Ini Nih Hitung-Hitungan Gaji Dosen. Ternyata Penghasilannya Wow!

4 menit

Berapa sih gaji dosen di Indonesia?  Cukupkah buat menopang hidup secara sejahtera?

Pertanyaan ini sering diajukan terutama oleh para  fresh graduate yang berencana melanjutkan pendidikan S2.

Profesi dosen memang jadi pilihan hidup sebagian  lulusan S2 di Indonesia. Apalagi bagi mereka yang punya passion mengajar dan ingin meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

gaji dosen
(image: anakui)

Tapi, kabar besaran gaji dosen yang minim gak jarang bikin mahasiswa jadi galau. Emangnya benar gak sih dosen itu “ngomong sak dos, gaji sak sen” alias menjelaskan banyak hal tapi gajinya sedikit?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut sekaligus menepis keraguan para calon dosen, berikut ini rincian penghasilan dosen di Indonesia. Kalau tahu jumlah take home pay-nya, mungkin bikin kamu pengin jadi dosen juga.

Gaji Pokok

gaji dosen
(image: mainstreetpractitioner)

Profesi dosen masuk ke dalam jenis pekerjaan pegawai negeri sipil (PNS), sehingga perhitungan gaji pokoknya sama dengan penetapan gaji PNS (kecuali untuk dosen swasta).

Saat ini gaji PNS 2018 masih mengacu pada PP No 30 Tahun 2015 dengan penetapan gaji berdasarkan sistem golongan.

Syarat menjadi dosen negeri umumnya minimal telah mengambil S2, sehingga paling tidak akan masuk dalam golongan III b. Sesuai Peraturan Pemerintah, golongan III b mendapatkan gaji pokok minimal Rp 2,56 juta sampai Rp 4,205 juta tergantung masa kerja.

Jika hanya menghitung gaji pokok, nominal di atas memang terbilang tidak lebih besar dibandingkan profesi lain dengan tingkat pendidikan yang sama. Tapi, tahu gak kalau gaji pokok ini hanya sekian persen dari total take home pay para dosen? Dosen punya banyak sumber penghasilan lain yang lumayan. Mari ke poin selanjutnya.

 

Tunjangan Profesi, Khusus, dan Kehormatan

gaji dosen
(image: iketutsudarsana)

Sesuai PP RI Nomor 41 Tahun 2009, setiap pendidik profesional, seperti guru dan dosen yang telah memiliki sertifikat pendidik diberi tunjangan profesi setiap bulan. Besaran tunjangan profesi adalah satu kali gaji pokok pegawai sesuai dengan peraturan UU.

Khusus untuk dosen dalam masa penugasan di suatu daerah, akan mendapatkan tunjangan khusus setiap bulan setelah menyelesaikan tugas di daerah tersebut. Besarnya sama dengan tunjangan profesi, yaitu sebesar satu kali gaji pokok.

Bagi dosen yang telah memiliki jabatan akademik profesor akan mendapatkan tunjangan kehormatan setiap bulan. Tunjangan ini diberikan khusus kepada profesor PNS sebesar dua kali gaji pokok.

 

Tunjangan tugas tambahan

Selain tiga jenis tunjangan di atas, dosen juga berhak mendapat tunjangan atas tugas tambahan setiap bulannnya. Hal ini tercantum dalam PERPRES No. 65 Tahun 2007.

Tambahan tugas yang dimaksud di atas meliputi tugas memimpin sebagai Rektor, Pembantu Rektor, Dekan, Pembantu Dekan, Ketua Sekolah Tinggi, Pembantu Ketua, Direktur Politeknik, Direktur Akademi, dan Pembantu Direktur. Tunjangan tambahan ini akan gugur jika dosen diangkat dalam jabatan struktural atau fungsional.

Besaran tunjangan atas tugas tambahan ini berkisar dari Rp 1,35 juta hingga Rp 5,5 juta sesuai dengan tugas yang diemban.

Insentif penelitian atau hibah riset

Bagi para dosen, khususnya dosen muda, melakukan publikasi ilmiah adalah hal wajib untuk mencapai jenjang karier dosen yang diinginkan. Di sisi lain, melalui publikasi ilmiah, riset, atau penelitian, dosen bisa mendapatkan insentif atau hibah yang nominalnya cukup besar.

Dana hibah penelitian biasanya berada pada kisaran sepuluh hingga ratusan juta. Dosen junior dan dosen senior biasanya bekerja sama untuk mengakses skema penelitian dengan hibah yang paling tinggi. Tak jarang, mereka juga mengajak mahasiswa berpartisipasi dalam penelitian tersebut.

Dari insentif penelitian atau hibah riset tersebut, seorang dosen bisa mendapatkan hingga puluhan juta rupiah. Meski begitu, penghasilan ini tidak bersifat tetap (tergantung riset yang dikerjakan) dan membutuhkan upaya dan kerja keras untuk menyelesaikan penelitian.

Hasil penelitian inilah yang nantinya berguna bagi perkembangan ilmu pengetahuan, sekaligus diaplikasikan di dunia nyata.

Honor lain-lain

gaji dosen
(image: lampungpro)

Sebagai seorang pendidik, dosen haruslah produktif dan tak berhenti memperdalam pengetahuannya.

Peningkatan ilmu dosen juga selaras dengan banyaknya kesempatan yang diterima dosen, seperti pembicara atau pengisi workshop, penulis buku, reviewer peneliti, penulis modul praktikum, pengoreksi soal ujian, penguji sidang akhir, pembimbing mahasiswa tugas akhir, hingga pembimbing mahasiswa PKL (Praktek Kerja Lapangan). Semuanya punya honornya masing-masing. Wuih, banyak yah!

Dosen juga memiliki kesempatan menjadi staf ahli para anggota DPRD, DPD, DPR, Menteri, bahkan Presiden. Dosen yang diangkat menjadi staf ahli biasanya telah bergelar sebagai profesor atau doktor.

 

Rincian di atas belum termasuk tunjangan keluarga dan uang transportasi. Ditambah lagi, hhusus dosen PNS, masih ada gaji ke 13 dan THR tiap tahunnya.

Belum lagi, kabarnya gaji PNS akan dinaikan tahun 2019 nanti. Tentu aja gaji dosen PNS terkena dampak positifnya juga. Jadi kalau dihitung-hitung, sudah terbayang belum nih kira-kira berapa penghasilan seorang dosen?

Walau begitu, besarnya penghasilan ini gak bisa didapatkan sembarang dosen. Hanya dosen yang bisa bekerja secara profesional dan produktif yang punya kesempatan mendapat penghasilan besar.

 

Kesimpulannya, seorang dosen punya banyak peluang untuk hidup layak di Indonesia. Dosen yang produktif gak hanya memenuhi rekeningnya sendiri, tapi juga memberi banyak sumbangsih kepada dunia pendidikan melalui hasil penelitian, tugas mendidik, dan berbagai tugas lainnya.

Jadi, sembari cari uang, kamu juga berkontribusi kepada pendidikan anak bangsa. Gimana? Tertarik?

Ulfa Sekar
Ulfa Sekar

Pernah menjadi anak IT dan bercita-cita menjadi seorang programmer. Lalu berakhir menjadi seorang penulis dan menikmatinya. Semoga tulisan saya bisa berguna buatmu.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong