

5. Sepatu pantofel gak sampai Rp 500 ribu

presiden jokowi sederhana
Beli sepatu di Buccheri (tribunnews)

Oktober 2017 lalu, Jokowi kedapatan membeli sepatu merek Buccheri di salah satu pusat perbelanjaan di Manado. Kamu tahu, kan, merek Buccheri yang emang dikenal cukup murah?

Nah, saat itu Jokowi bahkan memilih sepatu yang sedang didiskon 50 persen. Harga awalnya Rp 700 ribu kemudian jadi Rp 350 aja.

6. Sneakers murah gak sampai sejuta

presiden jokowi yang sederhana
Sneakers merah Presiden Jokowi yang fenomenal (detik)

Sneakers emang sering jadi pilihan sepatu buat beraktivitas. Kamu juga bisa jadi gemar banget buat koleksi sneakers.

Nah, Presiden Jokowi juga sama. Salah satu yang cukup heboh adalah sneakers merek Nike tipe Roshe One yang dibanderol gak sampai sejuta, tepatnya Rp 999 ribu.

Di lain kesempatan, Jokowi pernah juga mengenakan sepatu Nike warna abu-abu yang harganya Rp 2 jutaan aja.

Kenapa harga sejuta dua juta termasuk murah? Sebagai informasi aja, varian sepatu Nike terbilang gak murah. Ada yang sampai belasan hingga puluhan juta!

Selain Nike, beberapa sneakers dari merek Adidas juga gak kalah fantastis. Contohnya yang sedang happening saat ini adalah Adidas Yeezy Boost yang dibanderol belasan juta rupiah.

[Baca: Inspiratif! Gaya Hidup Sederhana 5 Selebriti Ini Patut Ditiru]

7. Rayakan tahun baru di Istana aja

jokowi sederhana dalam kesederhanaan
Rayakan tahun baru di istana aja (merdeka)

Biasanya kebanyakan orang, apalagi kalau banyak uang, liburan tahun baru ke tempat hits. Presiden Jokowi malah lakukan sebaliknya.

Jokowi menikmati pemandangan kembang api cuma dari Istana Kepresiden di Bogor.

Bahkan, penampilan Jokowi benar-benar sederhana ketika itu. Ia cuma pakai kemeja putih dan sarung kotak-kotak.

8. Liburan merakyat bersama keluarga

joko widodo instagram
Makan di warung (tribunnews)

Gaya hemat lainnya yang ditampilkan oleh Jokowi, kini bersama keluarganya, adalah liburan hemat.

Saat long weekend Maret 2018 lalu, Jokowi bersama keluarga memilih mudik ke Solo. Bukannya mampir ke restoran mewah, Jokowi menikmati santapan soto gading di salah satu warung soto di Jalan Brigjen Katamso, Solo.

Harga soto di warung tersebut cuma sekitar Rp 10 ribuan aja. Plus, harga kudapan yang dibanderol cuma Rp 1.000 hingga Rp 14 ribu. Murah banget, kan?

Gaya hemat ala Presiden Jokowi ini bisa banget buat ditiru deh. Presiden aja deman berhemat, masa kamu gak bisa?

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.